Aplikasi Fasilitas Kesehatan
13 December 2021
Wanda Putri

Di sektor kesehatan tidak hanya laporan keuangan, tetapi juga laporan pasien rawat jalan, laporan tindakan pasien, laporan harian pasien rawat inap, dll. Tetapi juga ada rekapitulasi laporan rumah sakit. Apa itu?

Laporan yang telah disebutkan di atas nantinya akan diserahkan ke Kemenkes dalam bentuk rekapitulasi laporan (RL). Rekapitulasi laporan rumah sakit merupakan salah satu elemen penting bagi faskes untuk menunjukkan kualitas layanan. Terdapat 5 jenis formulir yang harus diisi oleh bagian sistem informasi di rumah sakit.

Akan tetapi, proses pelaporan rekapitulasi laporan ke Kemenkes sangat rumit. Selain itu, membutuhkan banyak data dalam satu laporan. Yuk, kita pahami dulu alur dan jenis form rekapitulasi laporan.

Alur pelaporan rekapitulasi laporan rumah sakit:

Berdasarkan juknis sistem informasi rumah sakit, rekapitulasi laporan rumah sakit ditujukan ke Dirjen Bina Upaya Kesehatan. Terdapat alur yang harus dipersiapkan sebelum mempersiapkan formulir.

  • Data registrasi pasien rawat inap

Dalam bentuk dokumen yang berisi data pasien yang menjalani layanan rawat inap, mulai dari identitas pasien, lama pasien rawat inap hingga cara pembayaran.

  • Sensus pasien rawat inap

Laporan sensus pasien rawat inap dilakukan setiap hari. Meliputi penghitungan seluruh jumlah pasien yang sedang menjalani rawat inap.

  • Rekapitulasi pasien rawat inap

Laporan harian pasien rawat inap yang berisi sensus harian pasien rawat inap selama satu bulan.

  • Rekapitulasi berdasarkan jenis layanan

Rekapitulasi jenis layanan dilakukan setiap bulan dan setiap jenis layanan yang dilakukan. Berbentuk formulir mirip dengan rekapitulasi harian rawat inap. Formulir berisi informasi pasien di rawat inap berdasarkan jenis layanan yang diterima.

  • Formulir data triwualan

Berupa form rekapitulasi dari akumulasi data pasien rawat jalan selama periode waktu tiga bulan.

Kemudian, terdapat 5 jenis form rekapitulasi laporan rumah sakit yang harus diserahkan saat pelaporan. Apa saja?

Jenis formulir rekapitulasi laporan:

  1. RL1 -- berisi data dasar rumah sakit, seperti profil, alamat, nomor izin, nomor customer care, dan lainnya.
  2. RL2 -- berisi data sumber daya manusia di faskes, yang dilaporkan setiap tahun.
  3. RL3 -- berisi data pelayanan medis dan non-medis yang dilakukan oleh faskes dan dilaporkan setiap tahun.
  4. RL4 -- berisi data morbiditas dan mortalitas pasin di faskes, yang dilaporkan setiap tahun.

  5. RL5 -- berisi data bulanan kunjungan pasien dan data 10 penyakit terbanyak yang ditangani dan dilaporkan secara periodik setiap bulan.

Seluruh alur dan formulir pelaporan ke Kemenkes cenderung rumit dan memakan waktu. Di samping itu, struktur dan format laporan hendaklah diatur sedemikian rupa agar memenuhi persyaratan.

Oleh sebab itu, faskes Anda disarankan untuk menggunakan sistem informasi terintegrasi, contohnya HIS Trustmedis. Dengan demikian, proses input data dan penarikan laporan lebih cepat, efisien, dan akurat. Format laporan di dalam HIS Trustmedis juga telah sesuai dengan persyaratan pelaporan rekapitulasi laporan rumah sakit.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang laporan dari modul dashboard HIS Trustmedis.
klik tombol di bawah ini

⏬⏬⏬⏬⏬

COBA GRATIS

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
27 January 2022
Keunggulan HIS Trustmedis sebagai Aplikasi Rumah Sakit
Aplikasi rumah sakit - Peralihan operasional manual di rumah sakit ke sistem digital (aplikasi rs online) memang tidak semudah membalikkan tangan, namun implementasi aplikasi rs bukan suatu ketidakmungkinan. Pertanyaan yang sering muncul di kalangan owner atau direksi faskes, Kenapa pakai sistem digital kalau staff sudah memiliki kualitas dan keahlian untuk menjalankan operasional faskes secara manual? [...]
Read More
25 January 2022
BPJS PCare Apa dan Kegunaannya?
BPJS Kesehatan berkomitmen untuk memperbaiki pelayanan kesehatan di Indonesia dengan membentuk BPJS PCare dan resmi beroperasional pada tahun 2014.   Primary Care (PCare) adalah salah satu aplikasi dari BPJS Kesehatan yang menawarkan faskes tingkat pertama, seperti puskemas; klinik; praktek dokter mandiri; ataupun laboratorium rujukan peserta BPJS Kesehatan. Fungsi PCare telah sesuai dengan kebutuhan akses data [...]
Read More
22 January 2022
BPJS Aplicare 101!
42 adalah jumlah Rumah Sakit di Surabaya yang terintegrasi dengan BPJS Aplicare, yang terdiri dari: 41 Rumah Sakit telah mengupdate ketersediaan kamar secara rutin, 1 Rumah Sakit sedang proses integrasi data dan sistem.   Merupakan bentuk keterbukaan informasi tentang faskes baik tingkat 1 maupun tingkat lanjut, sistem ini dapat diakses oleh publik dan dapat diakses [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram