Aplikasi Fasilitas Kesehatan
17 March 2020
Baskoro Aris Sansoko

Wabah virus corona semakin meluas di berbagai negara. Hingga saat ini sudah puluhan ribu orang yang menunjukkan gejala corona sesuai dengan ICD-10. Bahkan di Indonesia, jumlah pasien yang positif virus corona menyentuh angka 117 orang hingga 16 Maret 2020. Jumlah ini mengalami kenaikan hingga lebih dari 100% sejak awal diumumkan terdapat warga Indonesia yang terkena virus corona pada 2 Maret 2020.

Virus corona sendiri mulai diperbincangkan pertama kali saat melanda kota Wuhan di China pada bulan Januari 2020. Pada saat awal kemunculannya, virus corona sudah menelan 3 korban jiwa. Virus ini semakin membuat banyak orang khawatir karena penyebarannya yang cukup cepat. Dalam waktu dua pekan sejak awal kemunculannya, sudah ratusan orang yang terdeteksi positif terkena virus corona.

Dalam beberapa gejala yang terjadi di dalam virus corona, ada beberapa istilah yang mempunyai kode di dalam ICD-10. ICD-10 sendiri merupakan buku yang memuat klasifikasi internasional penyakit revisi ke-10. ICD-10 ditetapkan oleh WHO pada bulan Mei 1990. ICD dapat diakses di website resmi WHO.

Kode Gejala Corona di ICD-10

Dalam gejala yang terjadi di dalam virus corona terdapat kode-kode untuk menyebutnya dalam istilah medis. Kode gejala corona yang ada di dalam virus corona yaitu seperti berikut ini:

  • Pneumonia yang disebabkan oleh virus corona mempunyai kode J12.89 dan B97.29
  • Kemudian untuk sepsis karena virus corona mempunyai kode A41.89 dan B97.29
  • Infeksi lainnya karena virus corona mempunyai kode ICD-10 yaitu B34.2
  • Kontak yang terjadi dengan paparan virus menular yaitu Z20.828

Awal mula Virus Corona

Virus corona diketahui muncul pertama kali di area pasar hewan dan makanan laut yang ada di Kota Wuhan. Muncul banyak laporan banyak orang yang terkena virus ini setelah mengunjungi pasar hewan dan makanan laut ini. Di pasar ini dijual berbagai makanan hewan liar seperti kelelawar, ular dan makanan laut lainnya.

Corona Merupakan Jenis Virus Baru

Virus corona merupakan virus jenis baru. Virus ini disebut dengan nama ilmiah 2019 Novel Coronaviurs (2019-nCoV) atau Covid-19. Menurut CDC atau Centre Disease Control, virus corona adalah jensi virus yang menyebabkan gangguan pada saluran pernapasan. Meskipun virus ini adalah jenis virus yang baru namun tingkat penyebaran virus ini sangat cepat. Hanya dalam kurun waktu 2 bulan saja sejak ditemukan pertama kali di China, saat ini virus corona sudah menyerang ratusan negara di seluruh dunia. Bahkan saat ini WHO sudah menetapkan virus corona sebagai virus pandemic. Virus pandemic merupakan virus yang mempunyai tingkat penyebaran yang cepat.

Hingga 16 Maret 2020 total terdapat 169.610 pasien yang positif terkena virus corona di 157 negara yang diserang oleh virus. Jumlah tersebut naik drastis sebanyak 11.000 kasus dibandingkan dengan hari sebelumnya yaitu pada 15 Maret 2020. Untuk pasien yang meninggal akibat virus corona menyentuh angka 6.518 orang. Namun meskipun begitu jumlah pasien yang sembuh dari virus corona juga cukup tinggi yaitu sebanyak 77.776 orang.

Gejala Virus Corona

Virus corona tidak menunjukkan gejala tertentu. Sebaliknya virus corona mempunyai gejala-gejala yang hampir seperti penyakit pernapasan pada umumnya yaitu meliputi batuk, flu hingga gangguan saluran pernapasan. Gejala ini menyebabkan pasien akan mengalami pneumonia yang disebabkan oleh virus corona.

Apabila Anda mengalami atau mengerti ada pasien mengalami gejala-gejala virus corona klik link berikut ini. Mari kita menjaga diri dari virus corona!

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
24 June 2021
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda Memilih sistem manajemen keuangan untuk penagihan bisa jadi rumit. Ada begitu banyak pilihan yang berbeda, dan kita mungkin bingung apa yang harus dicari untuk membuat keputusan yang tepat. Dalam prakteknya, kita harus mempelajari semua yang perlu kita ketahui tentang software atau sistem manajemen keuangan untuk memudahkan [...]
Read More
23 June 2021
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien Manajemen rumah sakit yang baik dapat menjadi pembeda dan juga meningkatkan kunjungan pasien. Dengan manajemen rumah sakit yang baik, kualitas perawatan pasien akan semakin meningkat. Dalam tatanan pelayanan, koordinasi antar departemen merupakan jiwa dari manajemen rumah sakit. Tidak hanya pelayanan langsung kepada pasien, manajemen rumah sakit berkaitan [...]
Read More
22 June 2021
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time   Menghadapi era globalisasi yang ditandai dengan perubahan cepat dalam pelayanan kesehatan, pertumbuhan persaingan antar rumah sakit yang tajam serta kesempatan 'investasi perubahan', membutuhkan Sistem Informasi Manajemen faskes yang handal agar kita tidak tertinggal. Belum lagi di masa pandemi seperti ini, meningkatnya kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram