Aplikasi Fasilitas Kesehatan
16 December 2020
Wahyu Rizal

Jika Anda menjalankan sebuah bisnis faskes, masalah keuangan adalah salah satu hal yang sering menjadi hambatan. Dengan banyaknya unit kerja di sebuah fakes, masalah keuangan juga akan menjadi lebih kompleks. Agar faskes Anda dapat berkembang lebih besar, diperlukan berbagai macam persiapan untuk menghindari masalah yang dapat menghambat perkembangan faskes Anda. Berikut adalah beberapa masalah keuangan yang sering menimpa faskes dan patut untuk diwaspadai.

Kompetisi Harga

Tidak bisa dipungkiri, saat ini banyak sekali klinik dan fasilitas kesehatan yang menawarkan harga murah. Bahkan, tidak jarang ditemukan faskes online bermunculan yang mengandalkan teknologi dengan harga yang terjangkau bahkan gratis. Begitu pula dengan klinik pratama yang berskala kecil, tentu harga yang murah dapat menarik pasien untuk berobat ke klinik Anda. Namun, jika dilakukan secara terus-menerus tanpa perencanaan yang matang, kompetisi harga ini nantinya akan merugikan faskes Anda. Pasien pun juga akan mempertanyakan kualitas yang faskes Anda berikan jika Anda berani memasang harga yang terlalu murah.

Inovasi Digital

Seiring dengan perkembangan teknologi, fasilitas kesehatan dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman dengan pelayanan pasien yang terintegrasi dengan sistem manajemen informasi (SIM) sehingga mampu memberikan layanan yang canggih, efektif, dan efisien. Salah satu contoh nyata dari inovasi digital adalah penggunaan autentifikasi data software untuk mengakses sistem finansial faskes yang terintegrasi secara digital untuk memudahkan akses bagi pasien, perawat dan dokter. Sayangnya, diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk mengakses semua itu, dan hal tersebut bisa menjadi masalah pada keuangan faskes yang harus diminimalisasi.


Dapatkan Promo Akhir Tahun : 
Year End Promo – HIS PRO Trustmedis

Manajemen Anggaran yang Buruk

Salah satu hal yang dapat menyebabkan masalah keuangan faskes berkepanjangan adalah manajemen anggaran yang buruk, meliputi berbagai macam aspek mulai dari perencanaan pengeluaran, stok operasional serta pembukuan keuangan. Oleh karena itu, perencanaan keuangan yang baik sangatlah penting dalam menentukan kemajuan faskes Anda. Penting bagi Anda untuk mengetahui rincian anggaran kasar sebelum merencanakan anggaran secara mendalam. Selain itu, dengan perencanaan anggaran yang rinci dan tepat, maka faskes Anda dapat memberikan pelayanan maksimal kepada pasien serta terhindar dari kerugian yang berarti.

Rendahnya Return on Investment

Return on Investment adalah keadaan dimana keuntungan yang didapat belum bisa menutupi biaya investasi yang dikeluarkan. Rendahnya return on investment bisa menjadi masalah keuangan faskes yang fatal dan menyebabkan kerugian jika berlangsung secara terus-menerus. Jika hal ini terjadi pada faskes Anda, maka bisa jadi terdapat kesalahan pengelolaan yang memicu hal tersebut. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan low return on investment adalah kurang optimalnya revenue cycle, pelayanan yang buruk sehingga menyebabkan pasien berkurang ,serta kinerja administrasi yang tidak berjalan optimal.

Adanya Praktik Earning Management

Tidak bisa dipungkiri bahwa manipulasi data akuntansi atau earning management masih seringkali dilakukan dan bisa jadi faskes Anda adalah salah satu yang menerapkan hal tersebut secara tidak langsung. Meskipun earning management dalam dunia akuntansi tidak selamanya merugikan, namun Anda patut waspada terhadap penerapan earning management agar tidak menimbulkan masalah keuangan di kemudian hari.


baca juga : 
Dengan Cloud Server Data Pasien Tetap Aman Saat Faskes Terdampak Kebakaran

Pembukuan yang Tidak Jelas

Masih berkaitan dengan manajemen anggaran, masalah lain yang seringkali dihadapi oleh faskes adalah pembukuan yang tidak jelas. Padahal, pembukuan ini sangatlah penting dalam merinci stok keperluan faskes sedetail mungkin agar estimasi anggaran pembelanjaan tidak membengkak nantinya. Pembukuan yang jelas dapat memberikan Anda gambaran tentang setiap transaksi yang dilakukan dalam faskes Anda.

Mengatur pembukuan faskes dapat menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menggunakan layanan Trustmedis dalam pengelolaan keuangan Faskes Anda. Trustmedis memiliki Modul Akuntansi untuk membantu pekerjaan keuangan Anda lebih efektif dan efisien. Modul Akuntansi Trustmedis telah terintegrasi dengan berbagai unit pelayanan di faskes Anda, sehingga pengerjaan laporan keuangan anda lebih cepat.

Modul akuntansi dari Trustmedis memiliki kelebihan diantaranya:

  • Menu Jurnal
  • Jurnal Kas Bank 
  • Jurnal Umum 
  • Jurnal Pembelian 
  • Jurnal Penjualan 
  • Auto Jurnal dari semua transaksi pelayanan.

Menu berikutnya ialah menu Posting diantaranya:

  • Posting Jurnal
  • Unposting Jurnal
  • Closing transaksi dengan periode tahunan yang bisa dipilih

Dengan menggunakan Modul Akuntansi dari SIM Trustmedis, anda juga dapat dengan mudah melakukan pekerjaan  laporan lain seperti: Laporan Jurnal Harian, Laporan Buku Besar, Laporan Neraca percobaan, Laporan Arus kas, Laporan Persediaan, Laporan Hutang, Laporan Piutang, Laporan Perubahan Aset tetap, Laporan Perubahan Modal, Laporan Laba/Rugi, Laporan Neraca serta Catatan Atas Laporan Keuangan.

Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Dapatkan penawaran menarik dengan menghubungi Call Center  0811 34 1212, atau untuk mengetahui lebih lanjut fitur-fitur Trustmedis yang disebutkan diatas, Anda bisa langsung klik tombol berikut

Coba Gratis Aplikasi

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
24 June 2021
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda Memilih sistem manajemen keuangan untuk penagihan bisa jadi rumit. Ada begitu banyak pilihan yang berbeda, dan kita mungkin bingung apa yang harus dicari untuk membuat keputusan yang tepat. Dalam prakteknya, kita harus mempelajari semua yang perlu kita ketahui tentang software atau sistem manajemen keuangan untuk memudahkan [...]
Read More
23 June 2021
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien Manajemen rumah sakit yang baik dapat menjadi pembeda dan juga meningkatkan kunjungan pasien. Dengan manajemen rumah sakit yang baik, kualitas perawatan pasien akan semakin meningkat. Dalam tatanan pelayanan, koordinasi antar departemen merupakan jiwa dari manajemen rumah sakit. Tidak hanya pelayanan langsung kepada pasien, manajemen rumah sakit berkaitan [...]
Read More
22 June 2021
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time   Menghadapi era globalisasi yang ditandai dengan perubahan cepat dalam pelayanan kesehatan, pertumbuhan persaingan antar rumah sakit yang tajam serta kesempatan 'investasi perubahan', membutuhkan Sistem Informasi Manajemen faskes yang handal agar kita tidak tertinggal. Belum lagi di masa pandemi seperti ini, meningkatnya kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram