Aplikasi Fasilitas Kesehatan
10 February 2021
Wahyu Rizal

Pentingnya Manajemen Rumah Sakit pada Tim Keperawatan

Rumah sakit sebagai fasilitas kesehatan sangat penting perannya. Di Indonesia, Rumah Sakit memiliki peran sebagai rujukan akhir. Sebagai tempat pemulihan dan perawatan kesehatan, Rumah Sakit harus mampu memberikan pelayanan terbaik. Pelayanan kesehatan yang terbaik harus sesuai dengan kebutuhan pasien. Tim keperawatan yang bertugas juga harus dibekali pembekalan yang baik tentang manajemen rumah sakit.

Pentingnya Pembekalan Manajemen Rumah Sakit Yang Baik

Sistem kesehatan adalah semua kegiatan yang bertujuan utama untuk meningkatkan, mengembalikan dan memelihara kesehatan dengan cara peningkatan status kesehatan, perlindungan risiko kesehatan dengan universal coverage dan dan tercapainya kepuasan publik akan layanan kesehatan. Pertanyaan besarnya adalah dimanakah peran perawat dalam sistem tersebut baik di RS maupun di masyarakat? Apakah visi dan misi RS telah melibatkan perawat secara jelas sehingga dapat dikatakan bahwa perawat sebagai investasi RS?  Disinilah kemudian tantangan terbesar perawat terutama manajer perawat muncul, yaitu untuk menunjukkan eksistensinya dengan ikut serta bersama pelaku kesehatan di dalam sistem kesehatan terutama di rumah sakit. 

Baca juga :Tips Aman Simpan Rekam Medis Sesuai Permenkes

Tim keperawatan merupakan garda terdepan baik dalam manajemen klinik maupun Rumah Sakit. Itulah sebabnya manajemen yang baik sangat diperlukan. Apalagi melihat bobot atau proporsi tenaga keperawatan lebih banyak dibanding dengan dokter atau tenaga medis lainnya. Rasio terbaik untuk jumlah perawat dan klien atau pasien adalah 2:3. Dengan banyaknya tenaga perawat, maka diperlukan setidaknya satu manajer perawat dalam setiap kelompok tim keperawatan. 

Seorang manajer perawat harus dibekali dengan ilmu manajemen rumah sakit yang mendalam. Gunanya agar mampu menciptakan lingkungan kerja yang komprehensif. Seorang manajer perawat juga harus mampu mengelola tim perawatan dengan baik melalui ilmu manajemen rumah sakit maupun klinik. Seorang manajer perawat juga harus menerapkan disiplin ilmu manajemen rumah sakit agar mampu menciptakan lingkungan yang kondusif.

Tenaga perawat saat ini jumlahnya terbatas. Terlebih sejak pandemi ini, banyak perawat yang harus melakukan pekerjaan melebihi biasanya. Hal ini bisa membuat perawat stres atau tertekan. Ketidakseimbangan antara dunia kerja ini harus bisa diatasi dengan baik melalui penerapan manajemen rumah sakit yang baik. 

Tujuan Manajemen Rumah Sakit

Tujuan dari manajemen rumah sakit tentunya untuk menciptakan pengendalian agar tercapai sebuah tujuan. Untuk itu manajemen yang baik harus memiliki tujuan untuk memperbaiki dan memberikan kualitas layanan yang baik. Manajemen yang baik harus mampu menghasilkan jumlah SDM yang tepat, pelayanan tepat waktu serta tepat sasaran.

Namun, dewasa ini yang menjadi sulitnya tercapai dari tujuan manajemen rumah sakit adalah SDM yang makin sulit ditemui. Selain itu, SDM untuk tenaga keperawatan juga mahal. Selain dari SDM, kendala tercapainya manajemen klinik atau RS yang baik adalah kompetisi dari pesaing yang memberikan pelayanan yang semakin baik. 

Baca juga : Akreditasi Klinik Wajib Diurus Segera, Ini Syarat-Syaratnya

Oleh sebab itu, sebaiknya rekan sejawat lebih meningkatkan mutu pelayanan. Pilih orang yang tepat dan terlatih tentang manajemen rumah sakit. Tujuannya tentu agar tercapai visi dan misi dari klinik atau RS rekan sejawat. Namun tetap tidak meninggalkan disiplin ilmu manajemen rumah sakit. Ciptakanlah layanan yang bermutu tinggi serta berorientasi kepada klien. Ingat bahwa manajemen rumah sakit selalu berkembang. jadi sebaiknya Anda terus melakukan adaptasi. Adaptasi harus dilakukan pada semua aspek. Mulai dari SDM, hingga operasional rumah sakit. Periksa juga setiap perubahan yang ada apakah akan mempengaruhi mutu layanan klinik atau RS Anda. 

SIM Klinik juga akan mendukung proses akreditasi, yakni demi membantu kinerja pengelolahan faskes sehati-hari. SIM Trustmedis salah satu aplikasi pengelolahan manajemen faskes yang sudah mengintegrasikan layanan antar unit di faskes. Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  https://trustmedis.com/demo. Atau klik tombol dibawah ini 

Coba Gratis Aplikasi

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
24 June 2021
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda Memilih sistem manajemen keuangan untuk penagihan bisa jadi rumit. Ada begitu banyak pilihan yang berbeda, dan kita mungkin bingung apa yang harus dicari untuk membuat keputusan yang tepat. Dalam prakteknya, kita harus mempelajari semua yang perlu kita ketahui tentang software atau sistem manajemen keuangan untuk memudahkan [...]
Read More
23 June 2021
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien Manajemen rumah sakit yang baik dapat menjadi pembeda dan juga meningkatkan kunjungan pasien. Dengan manajemen rumah sakit yang baik, kualitas perawatan pasien akan semakin meningkat. Dalam tatanan pelayanan, koordinasi antar departemen merupakan jiwa dari manajemen rumah sakit. Tidak hanya pelayanan langsung kepada pasien, manajemen rumah sakit berkaitan [...]
Read More
22 June 2021
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time   Menghadapi era globalisasi yang ditandai dengan perubahan cepat dalam pelayanan kesehatan, pertumbuhan persaingan antar rumah sakit yang tajam serta kesempatan 'investasi perubahan', membutuhkan Sistem Informasi Manajemen faskes yang handal agar kita tidak tertinggal. Belum lagi di masa pandemi seperti ini, meningkatnya kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram