Aplikasi Fasilitas Kesehatan
24 March 2020
Baskoro Aris Sansoko

Indonesia menjadi salah satu negara dengan penyebaran dan tingkat kematian akibat wabah virus corona terbesar di Asia Tenggara. Berdasarkan per tanggal 19 Maret 2020 menyebutkan jika ada sekitar 309 orang kasus positif virus corona sebagaimana diungkapkan oleh Juru Bicara Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto yang dilansir dari Liputan6. Hal ini membuat berbagai instansi mulai menerapkan kebijakan bekerja dari rumah. Meski begitu, Anda tetap bisa produktif dan selalu update informasi dengan menggunakan kanal komunikasi publik berikut ini.

Website Resmi Kementerian Kesehatan

Kanal untuk mendapatkan informasi publik secara valid terkait perkembangan virus corona yang pertama adalah portal miliki Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Ini penting bagi Anda untuk memantaunya. Sebab, tidak jarang semakin derasnya arus informasi membuat pemberitaan pun menjadi semakin ramai. Dari situ, muncul pula kesimpangsiuran data yang ada.

Bahkan, ada pula platform yang mengandung unsur hoax. Maka, website resmi tersebut setidaknya menjadi salah satu yang dapat dipercaya. Selain itu, di website tersebut juga terdapat bagaimana langkah dan antisipasi yang harus dilakukan dalam menghadapi wabah virus corona ini.

Gunakan Platform Webex untuk Rapat Virtual

Bagi sebagian tenaga medis, terkadang membutuhkan koordinasi yang cepat dalam melakukan tindakan yang berkaitan dengan wabah virus corona ini. Misalnya saja untuk rapat terbatas antar daerah. Tentu saja rapat yang melibatkan tatap muka dikurangi. Namun, bukan berarti Anda tidak melaksanakannya dengan baik. Salah satunya Anda bisa melakukannya dengan menggunakan platform WebEx.

Keunggulan dari fitur ini adalah memiliki fitur keamanan terbaik untuk melindungi data-data penting. Selain itu dapat digunakan untuk video conference yang stabil. Kualitas gambarnya pun sangat baik dan tajam dengan adanya fitur Full HD. Dengan begitu, ketika para pihak terkait melakukan koordinasi dalam penanganan virus corona dapat dilakukan dengan mudah dan segera tertangani dengan baik.

Whatsapp dan Kanal Komunikasi Publik Lainnya

Sudah tidak dipungkiri lagi jika WhatsApp banyak digunakan oleh sebagian besar orang untuk komunikasi publik. Baik itu dengan sesama pengguna satu orang maupun bersama-sama dalam grup. Selain digunakan untuk fitur chat, WhatsApp juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara maupun video. Sehingga, dapat digunakan sebagai kanal informasi yang mudah saat bekerja dari rumah.

Meski begitu, Anda tetap harus waspada sebab lewat WhatsApp pula lah terkadang ada orang-orang tak bertanggung jawab yang menyebarkan berita bohong. Kanal lainnya yang tidak kalah bermanfaat untuk Anda gunakan adalah Telegram, yang sebenarnya memiliki fitur hampir sama dengan WhatsApp untuk berkomunikasi di kala wabah virus corona semakin meluas.

Gunakan Fitur Google

Terakhir, kanal informasi yang dapat Anda gunakan dalam berkomunikasi selama wabah virus corona adalah memanfaatkan fitur yang dimiliki oleh Google. Di sini ada beberapa fitur di antaranya adalah Google Drive yang dapat mengirimkan dan menyimpan data Anda secara virtual. Anda pun bisa berbagi dengan rekan kerja dan orang lain untuk mengirimkan file atau data yang dibutuhkan.

Di Google Drive ini juga memiliki beberapa platform office yang memudahkan untuk bekerja. Misalnya layanan Excel untuk online begitu juga dengan Google Docs. Layanan tersebut bisa digunakan untuk menulis dan mengdeit dokumen secara online dan dapat diakses di mana saja selama terkoneksi dengan internet. Selain itu, fitur ini juga aman dan hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu yang memiliki akses untuk berbagi. Untuk menggunakannya, Anda bisa melihat pada laman Make Use Of.

Setidaknya, itulah beberapa kanal informasi yang bisa Anda gunakan selama bekerja dari rumah dan memperoleh informasi perkembangan terkini terkait wabah virus corona. Semoga bermanfaat, dan tetap tingkatkan kewaspadaan dengan mencuci tangan menggunakan sabun, mengenakan masker saat keluar rumah, dan perhatikan jarak aman saat kontak langsung dengan seseorang dan tempat keramaian.

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
24 June 2021
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda Memilih sistem manajemen keuangan untuk penagihan bisa jadi rumit. Ada begitu banyak pilihan yang berbeda, dan kita mungkin bingung apa yang harus dicari untuk membuat keputusan yang tepat. Dalam prakteknya, kita harus mempelajari semua yang perlu kita ketahui tentang software atau sistem manajemen keuangan untuk memudahkan [...]
Read More
23 June 2021
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien Manajemen rumah sakit yang baik dapat menjadi pembeda dan juga meningkatkan kunjungan pasien. Dengan manajemen rumah sakit yang baik, kualitas perawatan pasien akan semakin meningkat. Dalam tatanan pelayanan, koordinasi antar departemen merupakan jiwa dari manajemen rumah sakit. Tidak hanya pelayanan langsung kepada pasien, manajemen rumah sakit berkaitan [...]
Read More
22 June 2021
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time   Menghadapi era globalisasi yang ditandai dengan perubahan cepat dalam pelayanan kesehatan, pertumbuhan persaingan antar rumah sakit yang tajam serta kesempatan 'investasi perubahan', membutuhkan Sistem Informasi Manajemen faskes yang handal agar kita tidak tertinggal. Belum lagi di masa pandemi seperti ini, meningkatnya kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram