25 January 2022
chanafi@trustmedis.co.id
BPJS Kesehatan berkomitmen untuk memperbaiki pelayanan kesehatan di Indonesia dengan membentuk BPJS PCare dan resmi beroperasional pada tahun 2014.

 

Primary Care (PCare) adalah salah satu aplikasi dari BPJS Kesehatan yang menawarkan faskes tingkat pertama, seperti puskemas; klinik; praktek dokter mandiri; ataupun laboratorium rujukan peserta BPJS Kesehatan. Fungsi PCare telah sesuai dengan kebutuhan akses data Puskesmas.

 

Aplikasi ini ditujukan untuk pemegang premi yang mengajukan pengobatan termasuk mendaftarkan diri sebagai pasien di faskes baik tingkat pertama ataupun puskesmas.

 

PCare dapat diakses melalui website dan hape, tetapi untuk saat ini tidak tersedia untuk IOS.

 

Sayangnya, PCare tidak dapat digunakan untuk masyarakat umum, tidak semua pengguna dapat menggunakan PCare BPJS. Hanya mereka yang telah resmi mendaftarkan ke BPJS dan telah diberikan akses ke user dan password.

 

Fitur PCare sangat banyak, meliputi:
  • Informasi Tagihan.
  • Tata Cara Mendaftarkan Peserta BPJS Kesehatan mandiri atau instansi.
  • Pencarian FasKes Terdekat.

 

Fitur-fitur yang ada di atas membantu pengguna untuk:

  • Mendaftarkan diri lebih praktis

Saat pendaftaran, faskes hanya perlu memasukkan no. Peserta BPJS, kemudian seluruh data pasien akan tersimpan. Bahkan jika pengguna berada di lokasi yang berbeda, data dapat di ubah dan di akses dengan mudah.

 

  • Data pasien terintegrasi

Dengan PCare, data pasien dapat diakses oleh puskesmas, klinik, maupun rumah sakit. Yang mana pasien dapat ditangani dengan cepat saat terapi pengobatan.

 

  • Diagnosa lebih cepat

Pasien tidak memerlukan tes atau check-up bila data rekam medis telah tercatat di PCare BPJS. Pasien dapat datang langsung dan mendapatkan penanganan yang seharusnya di dapat.

 

Tidak hanya itu, PCare juga mempunyai program PCare Vaksinasi.

 

Sistem ini adalah upaya untuk mendukung proses registrasi target penerima vaksin, screening status kesehatan, mencatat & melaporkan hasil pelayanan vaksinasi COVID-19.

 

PCare BPJS mendukung proses program vaksinasi COVID-19 dari awal mulai hingga akhir, sistem informasi yang telah terintegritas mempermudah  seseorang untuk mengakses ketersediaan dan alokasi vaksin maupun logistik.

 

Data hasil input akan terintegrasi dengan tabulasi dan dashboard Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

 

Dengan BPJS PCare dan PCare Vaksin, diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Karena sistem teknologi yang maju, dapat mencegah kecurangan yang sering terjadi dan meningkatkan mutu kesehatan di Indonesia.

 

Dengan menggunakan modul BPJS PCare dari Trustmedis, mitra dapat mencetak PCare secara otomatis. Dengan satu kali klik, anda dapat melihat jumlah kamar dan bed operasional yang tersedia.

Khusus Januari, diskon berlangganan HIS Trustmedis. Klaim diskonnya sekarang dan pastikan Anda mendapatkan penawaran harga terjangkau!

Klaim Diskon Sekarang

Penasaran dengan Modul PCare dari HIS Trustmedis, klik form ini untuk melakukan demo.

Ikuti social media kami
[DISPLAY_ULTIMATE_SOCIAL_ICONS]

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
21 April 2022
5 Tips Sukses Bisnis Klinik Kecantikan di Era Digital
Bisnis Klinik Kecantikan Menjadi Peluang yang Menjanjikan Bisnis di industri kecantikan adalah salah satu bidang yang memiliki peluang usaha yang bagus dari waktu ke waktu. Menilik data dari Badan Pusat Statistika (BPS), bahwa pendapatan industri kecantikan mencapai Rp. 99,33 T pada tahun 2020. Dimana angka tersebut naik 2,29 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini tidak [...]
Read More
31 March 2022
Menilik Potensi Digital Health Bagi Layanan Kesehatan
Mengutip dari “Blueprint For Digital Health Transformation Strategy Indonesia 2024”, permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia adalah: Setidaknya 270 juta data Informasi medis masih tercatat secara manual. Banyaknya penyedia layanan kesehatan yang mengelola data kesehatan. Jutaan resep masih berdasarkan informasi individu yang tertulis di kertas. Banyaknya aplikasi kesehatan yang masih berdasarkan informasi individu. Tenaga kesehatan tidak [...]
Read More
29 March 2022
4 Keuntungan dari Patient-Centered Care
Patient-Centered Care (PCC) berfokus pada pasien dan kebutuhan individual khusus tentang layanan kesehatan, PCC dibutuhkan dan lahir untuk keamanan pasien.   Di Patient-Centered Care, kebutuhan spesifik individu dan hasil yang diinginkan merupakan alasan dibalik keputusan layanan kesehatan dan mengukur kualitas. Tujuan dari Patient-Centered Care adalah untuk mendorong pasien agar lebih aktif saat perawatan.   Namun, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2022 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram