Aplikasi Fasilitas Kesehatan
13 July 2020
Wahyu Rizal

Klinik yang berada dalam keadaan stagnasi dapat membuat bisnis menjadi tidak berkembang. Hal tersebut dapat terjadi akibat kreativitas dan inovasi yang tidak berkembang sehingga mengakibatkan keadaan klinik mengalami stagnan. Masalah stagnasi di dalam bisnis merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pengusaha.

Kondisi seperti ini jika tidak segera diperbaiki, maka semakin lama dapat mengganggu kesehatan bisnis klinik itu sendiri. Sehingga bisnis akan tertinggal jauh, kompetitor yang kian melesat, dan konsumen yang beralih pada kompetitor.

Bagaimana langkah yang harus ditempuh agar klinik tidak stagnan? simak beberapa tips di bawah ini : 

Evaluasi

Melakukan review dan evaluasi terhadap semua kegiatan usaha dalam satu bulan terakhir. Apakah dalam periode tersebut ada kesalahan kebijakan yang diambil? Atau apakah ada bagian dalam klinik yang tidak sehat? Pastikan bahwa semua proses telah berjalan sesuai standar operasional.

Review strategi pemasaran

Mereview strategi pemasaran, apakah masih relevan dengan kondisi saat ini atau harus diperbarui. Untuk itu, sikapi persaingan bisnis dengan cara yang positif, yaitu dengan menciptakan ide-ide baru yang inovatif untuk mengembangkan bisnis. Penyebab lainnya adalah market sudah maksimal sehingga pendapatan cenderung stagnan. Untuk menjangkau market yang lebih luas, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuka cabang baru.

Beberapa masalah yang sering menjadi penyebab klinik stagnan di antaranya adalah adanya pesaing atau kompetitor yang lebih baik. Jika seorang pebisnis tidak mampu berkompetisi, maka bisnis yang dijalankan akan cenderung stagnan, atau bahkan mengalami kemunduran.

Kaji ulang sistem

Mengkaji ulang sistem yang diterapkan dalam bisnis. Apakah sistem yang diterapkan masih applicable atau tidak. Apakah sistem tersebut mendukung adanya inovasi, dan bagaimana efektivitas dan efisiensi sistem tersebut. Dalam perkembangan dunia digital, inovasi untuk mendukung kemajuan klinik adalah penting. Performa kualitas sistem dan layanan klinik harus terus meningkat terkait penguatan citra merek atau brand image.

Saat ini mayoritas klinik terlihat belum menerapkan sistem elektronik kesehatan (E-Health) untuk meningkatkan kualitas layanannya. Sesuai dengan tuntutan pasar layanan kesehatan, sebuah klinik dinilai perlu untuk mengintegrasikan sistem online, termasuk dengan telah dimulainya era BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) yang bersifat nasional.

Untuk mengatasi permasalahan sistem dan layanan klinik khususnya terkait koordinasi sumber daya klinik yang cukup rumit, Trustmedis adalah solusinya. Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan

Trustmedis

Trustmedis merupakan sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) dengan tiga jenis pelayanan yakni e-Doctor, e-Clinic, dan e-Hospital. Selain itu, terdapat modul rawat inap, rawat jalan, IGD, farmasi, penunjang medis, administrator, keuangan, human resource management (HRM), costumer relationship management (CRM), bank darah, instalasi gizi, manajemen, inventori, dan akuntansi.

Trustmedis memiliki sistem yang sudah terintegrasi dengan BPJS Kesehatan, hal ini dapat membantu seluruh peserta karena ada catatan rekam medis yang tersimpan dan bisa diakses oleh seluruh fasilitas kesehatan yang sudah menjadi rekanan BPJS. Trustmedis menawarkan sejumlah keunggulan antara lain, aplikasi berbasis web, menggunakan software development model Hierarichal Model View Controller (HMVC), bisa membuat Application Programming Interface (API). Dari sisi user interface, ada sistem validasi sehingga dapat meminimalisir human error saat memasukkan data.

Dapatkan aplikasi trusmedis GRATIS untuk meningkatkan manajemen klinik anda dengan mengakses https://trustmedis.com/demo. Dengan menggunakan trustmedis, klinik akan mendapatkan sekali kemudahan. Dengan menggunakan Trustmedis secara gratis ini, anda sudah bisa mendapatkan Modul Dashboard, Modul Admisi, Modul Antrian, Modul Rekam Medis, Modul Rawat Jalan, Modul Farmasi, Modul Keuangan, Modul Kepegawaian dan juga Modul BPJS P-Care.

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
24 June 2021
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda Memilih sistem manajemen keuangan untuk penagihan bisa jadi rumit. Ada begitu banyak pilihan yang berbeda, dan kita mungkin bingung apa yang harus dicari untuk membuat keputusan yang tepat. Dalam prakteknya, kita harus mempelajari semua yang perlu kita ketahui tentang software atau sistem manajemen keuangan untuk memudahkan [...]
Read More
23 June 2021
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien Manajemen rumah sakit yang baik dapat menjadi pembeda dan juga meningkatkan kunjungan pasien. Dengan manajemen rumah sakit yang baik, kualitas perawatan pasien akan semakin meningkat. Dalam tatanan pelayanan, koordinasi antar departemen merupakan jiwa dari manajemen rumah sakit. Tidak hanya pelayanan langsung kepada pasien, manajemen rumah sakit berkaitan [...]
Read More
22 June 2021
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time   Menghadapi era globalisasi yang ditandai dengan perubahan cepat dalam pelayanan kesehatan, pertumbuhan persaingan antar rumah sakit yang tajam serta kesempatan 'investasi perubahan', membutuhkan Sistem Informasi Manajemen faskes yang handal agar kita tidak tertinggal. Belum lagi di masa pandemi seperti ini, meningkatnya kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram