12 August 2021
chanafi@trustmedis.co.id

Bagaimana Cara Membuat Sistem Rekam Medis Elektronik?

Penerapan Sistem Rekam Medis Elektronik dipandang sebagai sarana untuk memerangi inefisiensi dan rendahnya produktivitas tenaga kesehatan serta mengurangi jumlah kesalahan medis. Terlepas dari keuntungan penggunaan rekam medis elektronik yang tak terbantahkan seperti peningkatan kolaborasi antara dokter dan pasien, resep yang lebih andal, akses ke riwayat medis yang lengkap, dan perawatan yang lebih efisien, tidak semua dokter dengan murah hati menyambut teknologi inovatif ini. Lalu apa saja keluhan para tenaga medis? Bagaimana cara mengatasinya sehingga sistem dapat membantu dalam perawatan pasien dengan kebutuhan perawatan yang berbeda? Bagaimana cara membuat sistem rekam medis elektronik yang memenuhi persyaratan terkini? Temukan jawabannya di artikel ini.

Software Rekam Medis Elektronik, juga dikenal sebagai perangkat lunak RME, adalah versi digital dari bagan kertas pasien. Di sini catatan terkait dengan riwayat medis dan perawatan pasien di satu fasilitas medis tertentu. Diduga kesulitan dalam pengiriman data medis ke institusi medis lain yang menjadi penyebab keluahan para tenaga medis. Pada saat yang sama, pengembangan RME berfokus pada pertukaran rekam medis secara mulus antar faskes yang berbeda. Hal ini memungkinkan mendapatkan pandangan holistik dari riwayat medis pasien menghasilkan layanan kesehatan yang lebih baik berbeda dengan tujuan perangkat lunak RME. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda akan menggunakan RME adalah:

Keamanan Cyber

Pelanggaran data dalam perawatan kesehatan memiliki konsekuensi bencana, ketidakpercayaan pasien yang menyebabkan hilangnya pendapatan potensial, dan litigasi terhadap fasilitas medis. Dengan demikian, keamanan menjadi tantangan pertama dan utama dalam mengembangkan software RME. Tambahkan jejak audit ke daftar fitur sistem, batasi pengguna yang tidak sah untuk mengakses sistem, dan berikan setiap pengguna kata sandi yang aman dan ID pribadi untuk mencegah hasil bencana. Selain itu, akan lebih bijaksana untuk memeriksa kepatuhan software RME dengan persyaratan.

Makin Mudah Kelola Fakses

Baca juga : Rekam Medis Elektronik untuk Praktik Dokter Pribadi

Harga

Biaya sistem rekam medis elektronik dan software RME kadang menimbulkan kekhawatiran. Argumen utama yang menentang sistem tersebut adalah bahwa rumah sakit tidak dapat mengambil risiko bangkrut karena anggaran mereka telah diserap oleh peningkatan berulang, kebutuhan pemeliharaan, dan biaya vendor yang besar. Platform digital yang tepat seperti Trustmedis dapat mengurangi pengeluaran dalam jangka panjang karena pengurangan penggunaan kertas, persediaan, dan biaya penyimpanan. Penggunaan RME Trustmedis akan membantu menekan anggaran pengeluaran karena RME Trustmedis berbasis cloud computing, sehingga faskes tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pemeliharaan lagi.

Penggunaan

Fasilitas medis sering gagal menentukan fitur yang diharapkan ketika mereka mulai berpikir tentang bagaimana membangun sistem EHR. Akibatnya, sistem berisi banyak fungsi yang tidak perlu dan UI yang rumit. Staf medis harus menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari cara menggunakannya dengan benar atau bahkan membuang waktu untuk mencari formulir tertentu. Itulah sebabnya Trustmedis sebagai aplikasi kesehatan online terbaik di Indonesia menyediakan RME yang ramah terhadap user. RME Trustmedis menyediakan fitur seperti laporan RL – 10, BOR-LOS-TOI, dan surat-surat lain bagi pasien seperti surat kematian hingga surat bebeas narkoba.

Interoperabilitas

Kurangnya interoperabilitas dapat menjadi batu sandungan yang menghambat komunikasi antar fasilitas medis. Masuk akal, misalnya, ketika seorang pasien pindah, dan seorang dokter baru yang menangani dapat menerima catatan kesehatannya dari spesialis sebelumnya dalam hitungan detik. Pertukaran data yang lancar ini adalah manfaat utama sistem RME berbasis cloud dibandingkan dengan software rekam medis elektronik biasa yang hanya terikat pada satu fasilitas medis. 

Integrasi

Software RME harus mampu diintegrasikan dengan sistem lain dalam praktiknya. RME yang terintegrasi seperti Trustmedis akan membantu untuk menghemat waktu pelayanan. RME Trustmedis memungkinkan berbagai unit untuk berkoordinasi satu sama lain demi menilai kondisi pasien dengan lebih baik. Selain itu, sistem berbasis cloud seperti Trustmedis semakin memudahkan untuk berkolaborasi antar unit dengan cepat. 

Rekam medis elektronik Trustmedis membantu dokter untuk mengumpulkan lebih banyak informasi medis dalam waktu yang lebih singkat. Dirancang khusus dan diimplementasikan secara komprehensif, serta memungkinkan praktisi untuk mengevaluasi kesehatan pasien secara menyeluruh sambil mengurangi kemungkinan mengabaikan gejala klinis tertentu. Memberikan informasi seperti riwayat kesehatan pasien, hasil lab, perincian pertanggungan asuransi, dan metode perawatan yang direkomendasikan, RME Trustmedis mendukung dokter untuk sampai pada diagnosis yang sempurna dari kondisi pasien. Karena data yang dapat diandalkan tersedia, kesalahan diagnosis hampir dapat disingkirkan.

Baca juga : Kelola Pendaftaran Pasien dan Antrean Klinik Anda dengan Cara yang Benar

Gunakan RME Trustmedis sekarang juga. Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan. Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap.Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  https://trustmedis.com/demo. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Jaga fasilitas kesehatan Anda dalam kondisi terbaik dan tumbuhkan bisnis Anda bersama kami.

Ikuti social media kami
[DISPLAY_ULTIMATE_SOCIAL_ICONS]

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
21 April 2022
5 Tips Sukses Bisnis Klinik Kecantikan di Era Digital
Bisnis Klinik Kecantikan Menjadi Peluang yang Menjanjikan Bisnis di industri kecantikan adalah salah satu bidang yang memiliki peluang usaha yang bagus dari waktu ke waktu. Menilik data dari Badan Pusat Statistika (BPS), bahwa pendapatan industri kecantikan mencapai Rp. 99,33 T pada tahun 2020. Dimana angka tersebut naik 2,29 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini tidak [...]
Read More
31 March 2022
Menilik Potensi Digital Health Bagi Layanan Kesehatan
Mengutip dari “Blueprint For Digital Health Transformation Strategy Indonesia 2024”, permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia adalah: Setidaknya 270 juta data Informasi medis masih tercatat secara manual. Banyaknya penyedia layanan kesehatan yang mengelola data kesehatan. Jutaan resep masih berdasarkan informasi individu yang tertulis di kertas. Banyaknya aplikasi kesehatan yang masih berdasarkan informasi individu. Tenaga kesehatan tidak [...]
Read More
29 March 2022
4 Keuntungan dari Patient-Centered Care
Patient-Centered Care (PCC) berfokus pada pasien dan kebutuhan individual khusus tentang layanan kesehatan, PCC dibutuhkan dan lahir untuk keamanan pasien.   Di Patient-Centered Care, kebutuhan spesifik individu dan hasil yang diinginkan merupakan alasan dibalik keputusan layanan kesehatan dan mengukur kualitas. Tujuan dari Patient-Centered Care adalah untuk mendorong pasien agar lebih aktif saat perawatan.   Namun, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2022 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram