Aplikasi Fasilitas Kesehatan
7 June 2021
Wahyu Rizal

Memahami Permenkes Tentang Puskesmas

Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang sangat mudah dijangkau. Hampir setiap kecamatan terdapat fasilitas kesehatan ini. Dalam penyelenggaraan puskesmas ini, ada permenkes tentang puskesmas tersendiri. Aturan di permenkes tersebut dipatuhi agar proses pelayanan kesehatan di puskesmas tidak melenceng dari peraturan yang ada. 

Mengenal Puskesmas

Puskesmas merupakan suatu fasilitas pelayanan kesehatan yang ada untuk meningkatkan penyelenggaraan layanan kesehatan masyarakat di tingkat pertama. Biasanya pelayanan di puskesmas ini lebih mementingkan upaya promotif dan juga preventif untuk menjangkau level kesehatan masyarakat dengan baik. Puskesmas ini juga memiliki beberapa kebijakan yang berguna untuk mencapai level pelayanan kesehatan terbaik untuk masyarakat. 

Biasanya setiap puskesmas mempunyai ijin tersendiri dalam proses penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Izin ini didapat dari pemerintah daerah yang berlaku sekitar 5 tahun saja. Tetapi, perpanjangan ijin ini masih bisa dilakukan. Puskesmas juga memiliki akreditasi berkali setiap 3 tahun sekali. Akreditasi puskesmas ini merupakan suatu bentuk pengakuan yang diberikan oleh suatu lembaga independen yang disetujui oleh Menteri Kesehatan. Ini menandakan bahwa Puskesmas tersebut sudah memenuhi beberapa standar pelayanan kesehatan yang telah ada. 

Prinsip Pelayanan Kesehatan di Puskesmas

Ada berbagai prinsip sederhana dalam penyelenggaraan kesehatan di Permenkes tentang puskesmas. Inilah beberapa prinsip yang harus Anda ketahui. 

  • Memiliki Pardigma Sehat 

Sebagai fasilitas pelayanan kesehatan pertama untuk masyarakat, Puskesmas mendorong seluruh pihak untuk berkomitmen secara baik di dalam upaya pencegahan dan pengurangan resiko buruk terhadap kesehatan masyarakat, individu, dan kelompok dengan baik. 

  • Bertanggung Jawab terhadap Wilayah 

Puskesmas sebagai layanan kesehatan untuk masyarakat bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat di wilayahnya. Selain itu, pihak pengelola Puskesmas juga bertanggung jawab pada pembangunan kesehatan bagi masyarakat di area kerjanya. 

  • Hidup Sehat dan Mandiri 

Tak hanya itu saja, sebagai fasilitas pelayanan kesehatan yang baik, Puskesmas mendorong kemandirian masyarakat. Puskesmas ini mampu membuat masyarakat hidup lebih sehat lagi. 

  • Padu dan Tersinambung 

Tak hanya itu saja, Puskesmas mampu mengkombinasikan pelayanan padu dan berkesinambungan melalui lintas sektor dan program sehingga manajemen pelayanan puskesmas lebih baik. Prinsip penyelenggaraan Puskesmas ini mengambil prinsip dasar di permenkes tentang Puskesmas yang sudah ada. 

Mendirikan Puskesmas

Berdasarkan permenkes yang ada, setiap kecamatan hanya memiliki satu Puskesmas saja kecuali suatu wilayah yang memiliki kebutuhan pelayanan tingkat tinggi, jumlah penduduk padat, dan aksesibilitas masyarakat. Maka pendirian puskesmas bisa lebih dari 1 di setiap kecamatan. Untuk mendirikan suatu Puskesmas, maka Anda harus memperhatikan kaidah di permenkes tentang Puskesmas yang ada. Jangan sampai pendirian puskesmas ini keluar dari peraturan yang ada. Biasanya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi yaitu lokasi, prasarana kesehatan, bangunan, peralatan kesehatan, tenaga kesehatan, farmasi, dan laborat. Persyaratan tersebut harus dikelola dengan baik untuk memenuhi indikator kepuasan pasien.

Penggunaan SIM Trustmedis juga akan mendukung proses layanan pasien, yakni demi membantu proses pengadaan obat, manajemen stok, pemusnahan hingga transaksi obat. Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  https://trustmedis.com/demo. Atau klik tombol dibawah ini 

Coba Gratis Aplikasi

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
29 July 2021
Kelola Pendaftaran Pasien dan Antrean Klinik Anda dengan Cara yang Benar
Kelola Pendaftaran Pasien dan Antrean Klinik Anda dengan Cara yang Benar Sebagai seorang profesional medis, Anda mungkin akrab dengan kompleksnya masalah pendaftaran dan juga antrean pasien. Bahkan mungkin Anda berpikir bahwa tidak ada cara lain untuk menangani puluhan pasien yang datang menemui Anda setiap hari. Namun Trustmedis memiliki cara yang bagus untuk mengelola pendaftaran pasien [...]
Read More
28 July 2021
Efisisensi Operasional dan Maksimalkan Pendapatan Klinik Dengan SIM Klinik
Efisisensi Operasional dan Maksimalkan Pendapatan Klinik Dengan SIM Klinik SIM Klinik Trustmedis solusi modern yang memungkinkan fasilitas kesehatan untuk mengatasi tantangan terbesar dalam pemberian layanan kesehatan saat ini. SIM Klinik Trustmedis memungkinkan klinik ataupun praktek dokter pribadi mengelola semua departemen, pasien, dan staf dengan mudah hanya dengan satu aplikasi. Tidak hanya itu, SIM Klinik Trustmedis [...]
Read More
27 July 2021
Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Aplikasi Keuangan Faskes
Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Aplikasi Keuangan Faskes Dari Trustmedis Aplikasi Keuangan faskes Trustmedis adalah salah satu software penting yang digunakan dalam industri perawatan kesehatan. Hal ini juga menjadi salah satu garis hidup praktisi medis. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih aplikasi keuangan faskes yang tepat yang menawarkan sistem pelaporan yang fantastis untuk [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram