Menu Inventaris & Pelabelan berfungsi untuk membuat detail spesifikasi dari barang-barang inventaris, termasuk pembuatan nomor inventaris dan pencetakan label inventaris dari setiap barang yang diterima.
Pada menu ini dapat dibuat data spesifikasi barang-barang yang telah diterima dari menu Terima Barang.
Untuk membuka menu, klik Inventory, Transaksi, Inventaris & Pelabelan

    1. Pilih salah satu data pada Informasi Terdata, kemudian klik Edit untuk membuat spesifikasi barang, dan nomor inventaris. Barang-barang yang ada pada menu ini adalah barang-barang yang diterima pada menu Terima Barang. Setiap barang berjumlah sesuai dengan barang yang diterima. Jadi jika diterima 10 barang A, maka pada menu ini akan ada 10 data barang A. Masing-masing barang belum memiliki nomor inventaris.
    2. Pada Informasi Barang akan muncul informasi dari barang tersebut yang didapat dari menu Terima Barang, yaitu Nomor Penerimaan, Nama Barang, Satuan, Tanggal Terima, Supplier (dari mana barang tersebut diterima, karena barang yang sama bisa diterima dari berbagai supplier), dan Alamat Supplier.
    3. Pada Inventaris, Nomor Inventaris akan terisi secara otomatis dan urut sesuai dengan kategori barang. Isikan Tanggal Inventaris, Harga Sekarang, Status, Kondisi, dan Status Aktif. Jika status dipilih Tidak Aktif, maka barang inventaris tersebut tidak akan muncul pada transaksi inventory.
      Harga Dasar didapatkan dari harga pada menu Terima Barang (yang didapat dari harga dasar untuk penerimaan barang tersebut).
      Harga Perolehan didapatkan dari menu Terima Barang, yaitu harga barang tersebut ketika diterima ditambah dengan biaya lain-lain, dan PPN.
      Harga Sekarang adalah harga dari barang tersebut saat ini yang ditentukan sendiri.
    4. Pada Spesifikasi Barang, isikan spesifikasi yang ada (disetting pada menu Master Spesifikasi Barang) dengan double klik pada spesifikasi barang dan isikan nilainya. Klik Update untuk menyimpan spesifikasi.
    5. Pastikan semua kolom yang bertanda bintang (*) sudah terisi semua. Klik Simpan untuk menyimpan data spesifikasi barang.
    6. Pada Informasi Terdata, data yang sudah tersimpan akan memiliki nomor inventarisnya masing-masing yang berbeda satu sama lain. Pilih pada salah satu data, kemudian klik Cetak untuk mencetak label seperti berikut:

Maret 10, 2017   517    FAQ Fitur, User Manual HIS    
Total 0 Votes:

Tell us how can we improve this post?

+ = Verify Human or Spambot ?

Anda Punya Pertanyaan ?

You will get a notification email when Knowledgebase answerd/updated!

+ = Verify Human or Spambot ?