Aplikasi Fasilitas Kesehatan
22 June 2021
Wahyu Rizal

Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time

 

Menghadapi era globalisasi yang ditandai dengan perubahan cepat dalam pelayanan kesehatan, pertumbuhan persaingan antar rumah sakit yang tajam serta kesempatan 'investasi perubahan', membutuhkan Sistem Informasi Manajemen faskes yang handal agar kita tidak tertinggal. Belum lagi di masa pandemi seperti ini, meningkatnya kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan, membuat sejumlah rumah sakit rujukan mulai terisi penuh. Informasi tentang ketersediaan ruang inap, kamar isolasi dan juga kebutuhan pasien lain, membutuhkan akurasi data yang tepat agar pasien tertangani dengan baik.

Data-data tersebut berguna untuk pengambilan kebijakan suatu rumah sakit, seperti untuk melihat tingkat efisiensi penggunaan tempat tidur dan perencanaan kedepannya. Selain itu, sensus harian rawat inap juga digunakan sebagai laporan eksternal rumah sakit untuk dikirim ke Dinas Kesehatan, Badan Pusat Statistik dan instansi lainnya sehingga laporan tersebut harus cepat, tepat, dan akurat serta dapat dipertanggungjawabkan. 

Baca juga : Tips Mengurang Pengeluaran Klinik Dengan Cara 4.0

Pada awalnya, sensus harian rawat inap dilakukan secara manual. Namun dalam implementasinya banyak kendala yang dihadapi terutama dari segi waktu, tenaga, biaya dan human error. Kondisi ini menyebabkan data hasil sensus kurang akurat dan tidak real time. Dengan adanya permasalahan tersebut muncullah ide untuk membuat inovasi sensus harian secara elektronik. Perlu hati-hati dalam menentukan jumlah tempat tidur tersedia, karena tempat tidur ekstra dalam situasi bencana tidak dihitung sebagai bagian dari tempat tidur tersedia.

Beberapa indikator yang perlu dipantau secara real time saat pandemi seperti ini adalah:

  • BOR (angka penggunaan tempat tidur)

Seperti yang kita tahu, BOR adalah prosentase pemakaian tempat tidur pada satuan waktu tertentu. Indikator ini memberikan gambaran tinggi rendahnya tingkat pemanfaatan tempat tidur rumah sakit. Nilai parameter BOR yang ideal adalah antara 60-85% (Depkes RI, 2005).

  • LOS (rata-rata lamanya pasien dirawat)

LOS adalah rata-rata lama rawat seorang pasien. Indikator ini disamping memberikan gambaran tingkat efisiensi, juga dapat memberikan gambaran mutu pelayanan, apabila diterapkan pada diagnosis tertentu dapat dijadikan hal yang perlu pengamatan yang lebih lanjut. Secara umum nilai LOS yang ideal antara 6-9 hari (Depkes, 2005).

  • TOI (Tenggang perputaran tempat tidur)

TOI adalah rata-rata hari dimana tempat tidur tidak ditempati dari telah diisi ke saat terisi berikutnya. Indikator ini memberikan gambaran tingkat efisiensi penggunaan tempat tidur. Idealnya tempat tidur kosong tidak terisi pada kisaran 1-3 hari (Depkes RI. 2005, Kementerian Kesehatan 2011).

Penerapan aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) akan memudahkan faskes untuk memantau indikator BOR, LOS, ataupun TOI. secara cepat dan real time. Fasilitas kesehatan juga dapat meningkatkan pelayanan dengan modul dan fitur di SIM Trustmedis. SIM terbaik Indonesia saat ini, membantu memantau indikator tersebut secara real time dari mana saja hanya menggunakan gadget yang kita gunakan sehari-hari. Aplikasi berbasis web, membuat Trustmedis dapat digunakan kapan saja dan dimana saja dengan mudah sesuai kebutuhan. Trustmedis akan membantu faskes untuk membuat laporan lebih mudah dan terstruktur. Modul-modul yang sudah terintegrasi dengan semua unit akan membuat laporan terpusat sekaligus menghindari redudansi data.

Trustmedis terus mengembangkan Sistem Informasi Manajemen dan aplikasi pendukung lainnya berdasarkan penelitian dan saran dari faskes yang bekerjasama dengan kami. Jika update tersedia, Anda tidak perlu membayar lagi untuk menikmati update terbaru dari kami. Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan. Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap. Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  https://trustmedis.com/demo. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Jaga fasilitas kesehatan Anda dalam kondisi terbaik dan tumbuhkan bisnis Anda bersama kami.

Coba Gratis Aplikasi

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
29 July 2021
Kelola Pendaftaran Pasien dan Antrean Klinik Anda dengan Cara yang Benar
Kelola Pendaftaran Pasien dan Antrean Klinik Anda dengan Cara yang Benar Sebagai seorang profesional medis, Anda mungkin akrab dengan kompleksnya masalah pendaftaran dan juga antrean pasien. Bahkan mungkin Anda berpikir bahwa tidak ada cara lain untuk menangani puluhan pasien yang datang menemui Anda setiap hari. Namun Trustmedis memiliki cara yang bagus untuk mengelola pendaftaran pasien [...]
Read More
28 July 2021
Efisisensi Operasional dan Maksimalkan Pendapatan Klinik Dengan SIM Klinik
Efisisensi Operasional dan Maksimalkan Pendapatan Klinik Dengan SIM Klinik SIM Klinik Trustmedis solusi modern yang memungkinkan fasilitas kesehatan untuk mengatasi tantangan terbesar dalam pemberian layanan kesehatan saat ini. SIM Klinik Trustmedis memungkinkan klinik ataupun praktek dokter pribadi mengelola semua departemen, pasien, dan staf dengan mudah hanya dengan satu aplikasi. Tidak hanya itu, SIM Klinik Trustmedis [...]
Read More
27 July 2021
Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Aplikasi Keuangan Faskes
Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Aplikasi Keuangan Faskes Dari Trustmedis Aplikasi Keuangan faskes Trustmedis adalah salah satu software penting yang digunakan dalam industri perawatan kesehatan. Hal ini juga menjadi salah satu garis hidup praktisi medis. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih aplikasi keuangan faskes yang tepat yang menawarkan sistem pelaporan yang fantastis untuk [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram