Aplikasi Fasilitas Kesehatan
25 February 2021
Wahyu Rizal

Ketersediaan Obat Dalam Manajemen Apotek

Apotek merupakan suatu tempat yang didalamnya terdapat suatu proses kefarmasian. Artinya di dalam apotek terdapat suatu kegiatan seperti distribusi obat, peracikan, penyimpanan, dan pengadaan obat. Tentunya hal tersebut juga termasuk kedalam kelompok manajemen apotek.

Kegiatan Pengelolaan Ketersediaan Obat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika ketersediaan suatu obat didalam apotek merupakan salah satu hal yang masuk kedalam manajemen apotek. Dalam proses ketersediaan obat juga meliputi beberapa hal seperti perencanaan, pengadaan, penerimaan, penyimpanan, pemusnahan, pengendalian, pencatatan, hingga pelaporan. Berikut ini adalah penjelasannya.

Baca juga : Tingkatkan Jumlah Kunjungan Pasien dengan Layanan Booking Online

  • Perencanaan

Perencanaan persediaan obat di dalam apotik memiliki tujuan agar bisa memenuhi kebutuhan obat dalam jangkauan waktu tertentu. Tentunya dalam tahap ini diperlukan sebuah prosedur yang dilakukan. Berikut adalah penjelasannya.

  1. Tahap pertama adalah pemilihan obat. Dimana dalam tahap ini dipilih berdasarkan pola obat, pola konsumsi dari masyarakat, budaya, dan kemampuan daya beli.
  2. Tahap rekapitulasi pemakaian obat juga diperlukan, hal ini agar apotek tahu bagaimana respon masyarakat terhadap obat yang dijual.
  3. Perhitungan kebutuhan obat memang sangat diperlukan. Dalam tahap ini dapat diambil dari analisis trend selama jangkauan waktu 3 tahun sebelumnya atau lebih.
  4. Tahap proyeksi kebutuhan merupakan suatu tahap yang mempertimbakan data dari jumlah pemakaian obat dan jumlah ketersediaan stok obat.
  • Pengadaan

Jika tahap perencanaan sudah selesai sesuai dengan prosedur yang berlaku. Maka tahap berikutnya adalah melakukan pengadaan obat tersebut. Dimana tahap ini bisa dilakukan dengan cara pembelian atau pemesanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  • Penerimaan

Dalam proses penerimaan ini pihak apotek akan melakukan sebuah pengukuran terhadap obat yang datang. Hal ini dilakukan agar pihak apotik mengetahui obat yang dipesan apakah sudah sesuai dengan obat yang dikirim.  

Dalam tahap ini juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti mutu obat, jumlah yang dipesan, spesifikasi dari obat, waktu, harga, dan penyerahan.

  • Penyimpanan

Ketika obat sudah sampai di dalam apotik. Maka tahap penyimpanan memang harus diperhatikan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang harus diperhatikan ketika melakukan penyimpanan obat.

  1. Obat harus ditempatkan pada wadah asli pabrik.
  2. Obat harus disimpan pada kondisi yang sesuai dengan anjuran
  3. Dipisahkan sesuai dengan kelas
  4. Pengeluaran obat harus sesui dengan sistem FEFO
  5. Obat seperti Narkotika dan Psikotropika harus disimpan dalam lemari khusus
  • Pemusnahan

Jika jangkauan waktu penyimpanan obat sudah melewati waktu 5 tahun. Maka obat tersebut harus segera dimusnahkan.

  • Pengendalian

Dalam proses pengendalian prose obat diperlukan sebuah kartu stok. Di Dalam kartu stok tersebut memuat nama obat, tanggal kadaluarsa, jumlah pemasukan, jumlah pengeluaran, dan sisa persediaan.

  • Pencatatan dan Pelaporan

Pencatatan dan pelaporan memang sangat diperlukan. Didalam kegiatan ini berisi semua tahap administrasi yang pernah dilakukan. Dengan menggunakan beberapa faktor diatas tentunya management apotek akan lebih terjamin.

Baca juga : Modul Farmasi Trustmedis

Penggunaan SIM Farmasi juga akan mendukung proses layanan pasien, yakni demi membantu proses pengadaan obat, manajemen stok, pemusnahan hingga transaksi obat. Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  https://trustmedis.com/demo. Atau klik tombol dibawah ini 

Coba Gratis Aplikasi

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
24 June 2021
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda Memilih sistem manajemen keuangan untuk penagihan bisa jadi rumit. Ada begitu banyak pilihan yang berbeda, dan kita mungkin bingung apa yang harus dicari untuk membuat keputusan yang tepat. Dalam prakteknya, kita harus mempelajari semua yang perlu kita ketahui tentang software atau sistem manajemen keuangan untuk memudahkan [...]
Read More
23 June 2021
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien Manajemen rumah sakit yang baik dapat menjadi pembeda dan juga meningkatkan kunjungan pasien. Dengan manajemen rumah sakit yang baik, kualitas perawatan pasien akan semakin meningkat. Dalam tatanan pelayanan, koordinasi antar departemen merupakan jiwa dari manajemen rumah sakit. Tidak hanya pelayanan langsung kepada pasien, manajemen rumah sakit berkaitan [...]
Read More
22 June 2021
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time   Menghadapi era globalisasi yang ditandai dengan perubahan cepat dalam pelayanan kesehatan, pertumbuhan persaingan antar rumah sakit yang tajam serta kesempatan 'investasi perubahan', membutuhkan Sistem Informasi Manajemen faskes yang handal agar kita tidak tertinggal. Belum lagi di masa pandemi seperti ini, meningkatnya kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram