20 January 2022
chanafi@trustmedis.co.id

Verifikasi Digital Klaim (VEDIKA) adalah generasi yang dibuat sebelum VClaim "lahir."

 

Seiring berkembang nya teknologi, dimana segala hal dapat dilakukan secara virtual dan digital, penggunaan teknologi sebenarnya telah mulai dilakukan untuk dunia kesehatan. Dimana hasil yang di dapat dijadikan sebagai indikator kepuasan pasien.

VEDIKA, generasi sebelum VClaim, dibentuk untuk mengurangi protes yang bermunculan tentang pembayaran rumah sakit INACBGS dan mengurangi klaim yang terhenti serta mengurangi beban operasional BPJS Kesehatan.

VEDIKA dapat dihubungi melalui telepon dan internet, memperbolehkan mereka mendapatkan pelayanan kesehatan dari tingkat satu hingga tingkat rujukan.

Penelitian yang dilakukan di rumah sakit di Sidoarjo, Jawa Timur, pada tahun 2019, mengungkapkan bahwa rumah sakit telah menyesuaikan dengan VEDIKA.

Tetapi, implementasi nya belum maksimal dalam meminimalisir pengembalian berkas. Sebenarnya, BPJS sudah menggunakan verifikasi digital klaim untuk fasilitas tingkat lanjut di tahun 2018.

 

Setelah itu, BPJS Kesehatan membuat terobosan baru yang disebut dengan BPJS VClaim.

Dibentuk untuk mempermudah urusan masyarakat Indonesia dalam mengklaim tagihan pelayanan dari rumah sakit ke BPJS Kesehatan. Dan, membuat proses Klaim menjadi mudah.

Ini dilakukan agar rumah sakit, yang bermitra dengan BPJS, memperoleh kepastian waktu pembayaran klaim dengan cepat dan akurat daripada manual. 

 

VClaim dapat digunakan jika seseorang berada di luar kota.

 

Pengguna BPJS Kesehatan tidak perlu bingung lagi dalam pengiriman jumlah tagihan pelayanan dari rumah sakit kepada BPJS Kesehatan karena dilakukan secara digital dan otomatis.

 

Fitur VClaim terdiri dari:

 

  • Pembuatan Surat Eligibilitas Peserta (SEP). 
  • Pengajuan klaim dari rumah sakit.
  • Mengirimkan tagihan pelayanan secara soft file.

 

Lalu apa bedanya VEDIKA dan VClaim?

 

VClaim adalah aplikasi yang digunakan oleh pihak Rumah Sakit dalam melakukan pembuatan SEP dan pengajuan klaim dari Rumah Sakit.

 

Sedangkan, VEDIKA adalah proses verifikasi klaim yang diajukan oleh FKRTL dengan menggunakan verifikasi digital yang dilakukan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang/Kabupaten/Kota.

 

Trustmedis, sebagai aplikasi kesehatan terbaik di Indonesia, mendukung seluruh rumah sakit beserta klinik di Indonesia untuk terintegrasi dengan BPJS. Apabila Anda sedang mencari sistem informasi manajemen yang telah terintegrasi dengan BPJS, Trustmedis jawabannya.

Ajukan coba gratis aplikasi HIS Trustmedis untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana sistem Trustmedis terhubung dengan BPJS. Klik tombol di bawah ini dan jadwalkan coba gratis aplikasi dengan sales representative kami.

 

Kini mengurus VClaim tidak ribet, cepat, dan satu sentuhan dari hape ataupun komputer jika menggunakan modul VClaim dari HIS Trustmedis.

 

COBA GRATIS HIS Trutmedis

Ikuti social media kami
[DISPLAY_ULTIMATE_SOCIAL_ICONS]

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
21 April 2022
5 Tips Sukses Bisnis Klinik Kecantikan di Era Digital
Bisnis Klinik Kecantikan Menjadi Peluang yang Menjanjikan Bisnis di industri kecantikan adalah salah satu bidang yang memiliki peluang usaha yang bagus dari waktu ke waktu. Menilik data dari Badan Pusat Statistika (BPS), bahwa pendapatan industri kecantikan mencapai Rp. 99,33 T pada tahun 2020. Dimana angka tersebut naik 2,29 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini tidak [...]
Read More
31 March 2022
Menilik Potensi Digital Health Bagi Layanan Kesehatan
Mengutip dari “Blueprint For Digital Health Transformation Strategy Indonesia 2024”, permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia adalah: Setidaknya 270 juta data Informasi medis masih tercatat secara manual. Banyaknya penyedia layanan kesehatan yang mengelola data kesehatan. Jutaan resep masih berdasarkan informasi individu yang tertulis di kertas. Banyaknya aplikasi kesehatan yang masih berdasarkan informasi individu. Tenaga kesehatan tidak [...]
Read More
29 March 2022
4 Keuntungan dari Patient-Centered Care
Patient-Centered Care (PCC) berfokus pada pasien dan kebutuhan individual khusus tentang layanan kesehatan, PCC dibutuhkan dan lahir untuk keamanan pasien.   Di Patient-Centered Care, kebutuhan spesifik individu dan hasil yang diinginkan merupakan alasan dibalik keputusan layanan kesehatan dan mengukur kualitas. Tujuan dari Patient-Centered Care adalah untuk mendorong pasien agar lebih aktif saat perawatan.   Namun, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2022 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram