18 January 2022
chanafi@trustmedis.co.id

BPJS VClaim, PCare, dan Aplicares diresmikan oleh BPJS Kesehatan pada tahun 2014.

 

 

Menurut Cambridge Dictionary, Bridging digunakan untuk membuat dua hal berbeda menjadi kecil atau lebih sederhana lagi. Sesuai dengan namanya yang berasal dari bahasa Inggris, “Bridge” atau jembatan, Bridging dapat menghubungkan jaringan yang tidak berada di satu tempat. 

 

Bridging mempunyai banyak kegunaan, seperti:
  • Menjadi jembatan antar 2 (dua) jaringan meskipun berjauhan
  • Mengakomodasi beban jaringan 
  • Memecah satu jaringan besar menjadi dua jaringan lebih kecil 
  • Menaikkan performa jaringan

 

Kemudian, Network Bridge menyatukan dua jaringan yang terpisah, yang memungkinkan antara dua jaringan dan menyediakan cara untuk mereka bekerja menjadi satu jaringan.

 

Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) adalah badan hukum publik yang bertanggung jawab kepada Presiden, tujuannya adalah memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia dengan layak yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayarkan oleh Pemerintah.

 

BPJS resmi beroperasi pada tgl 1 Januari 2014 dan bergerak di bidang kesehatan.

 

Trustmedis, sebagai aplikasi kesehatan terbaik di Indonesia, mendukung seluruh rumah sakit beserta klinik di Indonesia untuk terintegrasi dengan BPJS. Di era serba digital, teknologi mempunyai peran penting dalam mempermudah urusan seseorang. Tidak terkecuali urusan kesehatan. 

 

Trustmedis menjadi platform kesehatan di Indonesia satu-satunya yang dapat menghubungkan mitra Trustmedis dengan VClaim, PCare, dan Aplicare secara digital tanpa ribet.

 

  • VClaim 

Virtual Claim (VClaim), memudahkan seseorang dalam pembuatan Surat Eligibilitas Peserta (SEP) dan pengajuan klaim dari rumah sakit. Fungsi lain dari VClaim adalah mengirimkan soft file tagihan pelayanan dari rumah sakit ke BPJS Kesehatan.

 

Kemudian, proses Klaim terasa menjadi mudah.

 

  • PCare 

Primary Care (PCare) mempermudah pendaftaran, terapi pengobatan, pelayanan laboratorium, dan penegakan diagnosa. PCare launching di tahun 2014 dan berbasis website dan aplikasi, dirancang agak terhubung dengan rumah sakit dan klinik yang menerima layanan BPJS Kesehatan di Indonesia.

 

  • Aplicares

Aplicares adalah wujud keterbukaan informasi tentang faskes baik tingkat 1 maupuna tingkat lanjut, sistem ini dapat diakses oleh publik dan dapat diakses melalui website maupun aplikasi. Aplicare ini juga sangat berguna untuk JKN-KIS BPJS Kesehatan.

 

Di Trustmedis, kami menyediakan Modul dan aplikasi untuk ketiga sistem BPJS ini tanpa ribet dan cepat.

 

  • Modul VClaim

Fitur VClaim dari HIS Trustmedis memberikan kemudahan dalam validasi data proses VClaim BPJS, dengan menggunakan modul VClaim dari HIS Trustmedis proses klaim BPJS lebih mudah dan cepat. Karena dengan satu kali klik, seluruh data BPJS tervalidasi.

 

Terdapat beberapa keuntungan menggunakan Modul BPJS VClaim dari Trustmedis, meliputi:

  • Menyetak SEP: Pihak faskes dapat dengan mudah melakukan penyetakkan SEP BPJS.
  • Laporan Penerbit Rujukan SEP: Tampilan ini memudahkan anda untuk mencetak laporan penerbit SEP BPJS dengan otomatis dari sistem.
  • Laporan Penerbitan SEP: Kemudian, tampilan ini memudahkan anda untuk membuat laporan penerbitan SEP di faskes yang dimiliki.

 

  • Modul PCare 

Trustmedis mengsupport integrasi antara tiap rumah sakit dan klinik dengan sistem BPJS P-Care. Anda dapat mengakses secara langsung data yang tersimpan di server BPJS. Terdapat beberapa fitur yang sesuai dengan keperluan, namun untuk mengakses fitur-fitur tersebut anda harus mempunyai ConsID yang dapat diperoleh di BPJS Kesehatan. 

Layanan HIS Trustmedis modul PCare sangat mudah dan gampang untuk di akses, fiturnya pun lengkap dan mudah dipahami.

 

Terdapat beberapa fitur-fitur yang ada di HIS Trustmedis BPJS PCare mengakses berbagai fiturnya seperti:

 

  • Modul Aplicares

Dengan menggunakan modul BPJS Aplicares dari Trustmedis, mitra dapat melihat fasilitas apa saja yang sedang tersedia di rumah sakit. Dengan satu kali klik, anda dapat melihat jumlah kamar dan bed operasional yang tersedia.

 

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, pelayanan kesehatan juga dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang dengan pesat. Perkembangan teknologi di bidang kesehatan ini ditujukan untuk mengurangi keluhan-keluhan yang dialami setiap hari oleh pengguna BPJS dan meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan.

 

Dengan menggunakan modul HIS Trustmedis yang terintegritasi dengan BPJS VClaim, PCare, dan Aplicare dalam satu sentuhan dari hape ataupun komputer, faskes Anda bisa dengan mudah mengakses HIS Trustmedis dan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan.

 

Khusus untuk Anda pembaca setia artikel Trustmedis, dapatkan diskon 50% beralangganan HIS Trustmedis di bulan JANUARI. Klaim diskonnya dengan klik tombol di bawah ini⏬⏬⏬

Klaim Diskon Sekarang

Jika ingin tahu lebih dalam modul VClaim, PCare, dan Aplicares dari HIS Trustmedis atau ingin mencoba untuk demo, dapat klik form ini.

Ikuti social media kami
[DISPLAY_ULTIMATE_SOCIAL_ICONS]

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
21 April 2022
5 Tips Sukses Bisnis Klinik Kecantikan di Era Digital
Bisnis Klinik Kecantikan Menjadi Peluang yang Menjanjikan Bisnis di industri kecantikan adalah salah satu bidang yang memiliki peluang usaha yang bagus dari waktu ke waktu. Menilik data dari Badan Pusat Statistika (BPS), bahwa pendapatan industri kecantikan mencapai Rp. 99,33 T pada tahun 2020. Dimana angka tersebut naik 2,29 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini tidak [...]
Read More
31 March 2022
Menilik Potensi Digital Health Bagi Layanan Kesehatan
Mengutip dari “Blueprint For Digital Health Transformation Strategy Indonesia 2024”, permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia adalah: Setidaknya 270 juta data Informasi medis masih tercatat secara manual. Banyaknya penyedia layanan kesehatan yang mengelola data kesehatan. Jutaan resep masih berdasarkan informasi individu yang tertulis di kertas. Banyaknya aplikasi kesehatan yang masih berdasarkan informasi individu. Tenaga kesehatan tidak [...]
Read More
29 March 2022
4 Keuntungan dari Patient-Centered Care
Patient-Centered Care (PCC) berfokus pada pasien dan kebutuhan individual khusus tentang layanan kesehatan, PCC dibutuhkan dan lahir untuk keamanan pasien.   Di Patient-Centered Care, kebutuhan spesifik individu dan hasil yang diinginkan merupakan alasan dibalik keputusan layanan kesehatan dan mengukur kualitas. Tujuan dari Patient-Centered Care adalah untuk mendorong pasien agar lebih aktif saat perawatan.   Namun, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2022 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram