Pada aplikasi Trust Medis terdapat modul Akutansi dimana didalam modul tersebut terdapat berbagai sub menu diantaranya yaitu kode akun. Kode akun ini sangat penting untuk disetting diawal karena untuk memudahkan pada saat melakukan transaksi. Fungsi kode akun yaitu menentukan akun dan kode akun yang akan digunakan pada semua transaksi dan juga dapat berfungsi untuk menentukan jenis – jenis dari akun, misalnya Aset memiliki kode 100.000.000, Aset Lancar memiliki kode 100.000.100, Kas memiliki kode 100.000.101, dst. Untuk menentukan kode akun tersebut dapat dilakukan pada tahapan berikut.

Untuk membukan menu Kode Akun, Klik Akutansi -> Master -> Kode Akun 

  1. Untuk menambah kode akun Klik “Add”. Untuk mengedit kode akun pilih salah satu data pada Daftar Kode Akun, lalu Klik “Edit”. Seperti pada gambar berikut :
  2. Kolom saldo hanya dapat disetting pada akun dengan kode akun paling kecil, sementara saldo akun induk tidak bisa disetting karena secara otomatis saldo akan mengikuti saldonya yang paling kecil. Contoh akun induk Kas bank memiliki Rekening 111.10.000 dan memiliki anak akun Kas dengan kode akun 111.10.001 dan Bank dengan kode akun 111.10.002.
  3. Pada saat membuat kode akun baru dengan Induk ASET ( kode akun dimulai dengan angka 1), Utang (kode akun dimulai dengan angka 2), MODAL (kode akun dimulai dengan angka 3), PENDAPATAN (kode akun dimulai dengan angka 4), dan BEBAN/BIAYA (kode akun dimulai dengan angka 5).
  4. Jenis Laporan akan otomatis menjadi Neraca jika memilih akun Aset, Utang dan Modal. Dan juga Jenis Laporan akan otomatis menjadi R/L jika memilih akun Pendapatan dan Beban/biaya. 
  5. Saat membuat akun baru, Jika INDUK akun diisi, Jenis saldo secara otomatis akan mengikuti jenis saldo dari akun induknya
  6. Jika Kode Akun dipilih “Aktif” otomatis pada saat transaksi dapat diakses, begitupun sebaliknya.
  7. Setelah semua data terisikan, Klik “Save”

April 5, 2017   469    FAQ Fitur    
Total 0 Votes:

Tell us how can we improve this post?

+ = Verify Human or Spambot ?

Anda Punya Pertanyaan ?

You will get a notification email when Knowledgebase answerd/updated!

+ = Verify Human or Spambot ?