Aplikasi Fasilitas Kesehatan
22 February 2021
Wahyu Rizal

Indikator Mutu Rumah Sakit

Rumah sakit merupakan salah satu tempat yang dapat digunakan untuk pemulihan dalam masa sakit. Tentunya standar mutu rumah sakit juga harus diperhatikan agar pasien memang dapat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah indikator mutu rumah sakit.

Pengertian Indikator Mutu Rumah Sakit

Jika anda berada di posisi pasien, tentunya pelayanan terbaik dari rumah sakit memang harus anda dapatkan ketika berada ditempat tersebut. Namun tak semua rumah sakit dapat memberikan mutu terbaiknya bagi para pasiennya.

Salah satu cara melihat kualitas suatu rumah sakit adalah dari indikator mutu. Indikator rumah sakit adalah sebuah pengukuran management klinis yang dapat ditunjukkan dalam angka. Di Indonesia, penetapan indikator dipandu Peraturan Menteri Kesehatan No. 129 Tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit. Dalam lampiran Permenkes tersebut, diatur 21 jenis pelayanan dan 107 indikator yang telah ditetapkan standar minimalnya dengan nilai tertentu. Kementerian Kesehatan menetapkan standar ini menjadi tolak ukur pelayanan rumah sakit badan layanan umum daerah. Dimensi mutu sesuai permenkes mengacu pada dimensi mutu World Health Organization (WHO), yaitu efektif, efisien, mudah diakses, diterima/berpusat pada pasien, tidak berpihak, dan aman (World Health Organization 2006). 

Dimensi Mutu

Dalam proses pembuatan indikator mutu suatu rumah sakit diperlukan beberapa faktor pendukung atau dimensi mutu. Bagi anda yang tidak terlalu mengerti terkait dengan faktor dimensi mutu, berikut adalah penjelasannya.

  • Efektif

Sebuah pelayanan yang sangat berhubungan dengan suatu bukti dan keberhasilan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Baik bagi individu maupun bagi komunitas sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Baca juga : Akreditasi Klinik Wajib Diurus Segera, Ini Syarat-Syaratnya

  • Efisiensi

Suatu pelayanan kesehatan dengan tujuan untuk memaksimalkan segala sumber daya yang dimiliki. Artinya adalah suatu bagaimana suatu rumah sakit dapat memanfaatkan segala sumber daya yang dimilikinya dengan lebih maksimal.

Selain itu dengan memanfaatkan segala sumber daya, diharapkan dapat mengurangi pengeluaran yang begitu deras atau boros.

  • Mudah diakses/ Accessible

Mudah dalam sistem akses adalah salah satu faktor penentu. Artinya rumah sakit tersebut memiliki letak geografis yang begitu baik, pelayanan kesehatan yang selalu tepat waktu ketika dibutuhkan, dan adanya dukungan dari sumber daya untuk membantu para pengguna rumah sakit tersebut.

  • DiterimaAccepted (Patient-centred)

Pelayanan rumah sakit yang mempertimbangkan bagaimana pilihan maupun apresiasi yang diberikan oleh pasien.

  • Tidak berpihak

Setiap pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit tidaka akan berpihak terhadap siapapun. Artinya mereka akan memberikan pelayanan terbaik tanpa melihat gender, ras, etnis, lokasi geografis, dan status sosio ekonomi.

  • Aman

Tak bisa dipungkiri jika dalam memberikan pelayanan kesehatan pasti ada resiko yang akan dihadapi. Namun setiap rumah sakit akan memberikan risiko dengan tingkat seminimal mungkin agar pasien dapat memiliki rasa aman dan kepercayaan terhadap prosedur yang dilakukan.

Pengumpulan Data

Jika anda sudah mengetahui faktor yang mempengaruhi suatu indikator mutu di rumah sakit. Maka hal berikutnya adalah melakukan pengumpulan data. Pengumpulan data ini bertujuan sebagai tolak ukur dari indikator mutu tersebut. Maka dari itu dalam tahap ini dibutuhkan ketelitian dan juga perancangan yang cukup matang agar dapat memberikan hasil yang terbaik. Tentunya dengan adanya dimensi mutu dan pengumpulan data sesuai dengan prosedur maka penilaian indikator mutu rumah sakit akan jauh lebih baik.

Baca juga : Tingkatkan Jumlah Kunjungan Pasien dengan Layanan Booking Online

Managemen rumah sakit akan terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan dengan menyelesaikan persoalan yang terjadi di linkungan faskes. Seperti contoh efisiensi waktu tunggu pasien dengan memasang Ekios atau pendaftaran mandiri pasien. Pasien akan langsung mendapat nomor antrian poli yang ditujuh dan terlayani lebih cepat. Salah satu fitur andalan SIM Trustmedis untuk unit Admisi ini dapat anda implementasikan di faskes anda. Penggunaan SIM RS atau Klinik juga akan mendukung proses layanan pasien, yakni demi membantu proses pendaftaran, pencatatan tindakan, penyimpanan data rekam medis maupun pembayaran tagihan. Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  https://trustmedis.com/demo. Atau klik tombol dibawah ini 

Coba Gratis Aplikasi

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
24 June 2021
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda Memilih sistem manajemen keuangan untuk penagihan bisa jadi rumit. Ada begitu banyak pilihan yang berbeda, dan kita mungkin bingung apa yang harus dicari untuk membuat keputusan yang tepat. Dalam prakteknya, kita harus mempelajari semua yang perlu kita ketahui tentang software atau sistem manajemen keuangan untuk memudahkan [...]
Read More
23 June 2021
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien Manajemen rumah sakit yang baik dapat menjadi pembeda dan juga meningkatkan kunjungan pasien. Dengan manajemen rumah sakit yang baik, kualitas perawatan pasien akan semakin meningkat. Dalam tatanan pelayanan, koordinasi antar departemen merupakan jiwa dari manajemen rumah sakit. Tidak hanya pelayanan langsung kepada pasien, manajemen rumah sakit berkaitan [...]
Read More
22 June 2021
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time   Menghadapi era globalisasi yang ditandai dengan perubahan cepat dalam pelayanan kesehatan, pertumbuhan persaingan antar rumah sakit yang tajam serta kesempatan 'investasi perubahan', membutuhkan Sistem Informasi Manajemen faskes yang handal agar kita tidak tertinggal. Belum lagi di masa pandemi seperti ini, meningkatnya kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram