2 August 2021
chanafi@trustmedis.co.id

Cara Mengembangkan Klinik Dengan Aplikasi Booking Online

Menurut sebuah studi, dibutuhkan rata-rata delapan menit bagi seorang pasien untuk menjadwalkan janji dengan dokter melalui panggilan telepon. Bagaimana jika kita bisa melakukannya secepat memesan ojek online dan tidak perlu menghabiskan delapan menit lagi ? Untungnya, disaat ini layanan kesehatan mengadopsi paradigma yang lebih berpusat pada konsumen demi mengembangkan klinik kesehatan. Aplikasi booking online menjadi solusi kepuasan pasien dalam mendapatkan pelayanan yang cepat. Bagaimana aplikasi booking online membantu klinik berkembang? Dan bagaimana aplikasi booking online mampu meningkatkan kepuasan pasien?

Dalam kehidupan sehari-hari, smartphone membantu mengubah tugas rutin kita seperti memesan makanan dan memanggil taksi menjadi pengalaman yang menarik, bahkan kita mengharapkan hal seperti itu dari setiap penyedia layanan tidak terkecuali dalam bidang perawatan kesehatan. Pasien berubah menjadi pelanggan yang tidak lagi ingin menghabiskan waktu untuk menjadwalkan atau menjadwal ulang janji temu dengan dokter. Mereka ingin segera menemukan spesialis yang dapat membantu mereka, dan segera membuat janji. Dari hal ini saja sepertinya sudah cukup mendorong klinik untuk menggunakan aplikasi booking online. Namun manfaat pasien tidak berhenti di situ saja, selain kemudahan, pasien juga mendapatkan nilai dari:

  • Akses sepanjang waktu ke opsi penjadwalan
  • Direktori luas dari profesional yang tersedia
  • Pengingat otomatis dan integrasi dengan kalender digital mereka
  • Kemampuan untuk mengirimkan dokumen terkait kesehatan yang ada sebelum konsultasi
  • Pembayaran aman melalui aplikasi

Makin Mudah Kelola Fakses

Baca juga : Bagaimana Mengembangkan Sistem Manajemen Farmasi yang Lebih Efektif dan Efisien

Sedangkan dari sisi klinik, penggunaan aplikasi booking online memiliki lebih dari sekadar kenyamanan dalam hal penjadwalan dokter online. Saat klinik menggunakan aplikasi booking online, klinik juga dapat memangkas biaya operasional dan meningkatkan jumlah kunjungan secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa manfaat aplikasi booking online bagi klinik: 

  • Optimalkan administrasi pendaftaran
  • Menghemat pengeluaran
  • Manajemen antrian yang lebih baik 
  • Kurangi ketidakhadiran
  • Merampingkan proses penagihan
  • Meningkatkan efisiensi dan pendapatan

Belum banyak aplikasi booking online yang memiliki fitur yang memberikan nilai tinggi kepada klinik. Trustmedis, sebagai aplikasi kesehatan online terbaik di Indonesia, kini memiliki aplikasi booking online bernama Doctugo, yang sudah terintegrasi dengan SIM Klinik. Doctugo, sebuah aplikasi Android yang dikembangkan Trustmedis untuk membantu Faskes melayani pasien dengan lebih optimal. Beberapa fitur andalan Doctugo yang dapat membantu klinik lebih berkembang adalah: 

Booking atau Pendaftaran Online

Dengan Doctugo, pasien dapat melakukan pendaftaran online kapanpun dan dimanapun tanpa perlu datang ke faskes. Pasien juga akan mendaftarkan informasi terperinci mengenai jadwal dokter dan juga memastikan untuk mendapatkan kuota kunjungan.

Antrian Online

Aplikasi Doctugo membantu pasien untuk mengetahui estimasi lama antrian secara online. Sehingga pasien tidak perlu antri terlalu lama dan bisa datang saat akan dilayani. Waktu tunggu pasien yang terlalu lama akan berdampak negatif pada pasien itu sendiri. Selain itu, waktu tunggu pasien yang terlalu lama juga dapat membuat pasien merasa tertekan, meningkatkan perasaan sakit dan merupakan penyebab utama ketidakpuasan dalam pelayanan kesehatan.

Resume Medis

Pasien dapat mengetahui resume medis atau riwayat pengobatan dan menunjukkan kepada dokter yang hendak melakukan pemeriksaan bila dibutuhkan, langsung dari HP. Doctugo menawarkan penyimpanan dokumen medis yang aman dengan teknologi cloud computing. Hal ini memungkinkan data rekam medis yang mudah diakses dari mana saja dan kapan saja. 

Telemedis

Telemedis membantu faskes untuk tetap melayani konsultasi kesehatan kepada masyarakat di masa pandemi dengan aman. Telemedis membantu dokter terhubung dengan pasien dengan layanan konsultasi secara virtual. Selama kunjungan virtual, dokter dapat memantau kondisi, mengenali tanda gejala dan melakukan peresepan.

Pembayaran Praktis

Pasien bisa memilih berbagai metode pembayaran. Doctugo telah menyediakan pembayaran yang lebih praktis dengan menggunakan transfer antar bank, kartu kredit, maupun e-wallet/QRIS seperti OVO, GoPay, Shopee Pay, Link Aja, atau Dana.

Doctugo, telah memainkan peran penting dalam digitalisasi sektor pelayanan dan perawatan kesehatan. Motif utama aplikasi seluler perawatan kesehatan adalah untuk menyediakan komunikasi klinis yang lancar dan jelas antara pasien dan penyedia layanan kesehatan. Hal lain yang membuat aplikasi ini dapat diandalkan adalah fakta bahwa Doctugo terus diperbarui secara berkala dan fitur/fungsi baru ditambahkan. Teknologi yang muncul seperti Kecerdasan Buatan adalah tren terbaru yang digabungkan oleh Trustmedis untuk berbagai operasi seperti peningkatan basis data perawatan kesehatan, manajemen pelayanan kesehatan dan banyak lagi.

Baca juga : Kelola Pendaftaran Pasien dan Antrean Klinik Anda dengan Cara yang Benar

Fasilitas Kesehatan pun tak perlu susah mengembangkan sendiri aplikasi untuk pasien. Itu pasti sangat membutuhkan alokasi dana yang besar dan SDM yang berpengalaman. Doctugo diberikan kepada semua fasilitas kesehatan yang sudah menggunakan HIS Trustmedis secara GRATIS. Diharapkan dapat membantu meningkatkan kunjungan pasien hingga revenue faskes. Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap. Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  https://trustmedis.com/demo. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Jaga fasilitas kesehatan Anda dalam kondisi terbaik dan tumbuhkan bisnis Anda bersama kami.

Ikuti social media kami
[DISPLAY_ULTIMATE_SOCIAL_ICONS]

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
21 April 2022
5 Tips Sukses Bisnis Klinik Kecantikan di Era Digital
Bisnis Klinik Kecantikan Menjadi Peluang yang Menjanjikan Bisnis di industri kecantikan adalah salah satu bidang yang memiliki peluang usaha yang bagus dari waktu ke waktu. Menilik data dari Badan Pusat Statistika (BPS), bahwa pendapatan industri kecantikan mencapai Rp. 99,33 T pada tahun 2020. Dimana angka tersebut naik 2,29 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini tidak [...]
Read More
31 March 2022
Menilik Potensi Digital Health Bagi Layanan Kesehatan
Mengutip dari “Blueprint For Digital Health Transformation Strategy Indonesia 2024”, permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia adalah: Setidaknya 270 juta data Informasi medis masih tercatat secara manual. Banyaknya penyedia layanan kesehatan yang mengelola data kesehatan. Jutaan resep masih berdasarkan informasi individu yang tertulis di kertas. Banyaknya aplikasi kesehatan yang masih berdasarkan informasi individu. Tenaga kesehatan tidak [...]
Read More
29 March 2022
4 Keuntungan dari Patient-Centered Care
Patient-Centered Care (PCC) berfokus pada pasien dan kebutuhan individual khusus tentang layanan kesehatan, PCC dibutuhkan dan lahir untuk keamanan pasien.   Di Patient-Centered Care, kebutuhan spesifik individu dan hasil yang diinginkan merupakan alasan dibalik keputusan layanan kesehatan dan mengukur kualitas. Tujuan dari Patient-Centered Care adalah untuk mendorong pasien agar lebih aktif saat perawatan.   Namun, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2022 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram