Aplikasi Fasilitas Kesehatan
3 June 2021
Wahyu Rizal

Mengapa Manajemen Keuangan Faskes Itu Penting

Manajemen keuangan perawatan kesehatan berurusan dengan sisi bisnis perawatan kesehatan dengan memastikan bahwa fasilitas memberikan perawatan pasien yang berkualitas dengan cara yang bertanggung jawab secara fiskal. Pengelolaan keuangan organisasi kesehatan yang tepat memungkinkannya meningkatkan perawatan pasien, meminimalkan risiko, melakukan investasi yang diperlukan, dan mengeksplorasi aliran pendapatan baru. Berikut 4 alasan mengapa manajemen keuangan kesehatan itu penting.

  • Perawatan Berbasis Nilai.

Sampai beberapa tahun yang lalu, sebagian besar fasilitas perawatan membebankan pembayaran untuk setiap layanan yang dilakukan atau produk yang digunakan, yang membuat penagihan agak sederhana. Itu telah berubah karena lebih banyak penyedia menerapkan model pembayaran berbasis nilai. Dalam sistem itu, pengasuh dibayar berdasarkan hasil kesehatan pasien daripada layanan yang dilakukan. Penyedia layanan kesehatan dihargai karena membantu pasien meningkatkan kesehatan mereka, termasuk dengan membantu mereka mengurangi risiko penyakit kronis, yang mengurangi biaya perawatan pasien jangka panjang.

  • Manajemen risiko

Pemimpin dalam manajemen keuangan perawatan kesehatan harus memantau, memitigasi, dan mencegah risiko. Bidang perawatan kesehatan membawa sejumlah besar risiko terkait dengan keselamatan pasien dan pengasuh yang membuat keputusan hidup dan mati. Di luar faktor-faktor tersebut, manajemen risiko perawatan kesehatan juga melibatkan memastikan bahwa catatan medis elektronik fasilitas aman dari peretas, yang mencakup mengikuti perkembangan terbaru dalam penelitian medis dan memahami kebijakan penggantian biaya yang kompleks dari perusahaan asuransi dan pemerintah. Teknologi dapat membantu mengelola semua bagian data ini, tetapi manajer informasi kesehatan sangat penting untuk memahami informasi yang dikumpulkan.

  • Investasi Medis

Berinvestasi dalam penelitian medis dan peralatan medis khusus dapat menghasilkan strategi perawatan yang lebih sukses dan hemat biaya. Kemampuan untuk melacak dan menganalisis pengeluaran keuangan serta hasil pasien terkait dan keseluruhan biaya perawatan memberi para pemimpin informasi yang mereka butuhkan untuk melakukan investasi cerdas untuk pertumbuhan di masa depan.

  • Sumber Pendapatan Baru

Data yang dikumpulkan dari pengelolaan keuangan yang tepat juga dapat menyarankan metode alternatif untuk menghasilkan pendapatan. Misalnya, rumah sakit mungkin memperoleh praktik dokter terdekat untuk menambahkan layanan rawat jalan ke aliran pendapatannya. Atau, di negara bagian di mana ganja dilegalkan, fasilitas kesehatan mungkin mempertimbangkan untuk menambahkan layanan apotek ke penawarannya. Memahami potensi risiko dan manfaat dari setiap opsi memungkinkan para pemimpin layanan kesehatan membuat keputusan yang lebih baik.

Laporan keuangan adalah salah satu aspek penting dalam manajemen keuangan. Laporan keuangan merupakan laporan yang menunjukan kondisi finansial bisnis Anda pada suatu periode tertentu. Melalui laporan keuangan, Anda dapat memantau perkembangan bisnis Anda tidak terkecuali bisnis fasilitas kesehatan (faskes). Namun di era digital seperti sekarang, Anda sudah bisa memonitor laporan keuangan anda secara real time.  Monitor laporan keuangan secara real time juga akan berdampak terhadap produktivitas bisnis faskes yang anda jalankan. Karena dengan monitor laporan keuangan secara real time anda dapat mengetahui dengan cepat bagaimana faskes Anda berjalan dan juga mengevaluasi hal-hal yang menghambat bisnis faskes.

Baca juga : Bagaimana Membangun Sistem Manajemen Rumah Sakit yang Ideal

Tujuan laporan keuangan memanglah jelas, namun bukan berarti pengerjaan laporan keuangan merupakan hal yang mudah. Dalam pengerjaan laporan keuangan masih sering terjadi sejumlah masalah. Masalah dalam pengerjaan laporan keuangan biasanya terjadi karena pengabaian atau ketidak tahuan. Hal ini tentu saja akan berdampak besar terhadap faskes Anda. Beberapa masalah yang sering terjadi dalam pengerjaan laporan keuangan adalah:

  • Penyimpanan bukti transaksi
  • Perhitungan yang tidak akurat
  • Kesalahan pada penulisan

Hindari sejumlah masalah akuntansi yang sering terjadi seperti di atas untuk menghasilkan laporan keuangan yang tepat, akurat dan efisien. Untuk meminimalkan kesalahan-kesalahan yang dapat menyebabkan masalah akuntansi, Trustmedis sebagai aplikasi kesehatan online nomor satu di Indonesia, memiliki Modul Akuntansi yang membantu untuk memonitor laporan keungan dengan mudah. Modul Akuntansi Trustmedis telah terintegrasi dengan berbagai unit pelayanan di faskes Anda, sehingga pengerjaan laporan keuangan anda lebih cepat. Modul Akuntansi dari Trustmedis memiliki beberapa fitur seperti:

  1. Jurnal umum. Pada HIS Trustmedis, anda dapat membuat jurnal umum akuntansi yang berasal dari semua data transaksi pelayanan yang tercatat di sistem secara manual.
  2. Auto Jurnal. Dalam rangka mempermudah pembuatan jurnal secara otomatis, HIS Trustmedis memiliki fitur auto jurnal dimana anda tidak perlu membuat jurnal akuntansi (jurnal umum, jurnal kas bank, jurnal pembelian dan jurnal penjualan) secara manual.
  3. Posting Jurnal. Setiap jurnal yang telah terbentuk dapat diposting terlebih dahulu agar dapat masuk dan terakumulasi dalam berbagai macam laporan akuntansi sesuai dengan jenis jurnal masing-masing.
  4. Laporan Laba dan Rugi. Dalam HIS Trustmedis, anda dapat membentuk laporan laba/rugi secara otomaris baik berupa softkopi dan hardkopi maupun berupa spreadsheet.

Dengan menggunakan Modul Akuntansi dari SIM Trustmedis, Anda juga dapat dengan mudah melakukan pekerjaan  laporan lain seperti: Laporan Jurnal Harian, Laporan Buku Besar, Laporan Neraca percobaan, Laporan Arus kas, Laporan Persediaan, Laporan Hutang, Laporan Piutang, Laporan Perubahan Aset tetap, Laporan Perubahan Modal, Laporan Laba/Rugi, Laporan Neraca serta Catatan Atas Laporan Keuangan.

Baca juga : Manajemen Laboratorium Rumah Sakit

Trustmedis terus mengembangkan Sistem Informasi Manajemen dan aplikasi pendukung lainnya berdasarkan penelitian dan saran dari faskes yang bekerjasama dengan kami. Jika update tersedia, Anda tidak perlu membayar lagi untuk menikmati update terbaru dari kami. Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap. Dapatkan aplikasi Trustmedis untuk meningkatkan manajemen faskes Anda dengan mengakses https://trustmedis.com/demo. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Jaga fasilitas kesehatan Anda dalam kondisi terbaik dan tumbuhkan bisnis Anda bersama kami.

Coba Gratis Aplikasi

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
29 July 2021
Kelola Pendaftaran Pasien dan Antrean Klinik Anda dengan Cara yang Benar
Kelola Pendaftaran Pasien dan Antrean Klinik Anda dengan Cara yang Benar Sebagai seorang profesional medis, Anda mungkin akrab dengan kompleksnya masalah pendaftaran dan juga antrean pasien. Bahkan mungkin Anda berpikir bahwa tidak ada cara lain untuk menangani puluhan pasien yang datang menemui Anda setiap hari. Namun Trustmedis memiliki cara yang bagus untuk mengelola pendaftaran pasien [...]
Read More
28 July 2021
Efisisensi Operasional dan Maksimalkan Pendapatan Klinik Dengan SIM Klinik
Efisisensi Operasional dan Maksimalkan Pendapatan Klinik Dengan SIM Klinik SIM Klinik Trustmedis solusi modern yang memungkinkan fasilitas kesehatan untuk mengatasi tantangan terbesar dalam pemberian layanan kesehatan saat ini. SIM Klinik Trustmedis memungkinkan klinik ataupun praktek dokter pribadi mengelola semua departemen, pasien, dan staf dengan mudah hanya dengan satu aplikasi. Tidak hanya itu, SIM Klinik Trustmedis [...]
Read More
27 July 2021
Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Aplikasi Keuangan Faskes
Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Aplikasi Keuangan Faskes Dari Trustmedis Aplikasi Keuangan faskes Trustmedis adalah salah satu software penting yang digunakan dalam industri perawatan kesehatan. Hal ini juga menjadi salah satu garis hidup praktisi medis. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih aplikasi keuangan faskes yang tepat yang menawarkan sistem pelaporan yang fantastis untuk [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram