Aplikasi Fasilitas Kesehatan
8 October 2021
Wahyu Rizal

Telemedis Video Call dengan Dokter sebagai Alternatif Pemantauan Kondisi Pasien

Berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, sejak pandemi COVID-19 terjadi peningkatan penggunaan telemedis hingga 443%. Terdapat beberapa pertimbangan yang mempengaruhi keputusan pasien dalam menggunakan telemedis, antara lain menghemat waktu daripada harus antri di fasilitas kesehatan, memutus rantai penyebaran penyakit, tidak perlu izin ke tempat bekerja atau bahkan mengambil cuti, dan dapat diakses kapan dan dimana saja. Telemedis juga memiliki peran penting dalam pencegahan dan penanganan penyakit dengan gejala ringan sebelum penyakit tersebut memperparah kondisi pasien.

Telemedis dapat dilakukan dengan berbagai platform. Trustmedis membuka sebuah wawasan bagi dokter dan pasien bahwa telemedis dengan video call memiliki banyak keuntungan. Trustmedis berkomitmen mendukung faskes berkembang dan tetap dapat melayani pasien di situasi pandemi dengan menyediakan platform telekonsultasi atau telemedis secara GRATIS kepada semua faskes. 

Dari sisi pasien dapat memanfaatkan layanan telemedis melalui aplikasi Doctugo.  Doctugo menjadi solusi untuk telemedis yang lebih efektif dan dapat diandalkan dengan kelebihan yang ditawarkan, yaitu video call dengan dokter.

Baca juga : Gunakan Doctugo Untuk Mengurangi Waktu Tunggu Pasien Anda

4 keuntungan telemedis dengan video call antara lain:

  • Memberikan kenyamanan sama seperti datang ke fasilitas kesehatan

Video call memberikan kesempatan bagi dokter dan pasien berinteraksi layaknya berinteraksi secara langsung di fasilitas kesehatan. Pasien dapat memperlihatkan langsung kondisi kesehatannya atau mungkin luka yang ada di tubuhnya tanpa harus mengantri di fasilitas kesehatan. Pasien juga bisa dengan mudah berjalan ke tempat dimana mereka menyimpan obat apabila dokter ingin mengetahui obat apa yang sedang dikonsumsi pasien, kemudian memperlihatkannya secara langsung ke dokter.

  • Memberikan keuntungan tambahan bagi fasilitas kesehatan

Pada masa pandemi COVID-19 banyak fasilitas kesehatan yang harus tutup karena banyaknya pegawai yang terpapar virus yang menyebabkan dokter tidak bisa praktik dan terjadi penurunan pemasukan bagi fasilitas kesehatan. Hadirnya telemedis Doctugo dengan video call yang bisa diakses dengan satu perangkat dan dilakukan kapan dan dimana saja akan memudahkan pasien dalam memenuhi kebutuhan kesehatannya dan dokter tetap bisa menjalankan pelayanan tanpa harus datang ke tempat praktik. Fasilitas kesehatan yang bersangkutan tetap mendapatkan pendapatan dari layanan telemedis tersebut.

  • Meningkatkan kualitas pelayanan fasilitas kesehatan

Jika ada pasien yang sakit dan tidak memungkinkan untuk bepergian karena kondisinya, dokter dapat memeriksa pasien melalui video call saat mereka sedang beristirahat di rumah. Dengan begitu, kualitas pelayanan yang ditawarkan oleh fasilitas kesehatan meningkat secara signifikan dan kepercayaan pasien terhadap fasilitas kesehatan terkait akan meningkat pula.

  • Meningkatkan pemantauan kondisi pasien

Penyakit dan kondisi tertentu mengharuskan pasien untuk bolak balik ke fasilitas kesehatan untuk melakukan kontrol. Video call dengan dokter menggunakan Doctugo menjadi alternatif yang dapat diandalkan. Pasien tidak perlu bolak balik mengunjungi dokter dan lama mengantri, namun hanya dengan satu perangkat saja melalui Doctugo pasien dapat langsung melakukan kontrol kondisi dengan dokter.

Baca juga : Klinik Untung Maksimal Dengan SIM Klinik Trustmedis

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
2 December 2021
Laporan Keuangan Klinik atau RS, Selesai Dalam 1 Menit
Setiap fasilitas kesehatan pasti membutuhkan laporan seperti contohnya laporan keuangan klinik atau rumah sakit, sebagai tolak ukur kinerja, bahan evaluasi, dan bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis serta rencana kinerja ke depan. Jenis-jenis laporan yang dibutuhkan kebanyakan faasilitas kesehatan: Laporan kunjungan pasien; Laporan pendapatan dari pelayanan dan farmasi; Laporan pendapatan faskes; dan Laporan keuangan secara [...]
Read More
26 November 2021
Rekam Medis Elektronik sebagai Wujud E-Kesehatan Nasional
Rekam Medis Elektronik sebagai Wujud E-Kesehatan Nasional Berdasarkan World Health Organization (WHO), medical record atau rekam medis didefinisikan sebagai suatu dokumen yang berisi informasi pasien terkait diagnosa, rencana terapi, pengobatan yang diterima, dan evaluasi kesehatan pasien secara keseluruhan. Mengutip dari Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269/MENKES/PER/III/2008 tentang rekam medis, rekam medis adalah berkas yang [...]
Read More
19 November 2021
Praktik Dokter Mandiri 67% Tutup Saat Pandemi, Benarkah?
Bila Anda sedang membaca artikel ini, besar kemungkinan saat ini Anda sedang menjalankan kegiatan praktik dokter mandiri dan mungkin artikel ini akan bermanfaat untuk Anda. Silahkan baca sampai akhir. Sudah menjadi rahasia umum bahwa 2020-2021 menjadi tahun pembantaian bisnis terbesar abad ini. Tidak sedikit jumlah UMKM yang terpaksa gulung tikar. Ketua Asosiasi UMKM, Ikhsan Ingratubun [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram