Aplikasi Fasilitas Kesehatan
22 September 2021
Wahyu Rizal

Pentingnya Mengintegrasikan Semua Unit di Klinik Anda

Skala pandemi dan tingkat infeksi yang cukup mengejutkan banyak penyedia layanan termasuk layanan kesehatan seperti klinik, membuat kita segera menyadari bahwa sistem dan tingkat sumber daya yang kita miliki tidak didukung untuk mengatasi masuknya pasien yang membutuhkan perawatan tanpa membahayakan satu sama lain. Namun, sisi sebaliknya adalah bahwa permintaan tak terduga ini telah memaksa sistem dan penyedia layanan kesehatan untuk mengadopsi teknologi dan cara kerja baru dengan kecepatan dan dengan hambatan yang relatif sedikit. Jadi, bagaimana kita bisa memanfaatkan teknologi untuk mengintegrasikan semua unit di klinik? Apa pentingnya mengintegrasikan semua unit di klinik? Apa Dampak yang bisa kita dapatkan jika mengintegrasikan semua unit klinik?

Mulai dari hal kecil

Langkah pertama bagi penyedia layanan kesehatan adalah untuk memikirkan jalan mereka menuju kesehatan masyarakat tingkat lanjut sebagai sebuah perjalanan, bukan tujuan. Pekerjaan di depan bisa diibaratkan sebagai sedikit 'kembang api', daripada 'ledakan besar' perubahan. Langkah-langkah tambahan menuju interoperabilitas atau integrasi secara maksimal, bukan reboot drastis dari seluruh sistem teknologi informasi. 

Ikuti model Plan-Do-Study-Act

Dilansir dari laman Orionhelth, Institute of Healthcare Improvement (IHI) mempromosikan model perbaikan Plan-Do-Study-Act (PDSA), yang merupakan metode ilmiah untuk menerapkan perubahan pada sistem yang ada. Bagaimana Anda membuat peningkatan atau perubahan tambahan pada sistem teknologi yang ada? Model PDSA, atau siklus, adalah metode yang direkomendasikan untuk menguji perubahan sebagai cara bagi dokter yang sibuk untuk meningkatkan cara fungsi klinik atau fasilitas mereka: merencanakannya, mencobanya, mengamati hasilnya dan kemudian bertindak berdasarkan hasil dengan menerapkan yang telah dipelajari.

Pilih yang menjadi prioritas

Penyedia layanan kesehatan harus memilih sesuatu yang menjadi prioritas bagi mereka, mengambil pendekatan PDSA untuk perubahan, membuatnya bekerja, dan kemudian pindah ke prioritas berikutnya. Beberapa klinik mungkin membuat keputusan untuk mengadopsi software yang memungkinkan pasien mengakses hasil laboratorium mereka sendiri. Perubahan ini segera mengurangi kebutuhan akan panggilan telepon dari perawat ke pasien untuk memberi tahu mereka hasil mereka. Untuk membuat perubahan lebih mudah dikelola dan efektif, klinik dapat memilih sekelompok kecil pasien untuk mencoba perubahan tersebut, seperti semua penderita diabetes.

Langkah selanjutnya adalah mempelajari intervensi. Apakah perubahan kecil membuat perbedaan pada efisiensi keseluruhan operasi penyedia? Apakah pasien lebih senang dengan layanan tersebut? Apakah itu membantu memberikan perawatan yang tepat, kepada pasien yang tepat, pada waktu yang tepat dan di tempat yang tepat? Jika memenuhi kriteria ini, maka Anda telah membuat langkah positif dan bertahap menuju kesehatan penduduk yang maju dan Anda dapat menindaklanjutinya.

Adopsi sistem informasi manajemen (SIM) klinik gratis untuk mencobanya

Sistem Informasi Manajemen (SIM) klinik adalah software yang membantu klinik untuk mengintegrasikan semua unitnya agar pelayanan kepada pasien menjadi lebih cepat, efektif dan juga efisien. Namun beberapa SIM klinik mematok harga yang kurang bersahabat, sehingga kita harus mempertimbangkan apakah sepadan dengan biaya yang kita keluarkan. Untuk itu memilih SIM klinik yang menyediakan trial gratis merupakan opsi terbaik. SIM Klinik Trustmedis misalnya. Anda dapat dengan mudah untuk mencoba mengintegrasikan unit di klinik Anda hanya dengan mengakses https://trustmedis.com/demo. Dengan demikian Anda tidak perlu untuk mengeluarkan biaya terlebih dahulu hingga Anda memutuskan untuk mengadopsinya.

SIM Klinik Trustmedis memiliki kemampuan untuk menghubungkan sistem internal yang berbeda, menciptakan pendekatan yang lebih menyeluruh untuk mengelola layanan kesehatan yang handal. Karena SIM Klinik Trustmedis adalah software berbasis cloud computing, hal ini membuat SIM Klinik Trustmedis menyimpan data baik pasien maupun data penting faskes lainnya terintegrasi ke dalam satu sumber. Integrasi ini dilakukan demi keandalan akses data secara real-time sehingga akan mempercepat proses kerja dan juga pelayanan terhadap pasien. Penggunaan SIM Klinik Trustmedis memfokuskan kembali pada teknologi yang meningkatkan kualitas dan efisiensi layanan perawatan dan dapat memberikan pengalaman pasien yang lebih baik. SIM Klinik Trustmedis memiliki kelebihan diantaranya:

  • Mudah Digunakan. Dibangun dengan mempertimbangkan kebutuhan pelanggan, SIM Klinik Trustmedis mudah dipelajari dan digunakan. Fungsi dalam modul telah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan sebagian besar rumah sakit.
  • Inovatif. Solusi Inovatif terbaik dalam perawatan kesehatan dengan fokus pada Speech-to-text untuk staf Klinis, EMR Interaktif, pembuatan e-resep sekali klik, fungsionalitas gateway pembayaran untuk memungkinkan pasien membayar online untuk pembayaran yang tertunda dan banyak lagi.
  • Aman. Memiliki tim yang berpengalaman dan terampil memastikan bahwa solusi HIS bebas dari pelanggaran keamanan. Ini termasuk melindungi jaringan, program, dan data dari akses atau kerusakan yang tidak sah dan privasi data dipulihkan.
  • Mobilitas dan teknologi canggih berbasis web. Solusi efisiensi dengan teknologi canggih berbasis web membuat seluruh proses menjadi sangat sederhana, intuitif, dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan gadget yang kita gunakan sehari-hari.

Trustmedis software manajemen fasilitas kesehatan berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan. Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap. Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  https://trustmedis.com/demo. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi yang terintegrasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Jaga fasilitas kesehatan Anda dalam kondisi terbaik dan tumbuhkan bisnis Anda bersama kami.

Baca juga : 3 Tips Menjalankan Klinik Agar Menjadi Pilihan Utama

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
21 October 2021
Perkiraan Waktu Pelayanan dari Booking Online Mengurangi Tumpukan Pasien di Klinik
Perkiraan Waktu Pelayanan dari Booking Online Mengurangi Tumpukan Pasien di Klinik Sebagian besar faskes mengalami kesulitan dalam mengontrol jumlah pasien mengingat tidak ada yang bisa membatasi jumlah pasien per hari, sehingga kedatangan pasien tidak terkontrol. Pasien datang ke faskes sesuka hatinya selama masih dalam rentang waktu jadwal praktek dokter yang mereka tuju yang menyebabkan penumpukan [...]
Read More
18 October 2021
E-Tiket Memudahkan Pasien dalam Membaca Aturan Pakai Obat
E-Tiket Memudahkan Pasien dalam Membaca Aturan Pakai Obat Apoteker merupakan tenaga kesehatan terakhir yang ditemui oleh pasien setelah pasien melalui seluruh rangkaian pengobatan di fasilitas kesehatan. Apoteker bertanggung jawab untuk menyerahkan obat yang benar, kepada pasien yang benar, dan pada waktu yang benar. Selain itu, apoteker juga bertanggung jawab atas kebenaran dan ketepatan obat dan [...]
Read More
14 October 2021
Mengurangi Kesalahan Pembacaan Resep dengan E-Resep
Mengurangi Kesalahan Pembacaan Resep dengan E-Resep Permasalahan terkait obat masih sering terjadi di lapangan, antara lain pasien menerima obat yang salah, dosis yang tidak tepat, pasien mengalami efek samping obat, dan kejadian yang tidak diharapkan akibat terapi yang diterima. Penyebab terjadinya permasalahan tersebut salah satunya bermula dari kesalahan pembacaan resep yang dituliskan dokter kepada apoteker. [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram