Aplikasi Fasilitas Kesehatan
20 December 2021
Wanda Putri

Laporan keuangan merupakan salah satu elemen penting suatu bisnis dan memberikan insight bagi pelaku bisnis.

Tanpa laporan keuangan, kita tidak bisa mengetahui perkembangan bisnis yang sedang dijalani.

Sistem akuntansi fakses lebih rumit dibandingkan sistem akuntansi sektor usaha lainnya. Sering kali dalam prosesnya terjadi kesalahan. Oleh karena itu, kesalahan dalam penyusunan laporan perlu dihindari agar laporan keuangan faskes yang dihasilkan akurat.

Kesalahan dalam membuat laporan keuangan:

1. Kesalahan pencatatan

Kesalahan pencatatan sering terjadi di lapangan. Ketidaktelitian menjadi penyebab utama. Misalnya, pasien membayar tunai, namun keliru menjadi pembayaran kredit. Hal ini berdampak pada jumlah hutang dan kas.

2. Kesalahan perhitungan harga pokok penjualan

Perhitungan HPP sering terjadi di unit farmasi sering terjadi kesalahan. Kesalahan biasanya terjadi di perhitungan harga dari PBF dengan atau tanpa pajak serta penentuan HNA yang kemudian berpengaruh pada HPP.

3. Kesalahan perhitungan persediaan barang

Di setiap akhir periode, faskes melakukan perhitungan persediaan barang baik barang habis pakai di poli atau unit lainnya dan stok fisik di unit farmasi. Perhitungan persediaan barang secara fisik mengacu pada laporan persediaan sebelumnya. Kesalahan perhitungan di akhir periode dapat berdampak pada neraca.

Faktor pemicu munculnya kesalahan di atas:

Kesalahan manusia atau human error, ketidakjujuran suatu pihak, dan kesalahan input dan interpretasi angka.

Nah, dalam proses bisnis faskes terdapat beberapa siklus transaksi sebagai acuan pembuatan laporan keuangan rumah sakit yang perlu dipahami oleh setiap karyawan.

Siklus transaksi di rumah sakit:

1. Siklus pendapatan -- terkait dengan pemberian jasa pelayanan kepada pasien dan penerimaan pembayaran pasien atau tagihan dari pihak lain.

2. Siklus pengeluaran -- terkait dengan pengadaan barang dan/atau jasa dan pelunasan utang dan kewajibannya.

3. Siklus pelayanan -- terkait dengan transformasi sumber daya rumah sakit. menjadi jasa pelayanan rumah sakit.

4. Siklus keuangan -- terkait dengan perolehan dan pengelolaan capital fund (dana modal), seperti modal kerja (sumber dana kas atau dana likuid lainnya) dan sumber dana jangka panjang.

5. Siklus pelaporan keuangan -- memperoleh data operasi dan akuntansi dari siklus di atas dan memprosesnya menjadi laporan keuangan sesuai dengan prinsip akuntansi.

 

Membuat laporan keuangan rumah sakit atau jenis faskes lainnya hendaklah akurat dan rinci. Jika tidak, akan berakibat fatal bagi proses bisnis rumah sakit yang hanya disebabkan salah pencatatan atau ketidakpahaman terhadap siklus transaksi. Dengan menggunakan sistem informasi manajemen Anda tinggal input angka di kolom yang tersedia di dalam sistem. Pembuatan laporan juga dilakukan secara otomatis dengan memasukkan filter sesuai kebutuhan. Misalnya, berdasarkan karyawan yang bertugas, shift, dokter yang bertugas, atau unit terkait. Dengan demikian, kesalahan pencatatan juga dapat diminimalisir dan laporan keuangan akan akurat.

Trustmedis, sebagai penyedia sistem informasi manajemen rumah sakit atau HIS menjadi pilihan yang dapat membantu Anda membuat laporan keuangan faskes. Anda dapat mempelajari selengkapnya tentang dashboard laporan rumah sakit di modul keuangan HIS Trustmedis. Dapatkan coba GRATIS menggunakan HIS Trustmedis untuk pengalaman pengelolaan faskes yang lebih baik.

COBA GRATIS

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
27 January 2022
Keunggulan HIS Trustmedis sebagai Aplikasi Rumah Sakit
Aplikasi rumah sakit - Peralihan operasional manual di rumah sakit ke sistem digital (aplikasi rs online) memang tidak semudah membalikkan tangan, namun implementasi aplikasi rs bukan suatu ketidakmungkinan. Pertanyaan yang sering muncul di kalangan owner atau direksi faskes, Kenapa pakai sistem digital kalau staff sudah memiliki kualitas dan keahlian untuk menjalankan operasional faskes secara manual? [...]
Read More
25 January 2022
BPJS PCare Apa dan Kegunaannya?
BPJS Kesehatan berkomitmen untuk memperbaiki pelayanan kesehatan di Indonesia dengan membentuk BPJS PCare dan resmi beroperasional pada tahun 2014.   Primary Care (PCare) adalah salah satu aplikasi dari BPJS Kesehatan yang menawarkan faskes tingkat pertama, seperti puskemas; klinik; praktek dokter mandiri; ataupun laboratorium rujukan peserta BPJS Kesehatan. Fungsi PCare telah sesuai dengan kebutuhan akses data [...]
Read More
22 January 2022
BPJS Aplicare 101!
42 adalah jumlah Rumah Sakit di Surabaya yang terintegrasi dengan BPJS Aplicare, yang terdiri dari: 41 Rumah Sakit telah mengupdate ketersediaan kamar secara rutin, 1 Rumah Sakit sedang proses integrasi data dan sistem.   Merupakan bentuk keterbukaan informasi tentang faskes baik tingkat 1 maupun tingkat lanjut, sistem ini dapat diakses oleh publik dan dapat diakses [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram