Aplikasi Fasilitas Kesehatan
19 March 2020
Baskoro Aris Sansoko

Sejak kasus corona pertama dikonfirmasi di Wuhan, China, pada Desember 2019, hingga saat ini jumlah pasien virus corona terus bertambah. Menurut data dari CNN yang di-update secara real-time, per 17 Maret 2020 jumlah pasien corona sudah mencapai 173.344. Pada tanggal yang sama, pasien corona di Indonesia juga mengalami lonjakan hingga 172 orang. Dengan bertambahnya jumlah pasien virus corona di Indonesia, bukan tidak mungkin salah satunya adalah orang terdekat Anda.

Rasanya tentu campur aduk melihat orang yang selama ini berinteraksi dengan Anda, harus diisolasi demi kesembuhan mereka. Inginnya tentu saja memberi dukungan, tapi mengingat Anda diharuskan untuk menjaga jarak, apa yang sebaiknya Anda lakukan?

Usahakan reach out pasien virus corona secara rutin

Mengingat bahwa virus corona bisa menular begitu cepat, pasien positif corona akan menjalani isolasi. Mereka tidak diperbolehkan untuk bertemu orang lain selama beberapa waktu. Kondisi ini tentu akan membuat mereka bosan. Kemungkinan mereka pun berusaha melakukan hal-hal untuk mendistraksi pikiran. Sebagai salah satu orang terdekat, usahakan untuk reach out kepada mereka.

Tidak perlu mengunjunginya, Anda bisa mengirimkan chat atau melakukan video call. Mengobrol dan berkomunikasi bisa membantu mereka untuk mengalihkan pikiran. Dukungan dari Anda juga dapat membantu mereka untuk stay positif.

Membersihkan tempat-tempat yang sering disentuh

Tidak semua pasien virus corona harus diisolasi di rumah sakit. Tergantung kondisinya, ada juga pasien yang diperbolehkan untuk melakukan isolasi diri di rumah masing-masing. Mungkin beberapa dari Anda bahkan tinggal serumah dengan pasien corona tersebut. Hal ini mungkin cukup risky karena Anda harus menjaga jarak, bahkan Anda dianjurkan untuk tidak berada di ruangan yang sama.

Namun, Anda tetap bisa membantu mereka. Salah satu caranya dengan rajin membersihkan tempat-tempat atau area permukaan yang sering disentuh. Contohnya meja, telepon, pegangan pintu, keyboards, dan toilet. Gunakan cairan pembersih untuk memastikan kotoran dan virus pergi.

Jaga kedua tangan selalu dalam kondisi bersih

Pasien corona pasti akan merasa lebih tenang jika orang-orang terdekatnya selalu menjaga kebersihan. Dengan begitu, peluang untuk sembuh juga akan semakin besar. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk rajin mencuci tangan. Tidak hanya sebelum makan, tapi sesering mungkin, terutama jika tangan Anda terlihat kotor.

Gunakan sabun dan air mengalir saat mencuci tangan, lakukan selama minimal dua puluh detik tiap sesinya. Apabila tidak ada sabun, Anda bisa menggunakan hand sanitizer sebagai alternatif. Namun, pastikan hand sanitizer mengandung sekitar 60% sampai 95% alkohol untuk mematikan virus.

Ajak menonton film atau series “bersama”

Perasaan down kemungkinan besar dialami oleh pasien corona di Indonesia. Anda bisa, kok, membantu menghibur mereka agar tidak berlarut-larut dalam perasaan tersebut. Ajak mereka untuk menonton film atau series “bersama-sama”. Bukan berarti Anda harus menonton secara berdampingan dalam satu ruangan, ya.

Misalnya, jika Anda sama-sama memiliki akun di layanan streaming, buat jadwal untuk menonton film atau series yang sama pada waktu yang sama. Pasien bisa menonton di tempatnya sendiri, Anda pun juga begitu. Selama menonton, Anda dan pasien bisa saling bertukar chat jika ada adegan yang seru untuk dibahas.

 

Pasien corona memang idealnya tidak diizinkan untuk bertemu dengan orang lain secara langsung. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menenangkan dan memberi dukungan kepada mereka. Berbagai cara di atas bisa Anda pertimbangkan untuk memberi dukungan positif kepada pasien corona. Semoga mereka bisa segera pulih dan dinyatakan negatif virus corona.

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
24 June 2021
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda Memilih sistem manajemen keuangan untuk penagihan bisa jadi rumit. Ada begitu banyak pilihan yang berbeda, dan kita mungkin bingung apa yang harus dicari untuk membuat keputusan yang tepat. Dalam prakteknya, kita harus mempelajari semua yang perlu kita ketahui tentang software atau sistem manajemen keuangan untuk memudahkan [...]
Read More
23 June 2021
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien Manajemen rumah sakit yang baik dapat menjadi pembeda dan juga meningkatkan kunjungan pasien. Dengan manajemen rumah sakit yang baik, kualitas perawatan pasien akan semakin meningkat. Dalam tatanan pelayanan, koordinasi antar departemen merupakan jiwa dari manajemen rumah sakit. Tidak hanya pelayanan langsung kepada pasien, manajemen rumah sakit berkaitan [...]
Read More
22 June 2021
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time   Menghadapi era globalisasi yang ditandai dengan perubahan cepat dalam pelayanan kesehatan, pertumbuhan persaingan antar rumah sakit yang tajam serta kesempatan 'investasi perubahan', membutuhkan Sistem Informasi Manajemen faskes yang handal agar kita tidak tertinggal. Belum lagi di masa pandemi seperti ini, meningkatnya kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram