Aplikasi Fasilitas Kesehatan
22 May 2020
Baskoro Aris Sansoko

Pada lingkungan sektor layanan kesehatan hari ini, adalah hal yang menantang bagi faskes untuk menentukan titik letak peluang berada. Hal ini berakar dari sedikitnya akses faskes pada data-data yang bernilai dan kemampuan untuk melakukan analisis pada kumpulan data yang ada, termasuk data pasien untuk kenali target pasar.

Inti dari mengenali peluang bagi faskes adalah mengenali terlebih dahulu kebutuhan-kebutuhan pasien. Tidak sekadar pasien, kebutuhan pasien yang harus diketahui adalah pasien dari wilayah geografis, segmentasi, atau lini tertentu.

Sayangnya, banyak faskes hari ini belum memiliki kemampuan analisis data untuk menggali wawasan dari data-data ini. Seringkali hal ini disebabkan oleh silo data pasien dalam faskes Anda. Silo data adalah masing-masing departemen atau unit di faskes Anda memiliki data masing-masing dan tidak terintegrasi. Hal ini mengurangi efisiensi dan bisa jadi sumber kerumitan di masa depan.

Oleh karena itu, Anda perlu kembali memperhatikan data pasien untuk kenali target pasar Anda. Dengan demikian, faskes Anda mampu susun keputusan-keputusan terbaik sesuai dengan kebutuhan pasien.

Data Geografis Pasien untuk Kenali Target Pasar Faskes Anda

Salah satu cara paling kuat untuk mengenali peluang pertumbuhan dalam faskes Anda adalah dengan memanfaatkan kelebihan dari data pasien dari sisi geografis. Hal ini membuat Anda perlu untuk mengenali demografi, psikografi, dan clinical propensity dari pasien di wilayah tertentu.

Informasi ini kemudian perlu untuk Anda mereferensikan secara silang informasi tersebut dengan informasi-informasi mengenai lanskap kompetisi dan dinamika pelayanan kesehatan. Setelah Anda melakukan analisis ini, Anda dapat menentukan lokasi-lokasi panas yang memiliki permintaan tinggi akan adanya pelayanan kesehatan dan dapat memanfaatkan hal ini sebagai peluang untuk faskes Anda tumbuh.

Lebih baik lagi apabila Anda mampu untuk melihat bagaimana kompetitor Anda dalam kondisi geografis tersebut. Lihatlah kondisi-kondisi klinis apa yang kompetitor di area yang sama sudah unggul. Hal ini bisa Anda hindari selagi Anda mencari wilayah fokus yang menjadi peluang terbaik untuk faskes Anda. Anda juga bisa mendapatkan analisis lebih tajam apabila memiliki data tentang diagnosis atau prosedur yang banyak digunakan, lokasi pelayanan, dan bagaimana pasien membayar perawatan.

Optimalkan dan Pusatkan Data Pasien Faskes Anda

Apabila dinamika dalam lanskap sektor layanan kesehatan tidak begitu dipahami sebelum melaksanakan strategi untuk membuka peluang pasar baru, strategi faskes Anda bisa saja salah arah. Transparansi data dalam hal ini menjadi fundamental untuk meraih kesuksesan dalam melakukan kampanye pemasaran.

Faskes Anda dapat memperoleh pandangan menyeluruh atau bird’s eye view pada data yang ada. Hanya saja untuk mewujudkannya, Anda harus mengatur data-data pasien secara terpusat. Data terpusat adalah lawan dari silo data. Silo data, yang banyak terjadi di faskes, membuat data-data pasien tidak mudah diakses pada satu sumber.

Setelah Anda menghilangkan silo data pada faskes Anda, analis dapat lebih jelas memeriksa kecenderungan pasien dan tren pelayanan yang diberikan. Hal ini dapat dilakukan melalui penelusuran secara terpandu ataupun eksplorasi yang sifatnya ad-hoc. Cara-cara ini melibatkan proses pemecahan aktivitas pasien berdasarkan lokasi geografis secara tersegmentasi.

Hal ini membuat faskes Anda mampu melihat dan menjawab pertanyaan seperti “Kemana faskes kita harus fokus untuk menumbuhkan market share?”. Pertanyaan lainnya juga seperti “Unit pelayanan apakah yang memberikan peluang lebih banyak untuk pertumbuhan faskes?”. Kemudian pada saat eksekusi rencana, data-data yang sudah terpusat dan teroptimalisasi ini bisa membuat tim pengembangan bisnis mampu menghasilkan audiens yang terarah untuk memperoleh ROI yang tinggi melalui strategi yang terkoordinasi dan berbasis data.

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
24 June 2021
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda Memilih sistem manajemen keuangan untuk penagihan bisa jadi rumit. Ada begitu banyak pilihan yang berbeda, dan kita mungkin bingung apa yang harus dicari untuk membuat keputusan yang tepat. Dalam prakteknya, kita harus mempelajari semua yang perlu kita ketahui tentang software atau sistem manajemen keuangan untuk memudahkan [...]
Read More
23 June 2021
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien Manajemen rumah sakit yang baik dapat menjadi pembeda dan juga meningkatkan kunjungan pasien. Dengan manajemen rumah sakit yang baik, kualitas perawatan pasien akan semakin meningkat. Dalam tatanan pelayanan, koordinasi antar departemen merupakan jiwa dari manajemen rumah sakit. Tidak hanya pelayanan langsung kepada pasien, manajemen rumah sakit berkaitan [...]
Read More
22 June 2021
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time   Menghadapi era globalisasi yang ditandai dengan perubahan cepat dalam pelayanan kesehatan, pertumbuhan persaingan antar rumah sakit yang tajam serta kesempatan 'investasi perubahan', membutuhkan Sistem Informasi Manajemen faskes yang handal agar kita tidak tertinggal. Belum lagi di masa pandemi seperti ini, meningkatnya kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram