Aplikasi Fasilitas Kesehatan
11 January 2021
Wahyu Rizal

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 269 tahun 2008, terdapat dua jenis rekam medis, yaitu rekam medis konvensional dan rekam medis elektronik. Selain itu, tata kelola penyimpanan rekam medis sesuai Permenkes Nomor 269 Pasal 8 dan 9 tentang Rekam Medis disebutkan bahwa rekam medis wajib disimpan dalam jangka 5 tahun bagi Fasilitas Kesehatan (faskes) Rumah Sakit dan 2 tahun bagi non rumah sakit. 

Hal ini akan menjadi masalah tersendiri bagi faskes seperti klinik dan prakter dokter pribadi jika masih menggunakan penyimpanan data rekam medis secara konvensional. Penyimpanan data rekam medis secara konvesional membutuhkan ruangan khusus dan juga biaya perawatan yang bisa dibilang tidak murah. Mulai dari penataan hingga perawatan untuk menjaga data rekam medis agar tidak rusak dimakan serangga.

Selain itu, penyimpanan data rekam medis secara konvesional tentu saja akan lebih beresiko jika terjadi bencana seperti banjir ataupun kebakaran. Inilah mengapa penyimpanan data rekam medis secara elektronik dianggap menjadi solusi untuk menghindari hal yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, penyimpanan data secara elektronik juga dapat menekan dan juga mengurangi biaya pengeluaran faskes.

Seiring perkembangan teknologi informasi dibidang kesehatan yang semakin meningkat, penyimpanan data rekam medis menjadi jauh lebih aman dan efektif karena data disimpan dalam bentuk digital. Selain itu, penyimpanan data secara elektronik juga memiliki beberapa kelebihan, seperti:

  • Rekam Medis lebih cepat dan mudah diakses dimana saja kapan saja
  • Rekam Medis tersimpan secara digital tidak akan usang hingga bertahun-tahun
  • Rekam Medis aman dari bahaya bencana alam
  • Rekam Medis lengkap dan mudah dibaca

Namun seiring berjalannya waktu, implementasi rekam medis elektronik memiliki beberapa kendala seperti biaya infrastruktur yang masih bisa dibilang besar, keamanan data dan jaringan, serta sumber daya yang kurang berpengalaman. Kendala lain dalam penerapan rekam medis elektronik adalah biaya tambahan untuk pembelian server, install berbagai macam aplikasi pendukung, pemeliharaan yang mahal, serta teknisi untuk perawatan server yang juga memakan biaya yang tidak sedikit.

Permasalahan ini menjadikan penyimpanan rekam medis terus berkembang. Belakangan, layanan rekam medis elektronik berbasis cloud merupakan salah satu model baru yang menjembatani permasalahan tersebut. Layanan Cloud sebenarnya merupakan fasilitas yang sudah lama digunakan di Negara-negara maju. Technology Cloud Computing, teknologi yang masih terbilang baru ini juga memberikan kontribusinya dalam perkembangan dunia kesehatan. Untuk mendukung penyimpanan rekam medis berbasis cloud, Trustmedis memiliki pelayanan yang bernama on Cloud.

Layanan Cloud Trustmedis aman dan mudah digunakan, bahkan untuk fasilitas kesehatan yang besar sekalipun. Dengan layanan Cloud Trustmedis, penyedia layanan kesehatan tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk infrastruktur seperti biaya pengadaan server dan biaya maintenance rekam medis elektronik. Selain itu, pengguna layanan tidak perlu lagi memikirkan fitur rekam medis elektronik karena Cloud Trustmedis telah menyediakan fitur yang familiar bagi penggunanya.

baca juga :Tak Takut Bencana, RM Tetap Aman dengan Cloud Server

Layanan rekam medis berbasis cloud juga mempermudah data sharing antar penyedia layanan kesehatan. Sistem tersebut berguna bagi layanan kesehatan rujukan atau layanan kesehatan yang memiliki jejaring. Tidak hanya itu, dengan layanan cloud, biaya infrastruktur dapat ditekan dan data sharing dapat dilakukan dengan mudah antar fasilitas kesehatan, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Data pasien yang tersimpan dalam layanan cloud dapat diakses secara mobile, kapanpun, dan di manapun oleh pihak berwenang, serta jumlah data yang dapat tersimpan lebih besar dibandingkan rekam medis berbasis kertas. Cloud Trustmedis telah menyediakan sistem pengamanan yang mencakup prosedur dan sistem pencegahan dan penanggulangan terhadap ancaman dan serangan yang menimbulkan gangguan, kegagalan, dan kerugian. 

Berikut adalah beberapa kelebihan jika menggunakan cloud Trustmedis:

Mengurangi sumber daya

Dalam dunia kesehatan pengunaan cloud trustmedis sebagian besar untuk mendukung operasional, administarsi dan sumberdaya manusia. Bermigrasi ke cloud computing berarti mengizinkan teknologi ini untuk membantu membuat jadwal dan memudahkan manajemen untuk melakukan inventaris juga hal-hal pendukung lainnya.

Meningkatkan layanan kepada pasien

Cloud trustmedis akan mengurangi interaksi tatap muka hingga 70% sehingga pasien tidak perlu menunggu kedatangan dokter sampai mengurangi istirahat mereka. Hal ini dapat dilakukan karena cloud computing mengintegrasikan perawatan konvensional dengan virtual. Salah satunya dengan menyimpan data rekam medis pasien di cloud computing sehingga dengan mudah dapat diakses oleh dokter atau perawat dari mana dan kapan saja bahkan perangkat apa saja selama terhubung dengan internet dan memiliki akses.

Meningkatkan keamanan terutama terkait data rekam medis pasien

Seiring dengan perkembangan, cloud computing terus berbenah. Bahkan keamanan ini menjamin cloud merupakan tempat yang aman untuk menyimpan berbagai data sensitive termasuk rekam media pasien yang hanya boleh diakses oleh petugas media dan pasien. Walau dapat diakses dari mana dan kapan saja tetapi hanya yang memiliki akses yang dapat melihat atau mengunduh data rekam medis tersebut sehingga keamanan benar-benar terjamin.

Trustmedis akan membantu dalam menghubungkan semua pelayanan yang ada di faskes Anda serta menyimpan dengan baik dan tepat semua data rekam medis pasien Anda. Sehingga tidak perlu bersusah-susah untuk mencatat rekam medis pasien di kertas lalu menyimpannya di lemari hinga bertahun-tahun lamanya.

Dapatkan aplikasi Trustmedis GRATIS untuk meningkatkan manajemen faskes anda dengan mengakses https://trustmedis.com/demo. Dengan menggunakan trustmedis, faskes akan mendapatkan kemudahan. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik.

Coba Gratis Aplikasi

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
22 September 2021
Pentingnya Mengintegrasikan Semua Unit di Klinik Anda
Pentingnya Mengintegrasikan Semua Unit di Klinik Anda Skala pandemi dan tingkat infeksi yang cukup mengejutkan banyak penyedia layanan termasuk layanan kesehatan seperti klinik, membuat kita segera menyadari bahwa sistem dan tingkat sumber daya yang kita miliki tidak didukung untuk mengatasi masuknya pasien yang membutuhkan perawatan tanpa membahayakan satu sama lain. Namun, sisi sebaliknya adalah bahwa [...]
Read More
21 September 2021
Medicast #58 - Konsultasi Rutin & Nutrisi Esensial Selama Kehamilan
Medical Podcast Trustmedis
Medical Podcast Trustmedis
Medicast #58 - Konsultasi Rutin & Nutrisi Esensial Selama Kehamilan
/
Read More
20 September 2021
Dapatkan 7 Manfaat Ini Jika Anda Menggunakan Software Kasir Faskes
Dapatkan 7 Manfaat Ini Jika Anda Menggunakan Software Kasir Faskes Inti dari pekerjaan di sebuah faskes seperti Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit adalah merawat pasien, bukan melacak atau memilah tagihan. Itulah sebabnya software kasir faskes ada untuk membantu pekerjaan ini lebih mudah, efektif, dan juga efisien! Tapi apa yang perlu Anda cari dalam software kasir [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram