Menu Terima Barang berfungsi untuk mendata penerimaan barang, baik melanjutkan order yang dipesan kepada supplier sebelumnya pada menu Order Barang, ataupun penerimaan yang didapat tanpa melalui order.
Pada menu ini dapat dibuat terima barang baru, mengedit, dan menghapus data terima.
Untuk membuka menu, klik Inventory, Transaksi, Terima Barang.

    1. Klik Tambah pada Informasi Terdata untuk menambah data terima barang baru, atau pilih pada salah satu data, kemudian klik Edit untuk mengedit data yang sudah ada.
    2. Untuk penerimaan barang yang didapat dari order pada menu Order Barang, ketikkan Nomor Order dari Order Barang, sementara untuk penerimaan barang yang didapat tanpa order, Nomor Order dapat dikosongkan.
    3. Nomor Penerimaan akan terisi secara Auto ketika data disimpan. Isikan Tanggal Terima Barang, Jenis Barang (disetting pada menu Jenis Barang, jika penerimaan didapat dari order, Jenis Barang akan otomatis muncul), nama Supplier (disetting pada menu Supplier, jika penerimaan didapat dari order, Supplier dan Alamat supplier akan otomatis muncul), Nomor Faktur, Nama Pengirim, dan Keterangan.
    4. Pada Detail Terima Barang, untuk penerimaan yang dilakukan dengan order, nama-nama barang akan otomatis muncul sesuai dengan yang diorder. Sedangkan untuk penerimaan yang dilakukan tanpa order, klik Add untuk menambah barang-barang yang diterima. Isikan Nama Barang, Satuan (disetting pada menu Satuan), Jumlah yang diterima, Harga, dan Diskon. Sub total akan otomatis menampilkan total harga dari barang tersebut. Klik Update untuk menyimpan data barang. Jika harga barang yang diinputkan lebih tinggi dari harga barang yang ada pada Master Barang, harga pada Master Barang otomatis akan berubah mengikuti harga termahal barang tersebut.
    5. Total dari semua sub total masing-masing barang akan muncul pada Total. Pada Isikan Biaya Lain jika ada, maka pada Total + PPN akan dijumlahkan total harga yang harus dibayarkan dari sub total harga barang ditambah dengan biaya lain-lain dan PPN sebesar 10%.
    6. Tombol “Belum PPN” berarti Total belum ditambahkan dengan PPN, sehingga pada Total + PPN akan otomatis ditambahkan 10%. Sedangkan “Sudah PPN” berarti Total sudah ditambahkan PPN, sehinggan pada Total + PPN tidak perlu lagi ditambahkan 10%.
    7. Pastikan semua kolom yang bertanda bintang (*) sudah terisi semua. Klik Simpan & Cetak untuk menyimpan data terima barang dan mencetak Surat Penerimaan Barang.

  1. Jika penerimaan barang dibuat dari order pada menu Order Barang, maka data order barang akan berubah statusnya dari “Dipesan” menjadi “Tertutup”.
  2. Jika ingin membuat data penerimaan barang dengan jenis barang yang berbeda dari supplier yang sama, maka perlu membuat Terima Barang yang berbeda, karena 1 data penerimaan hanya akan mengorder barang-barang dengan jenis yang sama.
  3. Jika ingin mencetak data yang sudah tersimpan, pilih pada data, kemudian klik Edit. Klik tombol Cetak yang ada di sebelah tombol Simpan & Cetak. Data yang sudah tersimpan tidak akan bisa diubah, dan hanya dapat dicetak saja.
  4. Untuk mengahapus data penerimaan, pilih pada salah satu data, kemudian klik Hapus.

Maret 10, 2017   464    FAQ Fitur, User Manual HIS    
Total 0 Votes:

Tell us how can we improve this post?

+ = Verify Human or Spambot ?

Anda Punya Pertanyaan ?

You will get a notification email when Knowledgebase answerd/updated!

+ = Verify Human or Spambot ?