Menu Order Barang berfungsi untuk membuat order barang inventory ke supplier. Data order yang dibuat kemudian akan ditindaklanjuti di menu Terima Barang.
Pada menu ini dapat dibuat order barang baru, mengedit, dan menghapus data order.
Untuk membuka menu, klik Inventory, Transaksi, Order Barang.

    1. Klik Tambah pada Informasi Terdata untuk menambah data order barang baru, atau pilih pada salah satu data, kemudian klik Edit untuk mengedit data yang sudah ada.
    2. Nomor Order akan terisi secara Auto ketika data disimpan. Isikan Tanggal Order, Jenis Barang (disetting pada menu Jenis Barang), Supplier (disetting pada menu Supplier, Alamat supplier akan otomatis muncul berdasarkan data yang tersimpan pada menu tersebut), Tanggal Jatuh Tempo, cara Bayar, nama Penanggung Jawab (disetting pada menu Data Pegawai di modul HRM), dan Keterangan.
    3. Pada Detail Order Barang klik Add untuk menambah barang-barang yang diorder. List Barang yang muncul akan sesuai dengan Jenis Barang yang dipilih.
      Contoh:
      Barang A berjenis Peralatan. Barang B berjenis Perlengkapan.
      Ketika Jenis barang yang dipilih adalah Peralatan, maka nama barang yang muncul hanya barang A saja.
      Sehingga, jika muncul warning “Tidak ada Barang pada jenis barang ini”, berarti belum ada barang dengan jenis tersebut yang didata pada menu Master Barang.

    1. Untuk menambah detail order, pilih Nama Barang, Satuan (disetting pada menu Satuan), Jumlah, Harga, dan Diskon. Sub Total akan otomatis menampilkan harga total. Klik Update untuk menyimpan. Pastikan semua kolom yang bertanda bintang (*) sudah terisi semua. Klik Simpan & Cetak untuk menyimpan data order dan mencetak Surat Pesanan. Data Order Barang yang tersimpan dan belum diproses pada menu Terima Barang akan memiliki Status “Dipesan”. Sementara order barang yang sudah diterima akan berubah Statusnya menjadi “Tertutup”.
    2. Jika terjadi pembatalan order ketika separuh dari barang yang diorder telah diterima, maka cukup ubah statusnya menjadi “Tertutup”.

  1. Jika ingin mengorder barang dengan jenis berbeda dari supplier yang sama, maka perlu membuat Order Barang yang berbeda, karena 1 data order hanya akan mengorder barang-barang dengan jenis yang sama.
  2. Jika ingin mencetak data yang sudah tersimpan, pilih pada data, kemudian kli Edit. Klik tombol Cetak yang ada di sebelah tombol Simpan & Cetak. Data yang sudah tersimpan tidak akan bisa diubah, dan hanya dapat dicetak saja.
  3. Untuk mengahapus data order, pilih pada salah satu data, kemudian klik Hapus.

Maret 10, 2017   476    FAQ Fitur    
Total 0 Votes:

Tell us how can we improve this post?

+ = Verify Human or Spambot ?

Anda Punya Pertanyaan ?

You will get a notification email when Knowledgebase answerd/updated!

+ = Verify Human or Spambot ?