Aplikasi Fasilitas Kesehatan
17 March 2020
Baskoro Aris Sansoko

Dari hari ke hari, korban dari virus corona terus bertambah. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun telah meningkatkan status wabah ini menjadi pandemi. Meski begitu, Anda tidak perlu terlalu panik secara berlebihan bila bisa menjaga diri. Salah satunya dengan melakukan langkah dan cara sederhana di bawah ini sebagai upaya pencegahan virus corona. Simak ulasannya berikut!

Rajin Mencuci Tangan Setelah Beraktivitas

Sebagai langkah awal pencegahan virus corona, Anda harus selalu rajin untuk mencuci tangan. Gunakanlah sabun atau cairan lainnya yang mampu membunuh bakteri dan kuman penyebar virus pada air yang mengalir dan bersih. Lakukanlah kurang lebih selama 20 detik dan pastikan bagian tangan sudah tercuci dengan baik termasuk sela jari dan kuku.

Keringkanlah menggunakan tisu maupun handuk bersih, atau bisa dengan mesin pengering tangan. Selain itu, Anda pun perlu menyediakan hand sanitizer yang praktis dan mudah dibawa ke mana saja. Untuk produknya, pilih yang memiliki kandungan alkohol minimal 60% yang efektif dalam membunuh kuman.

Gunakan Masker Saat Merasa Sakit

Setelah mencuci tangan, langkah selanjutnya dalam pencegahan virus corona adalah dengan selalu mengenakan masker saat merasa sakit. Untuk masker yang banyak digunakan saat ini adalah masker bedah, namun cara penggunaannya juga wajib diperhatikan.

Misalnya saat Anda menggunakan masker bedah tersebut, pastikan sudah menutupi dagu, mulut, dan hidung. Selain itu, masker yang dianjurkan adalah masker N95 yang mampu dalam menyaring partikel berbahaya. Kelemahannya adalah masker ini kurang nyaman digunakan dan harganya cukup mahal.

Sebenarnya, apapun maskernya sudah cukup membantu dalam mengurangi penyebaran virus corona. Hal yang perlu diperhatikan lagi ialah saat melepas masker, lanjutkanlah dengan mencuci tangan dan jangan sentuh bagian depan masker tersebut.

Hindari Bepergian ke Daerah Terjangkit

Bila Anda memiliki rencana liburan atau berkunjung ke negara dan daerah tertentu, sebaiknya pikirkan ulang atau bila perlu tundalah beberapa saat. Terutama jika negara dan daerah tersebut dikenal sebagai daerah terjangkitnya virus corona. Tujuannya adalah untuk mencegah penularan yang semakin massif.

Jika dirasa perlu dan benar-benar mendesak, pastikan Anda menjalani tes kesehatan terlebih dahulu dan konsultasikan dengan dokter. Nantinya, dokter akan memberikan keputusan apakah Anda aman atau tidak diizinkan mengunjungi daerah terjangkit ini. Begitu juga dengan konsultasi dengan pihak lain seperti pihak imigrasi misalnya.

Hindari Kontak Langsung dengan Hewan Penyebar Virus Corona

Seperti yang telah diketahui, virus corona dapat disebarkan oleh hewan. Salah satunya adalah yang diduga kuat berasal dari kelelawar dan kemudian hewan mamalia dan reptil. Maka, menghindari kontak langsung dengan hewan tersebut sangat penting dalam upaya pencegahan virus corona. Terlebih lagi untuk hewan-hewan liar.

Bila ingin memakan daging maupun ikan, sebaiknya cuci sampai bersih dan masaklah hingga matang. Ketika daging atau ikan sudah mulai membusuk, jangan dikonsumsi. Saat Anda menyentuh hewan pastikan pula telah mencuci tangan sampai bersih bila ingin melakukan aktivitas lain seperti makan dan minum.

Jaga Asupan Nutrisi Dukung Pencegahan Virus Corona

Sebagai langkah terakhir dalam pencegahan virus corona yakni dengan menjaga asupan dan daya tahan tubuh. Virus corona dapat menyerang dengan mudah ketika seseorang memiliki daya tahan tubuh atau sistem imun yang lemah. Oleh karena itulah, Anda disarankan untuk mengonsumsi nutrisi sehat yang diperlukan tubuh. Misalnya saja seperti konsumsi buah dan sayur dan makanan yang memiliki protein tinggi seperti ikan, telur, dan daging yang tidak memiliki lemak.

Kemudian, Anda juga bisa menambahkan suplemen pelengkap dan vitamin. Meski begitu, penggunaannya harus sesuai dengan anjuran dokter. Lalu, penting pula untuk menjaga gaya hidup sehat dengan istirahat yang cukup, olahraga, dan menghindari rokok serta alkohol.

Selain cara di atas, Anda pun perlu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Misalnya saja dengan membuang sampah pada tempatnya, membersihkan kotoran yang menempel pada benda sekitar, dan sebagainya. Cukup mudah bukan cara pencegahan virus corona tersebut? Mari deteksi dini virus corona dengan kunjungi link berikut ini, klik!

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
24 June 2021
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda Memilih sistem manajemen keuangan untuk penagihan bisa jadi rumit. Ada begitu banyak pilihan yang berbeda, dan kita mungkin bingung apa yang harus dicari untuk membuat keputusan yang tepat. Dalam prakteknya, kita harus mempelajari semua yang perlu kita ketahui tentang software atau sistem manajemen keuangan untuk memudahkan [...]
Read More
23 June 2021
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien Manajemen rumah sakit yang baik dapat menjadi pembeda dan juga meningkatkan kunjungan pasien. Dengan manajemen rumah sakit yang baik, kualitas perawatan pasien akan semakin meningkat. Dalam tatanan pelayanan, koordinasi antar departemen merupakan jiwa dari manajemen rumah sakit. Tidak hanya pelayanan langsung kepada pasien, manajemen rumah sakit berkaitan [...]
Read More
22 June 2021
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time   Menghadapi era globalisasi yang ditandai dengan perubahan cepat dalam pelayanan kesehatan, pertumbuhan persaingan antar rumah sakit yang tajam serta kesempatan 'investasi perubahan', membutuhkan Sistem Informasi Manajemen faskes yang handal agar kita tidak tertinggal. Belum lagi di masa pandemi seperti ini, meningkatnya kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram