Aplikasi Fasilitas Kesehatan
24 March 2020
Baskoro Aris Sansoko

Pada situasi saat ini para pebisnis tentu mengalami kekhawatiran jika melakukan kunjungan bisnis seperti meeting hingga berpergian keluar negeri. Pasalnya wabah corona atau Covid-19 kini sudah menyebar ke seluruh dunia. Tempat ibadah ataupun transportasi massal umum seperti MRT dan bandara, merupakan tempat rentan penularanan Covid-19.

Dampak Negatif Virus Corona Terhadap Kestabilan Perekonomian di Indonesia

Wabah ini juga berdampak negatif pada kestabilan bisnis waralaba khususnya pada bidang biro travel. Bisnis perhotelan dan restoran juga mengalami penurunan pengunjung yang cukup signifikan. Hal ini tentu cukup mengguncang kestabilan ekonomi di Indonesia.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) dibandingkan bulan Desember 2019 jumlah wisatawan mancanegara di Indonesia pada januari 2020 menurun 7,62% yakni 1,27 orang.

Pihak Arab Saudi juga menghentikan sementara Jemaah Umrah pada beberapa negara termasuk Indonesia. Akibatnya pemerintah Indonesia membatalkan pemberangkatan 4.078 jamaah.

Import barang terhambat berisiko naik nya harga barang. Pasalnya di Indonesia banyak pabrik yang mengimpor bahan baku komponen elektronik dari china juga terhambat. Hal ini mengancam naiknya harga barang dipasaran sehinga dapat berakibat pada naiknya inflansi.

Pemerintah menghimbau masyarakat agar sebisa mungkin tidak berpergian ke luar negeri. Hal ini dikarenakan dari 34 kasus positif Covid-19, 21 orang merupakan imported cases dan 13 orang kasus penularanan lokal (11/3/2020).

Melalui surat edaran Dinas Tenaga Kerja, Transmigasi, dan Energi Provinsi DKI Jakarta No 14/SE/2020 pemerintah menghimbau agar perusahaan meberlakukan kerja dari rumah

Alternatif Kunjungan Bisnis di Saat Merebaknya Virus Corona

Meski wabah Covid-19 sedang menyerang dunia namun urusan bisnis harus tetap berjalan. Kepala pimpinan perusahaan juga harus optimal dalam menjalankan kewajibannya.

Namun dengan tetap menjalankan bisnis bukan berarti kita tidak waspada terhadap kondisi saat ini. Maka dari itu kami memberikan alternatif kunjungan bisnis saat wabah Corona, yakni:

Pertama, hindari berpergian ke negara yang paling terdampak Covid-19 seperti China, Itali, Iran, Spanyol, Jerman, dan Korea Selatan. Beradasarkan data World Health Organization (WHO) 6 negara diatas paling terdampak kasus Covid-19.

Di China kasus positif Covid-19 mencapai angka 81.155 dengan kasus meninggal dunia 3.249. Sementara untuk di Itali terdapat 35.713 kasus positif Covid-19 dengan angka kematian mencapai 2.978 orang.

Kedua, selalu bekali diri anda dengan suplemen, obat-obatan pribadi, atau hand sanitizer saat berpergiaan. Menjaga imun tubuh agar tetap sehat merupakan hal yang penting. Hal ini dikarenakan pada dasarnya Covid-19 adalah self limiting disease.

Ketiga, jaga kebersihan diri dan sekitar. Selalu rutin bersihkan alat-alat elektronik yang sering anda pakai. Lakukan etika batuk dan bersin yang benar dengan cara menutup hidung dan mulut menggunakan tissue. Serta rajin mencuci tangan sehabis melakukan aktivitas diluar ruangan

Keempat, hindari kontak fisik seperti berjabat tangan saat bertemu dengan klien bisnis serta memegang wajah. Menolak untuk berjabat tangan, bukan merupakan sikap tidak sopan di situasi seperti ini. Hal ini dikarenakan Covid-19 dapat menular melalui cairan hidung atau mulut.

Kelima, tetap waspada dan selalu berpikir positif. Wabah ini memang telah membuat risau penduduk dunia. Tetapi bukan berarti kita harus khawatir secara berlebihan. Berpikiran positif dan saling memberikan dukungan terhadap orang lain dapat menurunkan beban pikiran.

Maka dari itu selalu pilah informasi yang anda baca atau dengar. Karena pada dasarnya kesehatan mental juga mempengaruhi kesehatan tubuh.

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
24 June 2021
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda Memilih sistem manajemen keuangan untuk penagihan bisa jadi rumit. Ada begitu banyak pilihan yang berbeda, dan kita mungkin bingung apa yang harus dicari untuk membuat keputusan yang tepat. Dalam prakteknya, kita harus mempelajari semua yang perlu kita ketahui tentang software atau sistem manajemen keuangan untuk memudahkan [...]
Read More
23 June 2021
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien Manajemen rumah sakit yang baik dapat menjadi pembeda dan juga meningkatkan kunjungan pasien. Dengan manajemen rumah sakit yang baik, kualitas perawatan pasien akan semakin meningkat. Dalam tatanan pelayanan, koordinasi antar departemen merupakan jiwa dari manajemen rumah sakit. Tidak hanya pelayanan langsung kepada pasien, manajemen rumah sakit berkaitan [...]
Read More
22 June 2021
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time   Menghadapi era globalisasi yang ditandai dengan perubahan cepat dalam pelayanan kesehatan, pertumbuhan persaingan antar rumah sakit yang tajam serta kesempatan 'investasi perubahan', membutuhkan Sistem Informasi Manajemen faskes yang handal agar kita tidak tertinggal. Belum lagi di masa pandemi seperti ini, meningkatnya kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram