Aplikasi Fasilitas Kesehatan
15 April 2020
Baskoro Aris Sansoko

Anggaran yang dibutuhkan untuk proses pelayanan klinik tentunya membutuhkan jumlah yang besar. Bahkan dalam beberapa situasi, biaya yang dikeluarkan melebihi anggaran yang dipersiapkan. Oleh karena itu, diperlukan beberapa langkah untuk mengurangi pengeluaran klinik. Saat ini banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi pengeluaran dengan menggunakan cara 4.0. Cara 4.0 ini menggunakan teknologi digital yang efektif untuk mengurangi pengeluaran klinik. Berikut ini tips mengurangi pengeluaran klinik dengan cara 4.0.

Menggunakan Aplikasi Penjadwalan Untuk Mengurangi Biaya Staff

Tips pertama yang dapat dilakukan yaitu menggunakan aplikasi penjadwalan. Aplikasi penjadwalan dapat membantu dalam proses pelaksanaan manajemen tanpa perlu menambah sumber daya manusia maupun menggunakan sistem lembur. Staff medis terlalu banyak membutuhkan hampir setengah dari anggaran pengeluaran rumah sakit.

Dengan menggunakan aplikasi penjadwalan proses pelayanan di klinik akan lebih mudah. Aplikasi penjadwalan dapat digunakan untuk memantau jumlah tempat tidur pasien, kapasitas ruang gawat darurat, status peralatan klinik dan tentunya dapat mengurangi pengeluaran klinik. Selain itu proses pemenuhan kebutuhan klinik juga dapat menggunakan aplikasi penjadwalan.

Memaksimalkan Administrasi Menggunakan Aplikasi Supaya Waktu Kerja Dokter Lebih Efisien

Tugas dokter di klinik maupun rumah sakit tidak hanya digunakan untuk merawat pasien namun juga untuk melakukan beberapa tugas administrasi yang berkaitan dengan pasien. Tugas tersebut seperti memasukkan catatan pasien ke dalam catatan kesehatan elektronik. Hal ini tentunya membuat jam kerja dokter menjadi bertambah.

Menggunakan aplikasi atau perangkat lunak digital dapat membantu pekerjaan dokter seperti memasukkan hasil tes secara cepat, mencatata resep untuk pasien serta dapat membantu dokter untuk menghindari pengujian berlebih yang tentunya membutuhkan biaya operasional tambahan untuk penggunaan alat-alat klinik.

Memperbaiki Proses dan Pengumpulan Klaim

Proses klaim asuransi yang diajukan ke klinik dapat memakan waktu yang cukup lama. Hal tersebut membutuhkan biaya operasional dalam proses pengumpulan klaim. Dengan melakukan perbaikan dalam proses pengajuan dan pengumpulan klaim secara intensif dapat memangkas biaya operasional hingga 90%. Tidak hanya itu saja, proses yang dilakukan juga dapat lebih cepat diselesaikan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan klaim asuransi otomatis yang terhubung antara perusahaan asuransi dengan klinik. Klaim asuransi otomatis dalam mengurangi biaya tenaga kerja, meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan efisiensi operasional serta mengurangi redundan yang berlebihan.

Menggunakan Teknik Digital Marketing Untuk Menjangkau Lebih Banyak Pasien Baru

Digital marketing menjadi salah satu teknik marketing yang cukup banyak digunakan saat ini. Teknik marketing menggunakan teknologi digital lebih mampu menargetkan pasien dengan kondisi tertentu. Selain itu, teknik ini juga dapat menjangkau pasien lebih besar daripada teknik marketing secara manual. Digital marketing dapat digunakan untuk melakukan pemasaran online yang memiliki dampak yang lebih besar. Pasien akan lebih dimudahkan untuk melakukan akses informasi online terhadap klinik dengan teknologi digital saat ini. Selain itu biaya marketing menggunakan teknik ini lebih kecil dibandingkan menggunakan teknik marketing manual.

Mengoptimalkan Pasokan dan Perawatan Berbasis Digital untuk Hemat Pengeluaran Klinik

Tips lainnya untuk mengurangi pengeluaran klinik yaitu dengan mengoptimalkan pasokan kebutuhan klinik dan perawatan berbasis digital. Alat analisis dan perangkat lunak dapat membantu dalam proses pemenuhan pasokan inventaris klinik, mengurangi pemborosan biaya operasional serta meningkatkan alokasi sumber daya secara efisien. Alat analisis dan perangkat lunak yang dapat digunakan seperti radio nirkabel (RFID) sebagai barcode yang dapat dipindai.

Itulah beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengurangi pengeluaran klinik dengan cara 4.0 menggunakan teknologi digital saat ini. Dengan menggunakan beberapa tips ini, Anda dapat memastikan pengeluaran klinik tidak melebihi dari dana yang dianggarkan.

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
24 June 2021
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda Memilih sistem manajemen keuangan untuk penagihan bisa jadi rumit. Ada begitu banyak pilihan yang berbeda, dan kita mungkin bingung apa yang harus dicari untuk membuat keputusan yang tepat. Dalam prakteknya, kita harus mempelajari semua yang perlu kita ketahui tentang software atau sistem manajemen keuangan untuk memudahkan [...]
Read More
23 June 2021
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien Manajemen rumah sakit yang baik dapat menjadi pembeda dan juga meningkatkan kunjungan pasien. Dengan manajemen rumah sakit yang baik, kualitas perawatan pasien akan semakin meningkat. Dalam tatanan pelayanan, koordinasi antar departemen merupakan jiwa dari manajemen rumah sakit. Tidak hanya pelayanan langsung kepada pasien, manajemen rumah sakit berkaitan [...]
Read More
22 June 2021
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time   Menghadapi era globalisasi yang ditandai dengan perubahan cepat dalam pelayanan kesehatan, pertumbuhan persaingan antar rumah sakit yang tajam serta kesempatan 'investasi perubahan', membutuhkan Sistem Informasi Manajemen faskes yang handal agar kita tidak tertinggal. Belum lagi di masa pandemi seperti ini, meningkatnya kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram