23 August 2021
chanafi@trustmedis.co.id

Telemedis, Teknologi Baru yang Berperan Penting Selama Pandemi

Penggunaan telemedis memungkinkan perawatan diberikan di luar fasilitas medis, yang sangat mengurangi kebutuhan untuk meninggalkan rumah bagi banyak pasien. Dalam situasi saat ini, ketika setiap kunjungan ke klinik atau rumah sakit membawa risiko infeksi SARS-Cov-2, telemedis telah menjadi kebutuhan. Dengan menggunakan komputer atau smartphone, pasien dapat mengirim catatan kesehatan, pengukuran vital seperti tekanan darah atau suhu, dan memanfaatkan konsultasi video. Semua ini membuat pasien dan dokter semakin menghargai telemedis dan penggunaan teknologi baru terkait seperti telekonsultasi, pemantauan kesehatan jarak jauh, dan berbagi catatan kesehatan dari tanpa perlu meninggalkan rumah. 

Pasien berisiko tinggi harus membatasi meninggalkan rumah seminimal mungkin, dan sebaiknya tidak keluar sama sekali. Sayangnya, mereka seringkali manula dan orang dengan penyakit kronis yang harus memantau tanda-tanda vital secara konstan, dan secara teratur berkonsultasi dengan dokter. Pemantauan jarak jauh memungkinkan pengamatan kesehatan pasien di luar fasilitas medis, yang, dalam keadaan saat ini, merupakan pilihan teraman dan paling nyaman. Pasien yang sakit kronis berisiko terkena COVID-19 yang parah. Sistem kekebalan mereka, yang dilemahkan oleh penyakit lain, mengatasi virus baru yang paling buruk. Ini berlaku khususnya untuk orang-orang dengan penyakit kardiovaskular, diabetes, penyakit pernapasan, hipertensi, kanker, dan penyakit radang usus.

Baca juga : Doctugo Bantu Faskes Raih Kepuasan dan Kepercayaan Pasien

Kelompok pasien ini membutuhkan pemantauan kesehatan yang teratur dan berkelanjutan, tetapi saat ini, pertemuan medis tatap muka tidak aman bagi mereka. Pemantauan jarak jauh menyederhanakan proses perawatan dengan memungkinkan berbagi data dan konsultasi yang sederhana dan efektif tanpa meninggalkan rumah, yang mengurangi risiko kontak dengan orang yang berpotensi terinfeksi. Namun, peran kunci dari teknologi pemantauan kesehatan modern adalah untuk memfasilitasi deteksi dini dan respons masalah. Ini dimungkinkan berkat platform telemedis yang menerima dan memproses data dari perangkat pengukur, aplikasi, dan sistem untuk pemantauan jarak jauh.

Atas hal ini lah, Trustmedis memeberikan solusi perawatan bagi pasien dengan aplikasi Doctugo. Tidak hanya menguntungkan pasien, aplikasi Doctugo juga membantu faskes untuk terus memantau kesehatan pasien tanpa berkontak fisik secara langsung. Doctugo diberikan gratis kepada faskes untuk membantu meningkatkan jumlah kunjungan dan pendapatan faskes. Hal ini tentu saja juga menjaga bahkan meningkatkan pendapatan faskes. Doctugo pada dasarnya adalah sebuah aplikasi Android yang dikembangkan Trustmedis untuk membantu Faskes melayani pasien dengan lebih optimal. Doctugo aplikasi gratis yang diberikan kepada faskes dan telah terintegrasi dengan SIM RS/Klinik Trustmedis. Beberapa fitur andalan Doctugo yang dapat dimanfaatkan faskes raih kepuasan dan kepercayaan pasien adalah:

Booking atau Pendaftaran Online

Dengan Doctugo, pasien dapat melakukan pendaftaran online kapanpun dan dimanapun tanpa perlu datang ke faskes. Pasien juga akan mendaftarkan informasi terperinci mengenai jadwal dokter dan juga memastikan untuk mendapatkan kuota kunjungan.

Antrian Online

Aplikasi Doctugo membantu pasien untuk mengetahui estimasi lama antrian secara online. Sehingga pasien tidak perlu antri terlalu lama dan bisa datang saat akan dilayani. Waktu tunggu pasien yang terlalu lama akan berdampak negatif pada pasien itu sendiri. Selain itu, waktu tunggu pasien yang terlalu lama juga dapat membuat pasien merasa tertekan, meningkatkan perasaan sakit dan merupakan penyebab utama ketidakpuasan dalam pelayanan kesehatan.

Resume Medis

Pasien dapat mengetahui resume medis atau riwayat pengobatan dan menunjukkan kepada dokter yang hendak melakukan pemeriksaan bila dibutuhkan, langsung dari HP. Doctugo menawarkan penyimpanan dokumen medis yang aman dengan teknologi cloud computing. Hal ini memungkinkan data rekam medis yang mudah diakses dari mana saja dan kapan saja. 

Telemedis

Telemedis membantu faskes untuk tetap melayani konsultasi kesehatan kepada masyarakat di masa pandemi dengan aman. Telemedis membantu dokter terhubung dengan pasien dengan layanan konsultasi secara virtual. Selama kunjungan virtual, dokter dapat memantau kondisi, mengenali tanda gejala dan melakukan peresepan.

Baca juga : Manajemen Laboratorium Rumah Sakit

Trustmedis terus mengembangkan Sistem Informasi Manajemen dan aplikasi pendukung lainnya berdasarkan penelitian dan saran dari faskes yang bekerjasama dengan kami. Jika update tersedia, Anda tidak perlu membayar lagi untuk menikmati update terbaru dari kami. Gunakan SIM Trustmedis sekarang juga. Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan. Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap.Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  https://trustmedis.com/demo. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Jaga fasilitas kesehatan Anda dalam kondisi terbaik dan tumbuhkan bisnis Anda bersama kami.

Ikuti social media kami
[DISPLAY_ULTIMATE_SOCIAL_ICONS]

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
21 April 2022
5 Tips Sukses Bisnis Klinik Kecantikan di Era Digital
Bisnis Klinik Kecantikan Menjadi Peluang yang Menjanjikan Bisnis di industri kecantikan adalah salah satu bidang yang memiliki peluang usaha yang bagus dari waktu ke waktu. Menilik data dari Badan Pusat Statistika (BPS), bahwa pendapatan industri kecantikan mencapai Rp. 99,33 T pada tahun 2020. Dimana angka tersebut naik 2,29 persen dari tahun sebelumnya. Hal ini tidak [...]
Read More
31 March 2022
Menilik Potensi Digital Health Bagi Layanan Kesehatan
Mengutip dari “Blueprint For Digital Health Transformation Strategy Indonesia 2024”, permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia adalah: Setidaknya 270 juta data Informasi medis masih tercatat secara manual. Banyaknya penyedia layanan kesehatan yang mengelola data kesehatan. Jutaan resep masih berdasarkan informasi individu yang tertulis di kertas. Banyaknya aplikasi kesehatan yang masih berdasarkan informasi individu. Tenaga kesehatan tidak [...]
Read More
29 March 2022
4 Keuntungan dari Patient-Centered Care
Patient-Centered Care (PCC) berfokus pada pasien dan kebutuhan individual khusus tentang layanan kesehatan, PCC dibutuhkan dan lahir untuk keamanan pasien.   Di Patient-Centered Care, kebutuhan spesifik individu dan hasil yang diinginkan merupakan alasan dibalik keputusan layanan kesehatan dan mengukur kualitas. Tujuan dari Patient-Centered Care adalah untuk mendorong pasien agar lebih aktif saat perawatan.   Namun, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2022 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram