6 December 2021
chanafi@trustmedis.co.id

Mengutip situs wikipedia, rekam medis merupakan dokumentasi sistematis dari riwayat medis dan perawatan pasien tunggal sepanjang waktu dalam yurisdiksi penyedia layanan kesehatan tertentu.

Rekam medis menjadi dokumen penting bagi setiap fasilitas kesehatan. Seluruh tenaga kesehatan yang berwenang, harus bisa mengakses rekam medis dengan mudah kapanpun mereka membutuhkan. Selain itu, karyawan fasilitas kesehatan yang bertugas di bagian rekam medis harus bisa mengakses dan menyiapkan dengan segera saat dibutuhkan oleh tenaga kesehatan.

1. Mengapa Data Rekam Medis Harus Mudah di akses?

Karena rekam medis pasien merupakan dokumen rujukan dokter dalam pengambilan keputusan perawatan pasien.

Selain itu, rekam medis pasien juga menjadi media komunikasi antar tenaga kesehatan, seperti perawat, bidan, apoteker, hingga analis laboratorium. Apabila rekam medis banyak yang tercecer dan sulit diakses, maka tenaga kesehatan akan kesulitan dalam menggunakannya.

Parahnya jika ada rekam medis yang hilang, dokter juga akan kesulitan melihat riwayat pasien. Hal tersebut berpotensi mengakibatkan error dalam pengambilan keputusan klinis.

Dari penjelasan di atas, maka menjadi penting bagi setiap fasilitas kesehatan untuk melakukan pengelolaan data rekam medis dengan baik dan benar.

2. Berkenalan dengan Rekam Medis Elektronik

Sekarang mari kita berkenalan dengan rekam medis elektronik. Di era digital, kita semua tahu bahwa penggunaan teknologi mampu mempercepat dan mempermudah pekerjaan manusia. Hal ini terjadi juga pada manajemen rekam medis pasien. Penggunaan teknologi mempermudah penyimpanan dan akses data pasien. Selain itu, fasilitas kesehatan juga tidak perlu khawatir kehilangan data pasien karena telah tersimpan dengan aman di sistem digital cloud.

Dengan menggunakan rekam medis elektronik, maka data atau dokumen yang disimpan akan lebih mudah diakses oleh pihak yang berwenang saat dibutuhkan.

Baca juga: Rekam Medis Elektronik sebagai Wujud E-Kesehatan Nasional

Namun sebelum menggunakan rekam medis elektronik, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Mengacu pada ISO 9001 - 2015 tentang sistem manajemen mutu, data/dan atau dokumen harus:

  1. Akurat: Pun sudah menggunakan sistem, kita harus melakukan random checking dan pengkinian data secara berkala untuk meminimalisir redudansi data
  2. Tervalidasi: Pada proses penginputan data, tenaga kesehatan khususnya dokter dan atau perawat perlu melakukan konfirmasi kevalidan data sebelum melakukan penyimpanan data.
  3. Terdapat record dan traceability: Selain kemudahan saat melakukan penyimpanan data, sistem yang baik harus memiliki history/ rekam jejak aktifitas baik penyimpanan maupun perubahan data.
  4. Mudah diakses: Dalam konteks ini 2 hal yang perlu kita perhatikan, selain maksudnya mudah dipahami bagi pengguna (tenaga medis yang berwenang), akses kepada data rekam medis juga harus cepat agar tidak mengganggu proses pelayanan.
3. Keuntungan Menggunakan Rekam Medis Elektronik
  1. Kolaborasi antar dan akses ke data klinis pasien;
  2. mengurangi biaya penyimpanan data seperti ruangan, kertas, peralatan cetak seperti printer, tinta, dll.
4. Regulasi Pemerintah Terkait Rekam Medis

Pemerintah telah menjelaskan aturan terkait pengelolaan rekam medis pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269/Menkes/PER/III/2008. Dari peraturan tersebut kita bisa memahami bahwa pengelolaan rekam medis yang baik dan benar, harusnya menjadi prioritas utama atas segala bentuk aktifitas atau pekerjaan tenaga kesehatan. Dengan demikian, fasilitas kesehatan diharapkan mulai menggunakan rekam medis elektronik. Rekam medis konvensional sedikit demi sedikit dialihkan ke sistem digital.

5. Solusi Rekam Medis Elektronik HIS Trustmedis

Saat membaaca sub judul poin 5 ini, kami yakin bagi Anda yang belum menggunakan rekam medis elektronik untuk pengelolaan data rekam medis di fasilitas kesehatan Anda, saat ini sedang bertanya-tanya, kira-kira sistem informasi manajemen apa yang memiliki modul rekam medis elektronik yang baik dan benar?

Apabila Anda menggunakan HIS Trustmedis, maka Anda akan mendapatkan modul Rekam Medis Elektronik yang memiliki fitur seperti diantaranya:

  1. Laporan RL - 10 diagnosa penyakit terbanyak
  2. BOR-LOS-TOI
  3. Monitoring Berkas
  4. Surat Bebas Narkoba, dan masih banyak lagi yang lainnya
Bagaimana Jika Anda Ingin Tahu Lebih Banyak Mengenai Rekam Medis Elektronik HIS Trustmedis?

Silahkan klik tombol berikut

🔽 🔽 🔽 🔽 🔽

COBA GRATIS

Ikuti social media kami
[DISPLAY_ULTIMATE_SOCIAL_ICONS]

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
21 April 2022
5 Tips Sukses Bisnis Klinik Kecantikan di Era Digital
Bisnis Klinik Kecantikan Menjadi Peluang yang Menjanjikan Bisnis di industri kecantikan adalah salah satu bidang yang memiliki peluang usaha yang bagus dari waktu ke waktu. Menilik data dari Badan Pusat Statistika (BPS), bahwa pendapatan industri kecantikan mencapai Rp. 99,33 T pada tahun 2020. Dimana angka tersebut naik 2,29 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini tidak [...]
Read More
31 March 2022
Menilik Potensi Digital Health Bagi Layanan Kesehatan
Mengutip dari “Blueprint For Digital Health Transformation Strategy Indonesia 2024”, permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia adalah: Setidaknya 270 juta data Informasi medis masih tercatat secara manual. Banyaknya penyedia layanan kesehatan yang mengelola data kesehatan. Jutaan resep masih berdasarkan informasi individu yang tertulis di kertas. Banyaknya aplikasi kesehatan yang masih berdasarkan informasi individu. Tenaga kesehatan tidak [...]
Read More
29 March 2022
4 Keuntungan dari Patient-Centered Care
Patient-Centered Care (PCC) berfokus pada pasien dan kebutuhan individual khusus tentang layanan kesehatan, PCC dibutuhkan dan lahir untuk keamanan pasien.   Di Patient-Centered Care, kebutuhan spesifik individu dan hasil yang diinginkan merupakan alasan dibalik keputusan layanan kesehatan dan mengukur kualitas. Tujuan dari Patient-Centered Care adalah untuk mendorong pasien agar lebih aktif saat perawatan.   Namun, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2022 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram