Aplikasi Fasilitas Kesehatan
4 May 2021
Wahyu Rizal

Langkah Membuat Pasien Nyaman Saat Berkunjung ke Faskes

Berapa lama waktu yang bisa pasien Anda terima ketika harus menunggu antrian di ruang tunggu? Apakah 5, 15, atau bahkan 30 menit? Apakah Anda merasa waktu tunggu yang pasien Anda alami terlalu lama? Lalu bagaimana jika waktu mengantri yang pasien Anda alami dalam kondisi tubuh yang kurang sehat? Itulah mengapa kita sebagai penyedia layanan fasilitas kesehatan harus terus berupaya untuk melakukan peningkatan pelayanan terbaik demi kenyamanan pasien dan juga mengatur jadwal pasien agar tidak menunggu terlalu lama.

Dalam beberapa study mengatakan, selain waktu tunggu yang terlalu lama, ruang tunggu sendiri ternyata mendapat peringkat teratas dalam daftar faktor kenyamanan pasien saat mengantri. Sebuah penelitian juga ngungkapkan bahwa konsumen atau pasien menganggap menunggu membuat meerka menjadi tidak aktif, membuang-buang waktu dan hilangnya kesempatan. Oleh karena itu, jika belum bisa memangkas waktu tunggu bagi pasien, sebisa mungkin mengoptimalkan ruang tunggu Anda dengan desain yang membuat pasien merasa nyaman. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda terapkan agar pasien merasa nyaman saat berkunjung ke faskes.

  1. Ruang tunggu yang nyaman

Mendesain dan menata ruang tunggu adalah salah satu hal yang penting untuk kenyamanan pasien. Desain dan tata ruang tunggu yang nyaman juga dapat memberikan kesan pertama yang baik bagi pasien. Ruangan tunggu memang semestinya memberikan kesan menarik dan nyaman untuk ditempati oleh paien, baik itu dengan konsep terbuka maupun tertutup. Hindari memberikan kesan yang monoton dan malah membuat jenuh pada ruangan tunggu. Anda bisa memilih kursi yang minimalis tetapi tetap nyaman. Selanjutnya Anda bisa menambahkan fasilitas penunjang seperti TV, majalah, dan koran agar tidak terlalu membosankan jika pasien menunggu lama.

  1. Mengelola antrian

Sistem pengambilan nomor antrian, mungkin bukan lagi yang harus dilakukan untuk mengelola antrian. Justru dengan menampilkan sistem manajemen antrian di ruang tunggu akan membuat orang merasa secara fisik terikat pada tempat tersebut. Fitur waktu tunggu akan selalu ditampilkan di banyak tempat, tidak hanya di atas meja saja. Fitur di sebuah smartphone saat ini juga sudah mulai menyediakan informasi seperti jumlah antrian, jenis-jenis obat, dan juga fitur manajemen kesehatan lainnya.

  1. Jangan biarkan pasien menunggu lama

Poin ini sangatlah penting. Bayangkan saja jika ada seorang pasien yang benar-benar dalam kondisi lemah masih harus menunggu dan mengantri hanya untuk pendaftaran. Belum lagi saat pengambilan obat pasien masih harus menunggu lama dikarenakan sistem fasilitas kesehatan yang tidak efisien dan ruwet. Oleh karena itu, jangan biarkan pasien Anda merasa kesal karena menunggu lama. Gunakan sistem software rumah sakit yang terintegrasi dan cepat sehingga akan menunjang kinerja karyawan efektif dan juga efisien.

Melihat 3 faktor diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa kenyaman pasien dapat didapatkan dari kecepatan dalam pelayanan. Oleh karena itu, layanan booking online adalah salah satu solusi tepat agar pelayanan kepada pasien lebih efektif dan juga efisien. Trustmedis sebagai aplikasi kesehatan online nomor satu di Indonesia, memberikan layanan booking online yang lebih mudah, efektif dan efisien demi kenyamanan pasien dan juga untuk meningkatkan jumlah kunjungan pasien. Dengan fitur booking online dari Sistem Informasi Manajemen (SIM) Trustmedis, faskes akan membantu pasien untuk booking dokter dengan lebih mudah dan praktis.

Beberapa kemudahan yang didapatkan dengan menggunakan fitur booking online SIM Trustmedis adalah:

  • Booking online Trustmedis berdasarkan jadwal dokter
  • Petugas admisi hanya melakukan verifikasi untuk kedatangan pasien
  • List booking pasien ditampilkan secara real time
  • Setting jadwal dokter dapat dilakukan dengan mudah
  • Halaman booking dokter mudah diakses pasien (tidak perlu lagi menginstal aplikasi)

Dengan menggunakan fitur booking dokter secara online SIM Trustmedis, pasien dapat mengetahui jadwal dokter secara akurat. Selain itu, pasien juga dapat mengetahui perkiraan jam layanan yang diperoleh, sehingga dapat mengurangi resiko antrian yang terlalu lama di klinik. Hal ini juga akan meningkatkan kenyamanan pasien dengan menunggu di rumah dengan tenang dan berangkat saat mendekati waktu pelayanan. Fitur booking dokter online SIM trustmedis juga sudah terintegrasi dengan unit lain seperti MCU (Medical Check Up), Laboratorium, Radiologi, Hemodialisa, dan juga unit lain yang dirasa perlu untuk diintegrasikan. 

Saat fasilitas kesehatan menerima pendaftaran pasien, proses verifikasi pendaftaran pun harus dilakukan dengan cermat dan akurat. Trustmedis membantu Anda untuk memudahkan dan mempercepat proses tersebut. Sudah saatnya untuk memberikan pelayanan pendaftaran pasien dengan mudah dan praktis untuk pekerjaan admisi yang lebih efisien. Dengan fitur ini, semua pasien dapat dengan mudah melakukan pendaftaran serta melakukan monitoring antrian pasien secara real time, baik pasien umum, BPJS, perusahaan, asuransi dll. 

Trustmedis terus mengembangkan Sistem Informasi Manajemen dan aplikasi pendukung lainnya berdasarkan penelitian dan saran dari faskes yang bekerjasama dengan kami. Jika update tersedia, Anda tidak perlu membayar lagi untuk menikmati update terbaru dari kami. Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan.

Baca juga : Aplikasi Klinik Online Terbaik

Trustmedis terus mengembangkan Sistem Informasi Manajemen dan aplikasi pendukung lainnya berdasarkan penelitian dan saran dari faskes yang bekerjasama dengan kami. Jika update tersedia, Anda tidak perlu membayar lagi untuk menikmati update terbaru dari kami. Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan. Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap.Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  https://trustmedis.com/demo. Atau klik tombol dibawah ini 

Coba Gratis Aplikasi

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
24 June 2021
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda Memilih sistem manajemen keuangan untuk penagihan bisa jadi rumit. Ada begitu banyak pilihan yang berbeda, dan kita mungkin bingung apa yang harus dicari untuk membuat keputusan yang tepat. Dalam prakteknya, kita harus mempelajari semua yang perlu kita ketahui tentang software atau sistem manajemen keuangan untuk memudahkan [...]
Read More
23 June 2021
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien Manajemen rumah sakit yang baik dapat menjadi pembeda dan juga meningkatkan kunjungan pasien. Dengan manajemen rumah sakit yang baik, kualitas perawatan pasien akan semakin meningkat. Dalam tatanan pelayanan, koordinasi antar departemen merupakan jiwa dari manajemen rumah sakit. Tidak hanya pelayanan langsung kepada pasien, manajemen rumah sakit berkaitan [...]
Read More
22 June 2021
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time   Menghadapi era globalisasi yang ditandai dengan perubahan cepat dalam pelayanan kesehatan, pertumbuhan persaingan antar rumah sakit yang tajam serta kesempatan 'investasi perubahan', membutuhkan Sistem Informasi Manajemen faskes yang handal agar kita tidak tertinggal. Belum lagi di masa pandemi seperti ini, meningkatnya kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram