Aplikasi Fasilitas Kesehatan
8 February 2021
Wahyu Rizal

Pengelolaan Klinik Lebih Mudah dengan Sistem Informasi Manajemen Klinik Trustmedis

Perkembangan dari teknologi informasi sekarang ini sudah membantu banyak sektor industri. Tidak hanya menjadi lebih inovatif, namun juga lebih efisien dalam memberikan pelayanan yang maksimal. Salah satu contohnya di sektor kesehatan yaitu pada pelayanan yang diberikan sebuah klinik ataupun rumah sakit. Klinik adalah salah satu fasilitas kesehatan yang saat ini sudah ikut partisipasi memanfaatkan perkembangan teknologi informasi di dalam pengembangan sistem informasi manajemen klinik atau rumah sakit secara digital. 

Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya dari penggunaan teknologi di industri kesehatan. Inilah manfaat-manfaat tersebut.

Manfaat Teknologi untuk Bidang Kesehatan

  1. Membantu Memudahkan Pasien

Manfaat atau keuntungan yang pertama teknologi pada bidang kesehatan adalah membantu memudahkan pasien. Adanya teknologi akan memudahkan sekali pasien, apalagi dalam mencari dan mengakses informasi serta pelayanan kesehatan. Misalnya, dengan adanya berbagai macam layanan kesehatan online yang hadir saat ini akan memudahkan pasien untuk akses pelayanan kesehatan seperti mendapatkan layanan konsultasi secara online, melakukan penebusan resep obat online, maupun melakukan pendaftaran dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan menghemat waktu dan tenaga pasien.

Baca juga :Tips Aman Simpan Rekam Medis Sesuai Permenkes

1.Waktu Tunggu Pasien yang Menjadi Lebih Singkat

Adanya teknologi pada bidang kesehatan juga dapat mempersingkat waktu tunggu dari pasien. Umumnya jika pasien ingin memeriksakan diri atau melakukan pelayanan kesehatan di klinik atau rumah sakit bisa mengantri hingga berjam-jam untuk mendapatkan pelayanan tersebut. Namun saat ini dengan keberadaan teknologi, pasien tidak perlu lagi menunggu dengan waktu yang lama. Pasien bisa membuat janji online lebih dulu, kemudian baru melakukan konsultasi secara langsung di pelayanan kesehatan. Tidak hanya itu, pasien juga bisa membuat janji untuk konsultasi dengan dokter secara online. 

2. Memudahkan Tenaga Medis untuk Menolong Pasien

Dengan perkembangan teknologi yang merambah industri kesehatan, para dokter dan tenaga medis yang lain bisa membantu dan menolong pasien tanpa harus bertemu langsung. Apalagi di masa pandemi virus corona sekarang ini yang lebih baik tidak bertemu banyak orang lebih dulu. Kini dengan internet dan gawai yang dimiliki, dokter dan tenaga medis bisa menjangkau pasien dengan lebih mudah. Selain itu, dokter akan memiliki waktu serta tempat yang fleksibel dalam menolong pasien. 

3. Membantu dalam Penyimpanan serta Perawatan Data yang Lebih Mudah

Keuntungan yang ini bisa dikatakan berhubungan dengan manajemen RS, klinik atau fasilitas kesehatan lainnya. Adanya teknologi saat ini dapat membantu penyimpanan, pengelolaan dan perawatan data-data menjadi lebih mudah. Tidak hanya memudahkan pasien dan para tenaga medis, akan tetapi membantu penyedia layanan kesehatan. Keberadaan teknologi membuat penyedia layanan bisa lebih mudah dalam menyimpan dan mengelola berbagai data yang penting milik pasien maupun milik rumah sakit atau klinik.

4. Alur Kerja yang Lebih Sederhana

Teknologi yang terus berkembang di industri kesehatan membuat alur kerja di bidang tersebut menjadi lebih tertata dan sederhana. Itu karena adanya layanan online yang membuat alur kerja tidak sepanjang ketika melakukan pelayanan secara langsung di rumah sakit. Pasien bisa membuat janji online dan konsultasi di waktu yang sudah ditentukan. 

Melihat adanya potensi pengembangan aplikasi atau software di layanan kesehatan seperti klinik dan rumah sakit serta melihat kompleksnya informasi manajemen rumah sakit atau klinik seperti yang dikatakan di atas, membuat beberapa pengembang teknologi informasi mengembangkan aplikasi sistem informasi manajemen RS atau klinik, misalnya saja Trustmedis yang merupakan sebuah perusahaan IT berbasis di Surabaya yang mengembangkan aplikasi atau software Trustmedis. Software atau aplikasi ini dikembangkan pertama kali karena melihat masih banyak faskes yang kesulitan dalam mengatur sistem informasi. Contohnya saja terjadinya pencatatan ganda hingga kurang efisien yang malah menyebabkan kerugian pada klinik atau rumah sakit itu sendiri pada akhirnya.

Lalu apa itu sistem informasi manajemen RS atau manajemen klinik? SIMRS atau Sistem Informasi Manajemen RS adalah suatu sistem TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) yang memproses serta mengintegrasi semua alur proses pelayanan di rumah sakit atau klinik dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan serta prosedur administrasi guna mendapatkan atau memperoleh informasi yang tepat dan akurat, dan juga merupakan bagian sistem informasi kesehatan. Tentunya ada beberapa fungsi dan manfaat dari SIMRS tersebut, terutama Trustmedis. Berikut adalah berbagai fungsi tersebut.

Fungsi dan Kegunaan dari Trustmedis dan Software Serupa

  1. Membantu dalam mengatur sistem informasi di rumah sakit, klinik atau fasilitas kesehatan lainnya dapat terintegrasi dengan lebih baik, misalnya manajemen rawat inap dan lain sebagainya. 
  2. Menjadi acuan serta basis data di dalam pengambilan keputusan oleh rumah sakit, klinik atau fasilitas kesehatan.
  3. Menjadi penentu atau menentukan kelancaran serta kualitas dari proses kerja rs, klinik atau fasilitas kesehatan yang lebih transparan.

Selain mempunyai berbagai fungsi dan kegunaan seperti di atas, Trustmedis juga memiliki beberapa keunggulan. Berbagai keunggulan tersebut sebagai berikut:

Keunggulan-Keunggulan Trustmedis

  1. Aplikasi yang sudah berbasis web,
  2. Menggunakan software development model HMVC,
  3. Dapat membuat API,
  4. User interface, ada sistem validasi yang meminimalkan human error ketika memasukkan data
  5. Pengaturan standar sistem ada data master serta dapat dilakukan oleh rs, klinik atau faskes lain sehingga tidak akan ketergantungan dengan vendor,
  6. Adanya opsi untuk akses software yaitu melalui internet atau intranet,
  7. Semua modul sudah terintegrasi dengan baik, 
  8. Memenuhi berbagai kebutuhan faskes mulai dari praktik dokter, klinik, Puskesmas, dan rumah sakit.
  9. Ada sistem yang telah terintegrasi BPJS Kesehatan,

Adanya SIMRS untuk manajemen RS atau klinik tentu sangat membantu dalam memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik. Mulai dari manajemen pelayanan pasien dan manajemen-manajemen lainnya di rumah sakit atau klinik dapat dikelola dengan lebih baik dan efisien. Tidak hanya itu, manajemen mutu rumah sakit pun lebih mudah dikelola dengan menggunakan software ini. Dengan begitu, akan memudahkan ketika akreditasi rumah sakit atau klinik nantinya. Bahkan adanya software SIMRS seperti Trustmedis, manajemen rawat jalan klinik pun bisa terintegrasi lebih baik. 

Ada beberapa tujuan manajemen rumah sakit atau klinik yang sebaiknya memang diketahui. Inilah tujuan-tujuan tersebut. 

Tujuan dari Manajemen Rumah Sakit

  1. Mempersiapkan sumber daya
  2. Melakukan evaluasi efektivitas
  3. Mengatur pemakaian dari pelayanan
  4. Lebih efisien
  5. Meningkatkan kualitas

Dengan mengetahui berbagai tujuan dari manajemen klinik atau rumah sakit di atas, bisa menjadi alasan mengapa harus menggunakan software SIMRS yang bagus dan terbaik. Trustmedis tentu menjadi salah satu software SIMRS yang bagus, berkualitas saat ini sehingga TrustPeople tidak perlu ragu untuk menggunakannya. Adanya software seperti Trustmedis ini, bahkan manajemen bed rumah sakit pun bisa dikelola dan diatur secara lebih sederhana.

Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis , yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  https://trustmedis.com/demo. Atau klik tombol dibawah ini 

Coba Gratis Aplikasi

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
21 October 2021
Perkiraan Waktu Pelayanan dari Booking Online Mengurangi Tumpukan Pasien di Klinik
Perkiraan Waktu Pelayanan dari Booking Online Mengurangi Tumpukan Pasien di Klinik Sebagian besar faskes mengalami kesulitan dalam mengontrol jumlah pasien mengingat tidak ada yang bisa membatasi jumlah pasien per hari, sehingga kedatangan pasien tidak terkontrol. Pasien datang ke faskes sesuka hatinya selama masih dalam rentang waktu jadwal praktek dokter yang mereka tuju yang menyebabkan penumpukan [...]
Read More
18 October 2021
E-Tiket Memudahkan Pasien dalam Membaca Aturan Pakai Obat
E-Tiket Memudahkan Pasien dalam Membaca Aturan Pakai Obat Apoteker merupakan tenaga kesehatan terakhir yang ditemui oleh pasien setelah pasien melalui seluruh rangkaian pengobatan di fasilitas kesehatan. Apoteker bertanggung jawab untuk menyerahkan obat yang benar, kepada pasien yang benar, dan pada waktu yang benar. Selain itu, apoteker juga bertanggung jawab atas kebenaran dan ketepatan obat dan [...]
Read More
14 October 2021
Mengurangi Kesalahan Pembacaan Resep dengan E-Resep
Mengurangi Kesalahan Pembacaan Resep dengan E-Resep Permasalahan terkait obat masih sering terjadi di lapangan, antara lain pasien menerima obat yang salah, dosis yang tidak tepat, pasien mengalami efek samping obat, dan kejadian yang tidak diharapkan akibat terapi yang diterima. Penyebab terjadinya permasalahan tersebut salah satunya bermula dari kesalahan pembacaan resep yang dituliskan dokter kepada apoteker. [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram