Aplikasi Fasilitas Kesehatan
5 August 2021
Wahyu Rizal

3 Tips  Sederhana Menjalankan Klinik Agar Menjadi Pilihan Utama

Menjalankan klinik di era saat ini menjadi semakin berat. Pandemi yang menerpa membuat orang enggan dan takut untuk berkunjung ke fasilitas kesehatan tidak terkecuali klinik. Namun tenang, dalam artikel ini, Trustmedis akan menyajikan beberapa tips untuk menjalankan klinik agar menjadi pilihan utama. Tidak hanya itu, tips menjalankan klinik berikut ini juga akan membantu klinik Anda agar lebih sukses. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 3 tips sederhana untuk menjalankan klinik agar klinik Anda menjadi pilihan utama dan lebih sukses.

Keberlanjutan sektor perawatan kesehatan lebih relevan saat ini daripada sebelumnya sejak munculnya pandemi virus corona baru 2019 (COVID-19) dan digitalisasi besar-besaran yang telah mengubah pemberian layanan kesehatan dalam satu tahun terakhir saja. Manajemen klinik yang efektif mengatur unit perawatan kesehatan untuk mencapai perawatan yang berpusat pada pasien sambil mempertimbangkan pemanfaatan sumber daya yang rasional. Karena industri perawatan kesehatan terus berkembang, konsultasi dan perawatan tidak lagi menjadi hal yang penting bagi pasien, banyak dari mereka juga menghargai pengalaman ketika mengunjungi klinik, dari saat mereka memesan janji temu, hingga mendapatkan tagihan dan obat-obatan. 

Makin Mudah Kelola Fakses

Baca juga : Rekam Medis Elektronik untuk Praktik Dokter Pribadi

Ini berarti klinik harus mulai berfokus pada peningkatan pengalaman pasien. Pengalaman pasien berarti kemudahan dan aksesibilitas layanan klinik, kualitas pelayanan yang ditawarkan oleh klinik, serta kepuasan pasien berdasarkan waktu tunggu dan kualitas layanannya. Banyak ruang yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan kepada pasien dan juga memberikan pengalaman yang lebih baik. Berikut tipsnya.

  1. Membangun sistem penjadwalan yang efektif

Menjalankan klinik yang efektif adalah tindakan penyeimbangan antara memberikan perawatan kepada pasien sebanyak mungkin tanpa mengorbankan waktu tatap muka dengan pasien. Klinik harus menjauh dari sistem penjadwalan janji temu manual dan berinvestasi dalam sistem penjadwalan yang kuat. Penjadwalan yang baik dapat meningkatkan beban pasien dan meminimalkan 'ruang mati' yang disebabkan oleh janji temu yang tumpang tindih dan ketidakhadiran. Idealnya, penjadwalan dan penagihan harus dipercepat oleh sistem. Waktu tunggu yang lama di klinik selalu menjadi perhatian utama pasien dan juga merupakan faktor utama yang menyebabkan pasien tidak puas dan mendapatkan pengalaman buruk. Ini terutama terjadi jika pasien merasa tidak nyaman atau kesakitan. 

Manajemen antrean dan sistem penjadwalan yang efektif dapat membantu Anda mengelola janji temu langsung dan yang dipesan, secara signifikan mengurangi waktu tunggu pasien dan keluhan mereka. Ketika pasien puas dan bahagia, itu akan membuat pekerjaan Anda jauh lebih mudah. Penggunaan manajemen admisi seperti seperti Trustmedis akan memudahkan pasien untuk membuat janji temu dengan dokter baik secara online maupun offline. Tampilan aplikasi yang ramah juga turut meningkatkan pengalaman pasien. Semua pasien bisa dengan mudah melakukan pendaftaran serta melakukan monitoring antrian untuk menghindari penumpukan pasien di klinik. Pada saat Anda menerima pendaftaran pasien, proses verifikasi pendaftaran pun dilakukan dengan cermat dan akurat.

  1. Fokus pada pasien Anda

Berfokus pada pasien Anda tidak lagi hanya berarti memberi mereka perawatan, konsultasi, dan obat-obatan. Sementara bagian perawatan sangat penting, fokus pada pasien jauh lebih berarti dalam perawatan kesehatan modern. Apa yang juga dicari oleh pasien adalah perawatan dan perhatian yang tulus, rasa hormat, dan privasi dari para dokter dan staf klinik. Tunjukkan kepedulian Anda terhadap kondisi mereka, bahwa Anda peduli pada mereka, komunikasikan dengan mereka tentang proses perawatan, dan cobalah untuk memahami apa yang mereka alami. Memang benar bahwa memberikan perawatan berkualitas tinggi untuk menyembuhkan pasien adalah pekerjaan dan prioritas Anda, tetapi Anda tidak bisa begitu saja mengabaikan aspek lain dari pengalaman pasien. 

Jika mereka merasa tidak dihargai atau tidak puas dengan pengalaman itu, mereka hanya akan beralih mengunjungi klinik lain, mereka tidak kekurangan pilihan. Atau lebih buruk lagi, tinggalkan ulasan buruk tentang klinik Anda secara online, itu adalah sesuatu yang dapat merusak reputasi Anda dan klinik Anda. Berikan lebih banyak perhatian pada pengalaman mereka di luar perawatan, buat mereka bahagia, tunjukkan perhatian dan perhatian Anda kepada mereka, hormati mereka, dan sebagai imbalannya, mereka akan mengunjungi Anda lagi jika mereka membutuhkannya.

  1. Efisiensi operasional klinik

Solusi efisiensi dengan teknologi canggih berbasis web membuat seluruh proses menjadi sangat sederhana, intuitif, dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan gadget yang kita gunakan sehari-hari. Aplikasi SIM Klinik Trustmedis menyediakan beberapa jenis produk yang berbeda seperti solusi manajemen klinik berbasis cloud, on-premise, gratis, dan juga berbayar. SIM Klinik Trustmedis memungkinkan klinik dan staf untuk berfungsi secara sistematis dan mengelola informasi secara efektif untuk menawarkan perawatan pasien yang lebih baik. SIM Klinik Trustmedis juga mengintegrasikan semua informasi dan data yang terkait dengan dokter, pasien, staf, dan departemen serta menyediakan cara untuk merampingkan proses dan perawatan dengan aman dan lancar.

Karena SIM Klinik Trustmedis terintegrasi ke semua unit klinik, maka hal ini akan membantu mempercepat waktu pelayanan kepada pasien, dan juga mempengaruhi kenyamanan dan kepercayaan pasien. Dengan begitu kunjungan pasien akan terus meningkat karena kepercayaan yang telah terbangun, otomatis pendapatan klinik lebih maksimal. Modul dan fitur dari SIM Klinik Trustmedis dibangun berdasarkan standar yang dikeluarkan kementerian kesehatan, sehingga semua laporan sudah sesuai kebutuhan Anda. Selain Kemenkes, Trustmedis juga bermitra dengan IDI, ATENSI dan PERSI. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan secara gratis aplikasi android untuk pasien, dengan fitur booking online, antrian online, akses resume medis dan Tele Konsultasi. SIM Klinik Trustmedis juga telah terintegrasi dengan berbagai layanan lain, seperti BPJS P-care, BPJS-Vclaim, Sisrute, Jurnal.id, Talenta, Lifepack, SehatQ,  dll.

Baca juga : Kelola Pendaftaran Pasien dan Antrean Klinik Anda dengan Cara yang Benar

Fasilitas Kesehatan pun tak perlu susah mengembangkan sendiri aplikasi untuk pasien. Itu pasti sangat membutuhkan alokasi dana yang besar dan SDM yang berpengalaman. Doctugo diberikan kepada semua fasilitas kesehatan yang sudah menggunakan HIS Trustmedis secara GRATIS. Diharapkan dapat membantu meningkatkan kunjungan pasien hingga revenue faskes. Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap. Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  https://trustmedis.com/demo. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Jaga fasilitas kesehatan Anda dalam kondisi terbaik dan tumbuhkan bisnis Anda bersama kami.

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
2 December 2021
Laporan Keuangan Klinik atau RS, Selesai Dalam 1 Menit
Setiap fasilitas kesehatan pasti membutuhkan laporan seperti contohnya laporan keuangan klinik atau rumah sakit, sebagai tolak ukur kinerja, bahan evaluasi, dan bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis serta rencana kinerja ke depan. Jenis-jenis laporan yang dibutuhkan kebanyakan faasilitas kesehatan: Laporan kunjungan pasien; Laporan pendapatan dari pelayanan dan farmasi; Laporan pendapatan faskes; dan Laporan keuangan secara [...]
Read More
26 November 2021
Rekam Medis Elektronik sebagai Wujud E-Kesehatan Nasional
Rekam Medis Elektronik sebagai Wujud E-Kesehatan Nasional Berdasarkan World Health Organization (WHO), medical record atau rekam medis didefinisikan sebagai suatu dokumen yang berisi informasi pasien terkait diagnosa, rencana terapi, pengobatan yang diterima, dan evaluasi kesehatan pasien secara keseluruhan. Mengutip dari Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269/MENKES/PER/III/2008 tentang rekam medis, rekam medis adalah berkas yang [...]
Read More
19 November 2021
Praktik Dokter Mandiri 67% Tutup Saat Pandemi, Benarkah?
Bila Anda sedang membaca artikel ini, besar kemungkinan saat ini Anda sedang menjalankan kegiatan praktik dokter mandiri dan mungkin artikel ini akan bermanfaat untuk Anda. Silahkan baca sampai akhir. Sudah menjadi rahasia umum bahwa 2020-2021 menjadi tahun pembantaian bisnis terbesar abad ini. Tidak sedikit jumlah UMKM yang terpaksa gulung tikar. Ketua Asosiasi UMKM, Ikhsan Ingratubun [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram