Aplikasi Fasilitas Kesehatan
2 December 2021
Wanda Putri

Setiap fasilitas kesehatan pasti membutuhkan laporan seperti contohnya laporan keuangan klinik atau rumah sakit, sebagai tolak ukur kinerja, bahan evaluasi, dan bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis serta rencana kinerja ke depan.

Jenis-jenis laporan yang dibutuhkan kebanyakan faasilitas kesehatan:
  1. Laporan kunjungan pasien;
  2. Laporan pendapatan dari pelayanan dan farmasi;
  3. Laporan pendapatan faskes; dan
  4. Laporan keuangan secara keseluruhan.

 

Pembuatan laporan keuangan klinik atau rumah sakit menjadi momok tersendiri bagi karyawan karena harus mencari, mengumpulkan, dan menyiapkan data. Terlebih jika faskes memiliki banyak karyawan, tentu tidak sedikit data yang harus dikumpulkan, padahal laporan keuangan klinik atau rumah sakit harus segera disiapkan. Pencatatan dan penyusunan laporan keuangan klinik atau rumah sakit secara manual merupakan langkah yang selama ini biasa dilakukan. Bagi beberapa klinik atau rumah sakit mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah, tetapi bila bisa dilakukan efisiensi, bukankah lebih baik?

 

Sistem Informasi Manajemen atau SIM merupakan suatu sistem teknologi informasi dan komunikasi, yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan pasien dalam bentuk jaringan. Didalamnya terdapat prosedur administrasi yang tepat untuk memperoleh informasi secara akurat dan cepat. Merujuk pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2013, setiap rumah sakit dan klinik wajib memiliki SIM dan hendaklah memenuhi persyaratan aplikasi penyelenggara SIM.

 

Oleh karena itu, sudah saatnya faskes memiliki aplikasi penyelenggara SIM yang sesuai standar dan peraturan yang berlaku di Indonesia. Selain itu, SIM juga sebuah solusi mengatasi permasalahan di atas, yaitu berkaitan dengan penarikan laporan. Dengan menggunakan SIM, informasi yang dibutuhkan untuk membuat laporan keuangan klinik atau rumah sakit dapat diperoleh secara akurat dan cepat. Karyawan tidak akan merasa stres ketika pimpinan klinik atau rumah sakit meminta laporan keuangan klinik atau rumah sakit segera disiapkan. Laporan rapi, pimpinan faskes puas, karyawan tidak stres, kinerja faskes baik.

 

Trustmedis berusaha mengakomodir kebutuhan faskes dalam menyelenggarakan aplikasi SIM. Penggunaan health information system (HIS) Trustmedis memberikan keuntungan bagi faskes, antara lain:

  1. Akses ke data pasien mudah;
  2. Hemat biaya;
  3. Data aman.

 

Baca juga: Rekam Medis Elektronik sebagai Wujud E-Kesehatan Nasional

 

Jika Anda merasa memiliki permasalahan lain terkait operasional di faskes, segera hubungi tim Sales Representative Trustmedis untuk mengkonsultasikan kebutuhan operasional faskes Anda. 

Hubungi kami di +62 811 341 212

atau

klik tombol di bawah ini

Coba Gratis Aplikasi

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
27 January 2022
Keunggulan HIS Trustmedis sebagai Aplikasi Rumah Sakit
Aplikasi rumah sakit - Peralihan operasional manual di rumah sakit ke sistem digital (aplikasi rs online) memang tidak semudah membalikkan tangan, namun implementasi aplikasi rs bukan suatu ketidakmungkinan. Pertanyaan yang sering muncul di kalangan owner atau direksi faskes, Kenapa pakai sistem digital kalau staff sudah memiliki kualitas dan keahlian untuk menjalankan operasional faskes secara manual? [...]
Read More
25 January 2022
BPJS PCare Apa dan Kegunaannya?
BPJS Kesehatan berkomitmen untuk memperbaiki pelayanan kesehatan di Indonesia dengan membentuk BPJS PCare dan resmi beroperasional pada tahun 2014.   Primary Care (PCare) adalah salah satu aplikasi dari BPJS Kesehatan yang menawarkan faskes tingkat pertama, seperti puskemas; klinik; praktek dokter mandiri; ataupun laboratorium rujukan peserta BPJS Kesehatan. Fungsi PCare telah sesuai dengan kebutuhan akses data [...]
Read More
22 January 2022
BPJS Aplicare 101!
42 adalah jumlah Rumah Sakit di Surabaya yang terintegrasi dengan BPJS Aplicare, yang terdiri dari: 41 Rumah Sakit telah mengupdate ketersediaan kamar secara rutin, 1 Rumah Sakit sedang proses integrasi data dan sistem.   Merupakan bentuk keterbukaan informasi tentang faskes baik tingkat 1 maupun tingkat lanjut, sistem ini dapat diakses oleh publik dan dapat diakses [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram