Aplikasi Fasilitas Kesehatan
22 April 2021
Wahyu Rizal

Bagaimanakah Sebenarnya Wujud Rumah Sakit yang Ideal?

Pelayanan rumah sakit yang ideal dapat diukur dengan cara yang sederhana. Pelayanan rumah sakit ideal tercermin dari keramahan petugas, pelayanan yang tepat dan cepat, dokter yang selalu tersedia dan lain-lain. Sedangkan jika dilihat dari segi sarana dan prasarana, pelayanan rumah sakit yang ideal dapat dilihat dari ketersediaan air yang cukup, tersedianya listrik, kamar mandi yang memadai, kelengkapan peralatan kesehatan dan lain-lain. Selain itu, kondisi demografi juga dapat menentukan pelayanan rumah sakit yang ideal. Jarak tempuh, waktu dan juga biaya dapat memotivasi masyarakat berkunjung ke rumah sakit untuk berobat.

Pelayanan rumah sakit harus lebih efektif, namun pada prakteknya, masih banyak pasien yang kurang puas dengan pelayanan yang diberikan karena tidak sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan. Maka dari itu, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar pelayanan rumah sakit menjadi lebih meningkat. Dilansir dari laman Medicalfuturist, berikut adalah beberapa poin penting yang harus diterapkan agar rumah sakit memiliki pelayanan yang ideal.

  1. Kebutuhan akan kecepatan

Di saluran The Medical Futurist Patreon, Kimberly Powell, VP NVIDIA berbicara tentang bagaimana NVIDIA dapat membangun rumah sakit dalam hitungan hari. Dia melanjutkan tentang bagaimana NVIDIA membayangkan lembaga-lembaga ini. “Rumah sakit akan menggunakan A.I. kamera untuk secara otomatis menyaring suhu tubuh yang meningkat, menggunakan urutan genomik untuk memprediksi seberapa mematikan virus atau kondisi yang dicurigai untuk setiap pasien, gunakan A.I. dalam pencitraan medis untuk mendeteksi dan memprediksi hasil klinis, menggabungkan A.I. ke kamera dan mikrofon sehari-hari untuk memantau dan berinteraksi dengan pasien. "

Pelayanan rumah sakit yang cepat, tepat, efektif, dan juga efisien sudah seharusnya menjadi hal yang wajib. Untuk itu, pemanfaatan teknologi seperti Sistem Informasi Manajemen sangat dibutuhkan demi menunjang pelayanan yang lebih prima. Langkah ini adalah langkah-langkah logis dan tidak ambigu, yang mengarah ke pengalaman pasien yang lebih baik, menurunkan biaya perawatan kesehatan, dan penanganan data yang aman.

  1. Paperless

Data pasien yang disimpan di atas kertas sama tuanya dengan obat itu sendiri. Sekarang saatnya membuang kertas seluruhnya. Tidak ada tempat untuk kertas dan tulisan tangan di rumah sakit yang berfungsi dengan baik. Menghilangkan catatan berbasis kertas adalah pekerjaan yang sangat besar namun dapat dicapai. Layanan rekam medis elektronik berbasis cloud merupakan salah satu model baru yang menjembatani permasalahan tersebut. 

Dengan layanan Cloud, penyedia layanan kesehatan tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk infrastruktur seperti biaya pengadaan server dan biaya maintenance rekam medis elektronik. Layanan rekam medis berbasis cloud juga mempermudah data sharing antar penyedia layanan kesehatan. Sistem tersebut berguna bagi layanan kesehatan rujukan atau layanan kesehatan yang memiliki jejaring. Tidak hanya itu, dengan layanan cloud, biaya infrastruktur dapat ditekan dan data sharing dapat dilakukan dengan mudah antar fasilitas kesehatan, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

  1. Terhubung ke rumah pasien

Rumah sakit yang ideal bertujuan agar pasien menghabiskan waktu sesedikit mungkin di dalam rumah sakit. Tempat pengobatan sebisa mungkin hanya rumah pasien. Bahkan jika memungkinkan, tempat diagnosa dan tempat rehabilitasi adala rumah pasien itu sendiri. Apa yang dibutuhkan untuk mencapai ini adalah pertama dan terutama adalah pemanfaatan teknologi digital. Pemanfaatan teknologi digital seperti telemedis adalah contoh nyata dimana pelayanan kepada pasien bisa dilakukan dirumah tanpa bertatap muka. 

Telemedis sebagai layanan kesehatan jarak jauh memungkinkan pasien dan tenaga kesehatan berdiskusi tanpa harus bertatap muka. Telemedis merupakan salah satu inovasi teknologi dibidang medis yang memudahkan aktivitas berobat bagi pasien. Hal ini tentu membawa keuntungan bagi semua pihak, baik bagi pengusaha fasilitas kesehatan, dokter maupun pasien. Tidak hanya itu, dengan menggunakan telemedis, rumah sakit dapat memperluas dan meningkatkan pelayanan sekaligus pendapatan. 

Menerapkan Sistem Informasi Manajemen rumah sakit pada faskes Anda akan membantu faskes untuk mencapai transformasi kesehatan digital dan pelayanan rumah sakit yang lebih ideal. Untuk itulah Trustmedis hadir menjadi solusi. Trustmedis sebagai aplikasi kesehatan online nomor satu di Indonesia menyediakan layanan Sistem Informasi Manajemen (SIM) faskes berbasis cloud yang memungkinkan Anda beroperasi secara instan melalui gadget yang anda gunakan setiap hari seperti smart phone, tablet, maupun computer. Dengan demikian, pelayanan terhadap pasien akan lebih cepat, tepat, efektif dan efisien. 

Trustmedis hadir untuk membantu faskes berkembang demi pelayanan kesehatan yang prima dengan menghubungkan pasien dan fasilitas kesehatan melalui software layanan kesehatan yang aman. SIM Trustmedis menyediakan modul yang akan membantu pekerjaan dan pelayanan kepada pasien menjadi lebih mudah. Berikut adalah modul yang bisa anda dapatkan di SIM Trustmedis.

Baca juga : Tips Aman Simpan Rekam Medis Sesuai Permenkes

Modul front Office

Modul front office SIM Trustmedis memungkinkan Anda untuk melakukan monitoring data real-time dari kunjungan pasien, layanan yang diberikan, dan juga grafik pendapatan. SIM Trustmedis juga telah bridging dengan BPJS VClaim untuk pencetakan SEP dan juga bridging dengan BPJS PCare untuk rujukan pasien ke faskes lanjutan. Modul front office SIM trustmedis terdiri dari: 

  • Rawat Jalan. Melakukan input tindakan, resep, dan layanan pendukung.
  • Rawat Inap. Menginput tindakan, resep, layanan pendukung, dan mengatur perubahan ruangan.
  • Rawat Darurat. Menginput tindakan, resep dan layanan pendukung.
  • Medical Check-up. Melakukan layanan, menginput tindakan, melihat hasil penilaian MCU, mencetak hasil dan sertifikat MCU.
  • Laboratorium. Menginput tindakan, layanan pendukung, menentukan dan mempercepat hasil laboratorium.
  • Radiologi. Menginput tindakan, layanan pendukung, menentukan dan mempercepat hasil radiologi.
  • Kasir. Melakukan pembayaran dan penginputan piutang atas pelayanan yang dilakukan.
  • Hemodialisa. Menginput tindakan, resep dan layanan pendukung.
  • Patologi Anatomi. Menginput tindakan, resep dan layanan pendukung.
  • Bedah Sentral. Menginput tindakan, resep, layanan pendukung dan melakukan tindakan operasi.
  • Gizi. Penyediaan bahan makanan, penjadwalan jam pengiriman makanan, cetak label makanan, dan kirim makanan.
  • Farmasi. Melakukan penjualan obat, memeriksa pembelian stok obat dan laporan penjualan farmasi.
  • Antrian. Mengelola dan memanggil antrian poli dan administrasi.
  • Ambulance. Menghitung biaya sewa Ambulance.
  • Rekam Medis. Menyimpan file eMR, membuat surat RM, melihat unit eMR perlu laporan seperti laporan rekapitulasi, penghitungan ruangan, dll.
  • Bank Darah. Melakukan pemesanan darah, crossmatch dan pemberian darah kepada pasien.
  • Pendaftaran. Pendaftaran pasien baru di semua unit/ poli pada fasilitas kesehatan.
  • Asuhan Keperawatan. Asesmen dan diagnosis keperawatan.
  • Remunerasi. Mengatur dan membayar jasa tenaga kesehatan.

Modul Back Office

  • Dashboard Back Office – Keuangan. Ringkasan keuangan yang dapat disesuaikan dengan instan dan real-time. 
  • Aset. Lihat jumlah penyimpanan aset secara real-time, buat catatan aset dan sesuaikan item asset. 
  • Akuntansi. Buat bagan akun, buku besar, entri jurnal dan hasilkan laporan. 
  • Faktur Keuangan. Membuat faktur secara cepat dengan 11 template yang sudah tersedia. 
  • Pengelolaan Inventory. Lihat jumlah penyimpanan secara real-time, buat catatan inventaris, dan sesuaikan item inventaris. Dalam modul ini terdapat fitur-fitur seperti:
  • Dashboard Backoffice – Kepegawaian. Ringkasan kepegawaian yang dapat disesuaikan dengan instan dan real-time. 
  • Penggajian. Proses penggajian dan transfer gaji secara remote dan praktis. 
  • Kepegawaian. Pencatatan administrasi kepegawaian. 
  • Pencatatan Waktu & Kehadiran. Lacak kehadiran karyawan untuk meningkatkan produktivitas. Dalam modul ini terdapat fitur yang terintegrasi dengan fingerprint. Trustmedis terus mengembangkan Sistem Informasi Manajemen dan aplikasi pendukung lainnya berdasarkan penelitian dan saran dari faskes yang bekerjasama dengan kami. Jika update tersedia, Anda tidak perlu membayar lagi untuk menikmati update terbaru dari kami. Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan.

Baca juga : Aplikasi Klinik Online Terbaik

Penggunaan SIM Trustmedis untuk Puskesmas juga akan mendukung proses layanan pasien, yakni demi membantupendaftaran, pelayanan, pencatatan rekam medis dan tagihan pasien. Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  https://trustmedis.com/demo. Atau klik tombol dibawah ini 

Coba Gratis Aplikasi

Ikuti social media kami
Follow by Email1k
Facebook3k
YouTube5k
YouTube
LinkedIn2k
LinkedIn
Share
Instagram7k

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
24 June 2021
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda
Sistem Manajemen Keuangan Terbaik Untuk Penagihan Terbaik Faskes Anda Memilih sistem manajemen keuangan untuk penagihan bisa jadi rumit. Ada begitu banyak pilihan yang berbeda, dan kita mungkin bingung apa yang harus dicari untuk membuat keputusan yang tepat. Dalam prakteknya, kita harus mempelajari semua yang perlu kita ketahui tentang software atau sistem manajemen keuangan untuk memudahkan [...]
Read More
23 June 2021
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien
Manajemen Rumah Sakit yang Baik Tingkatkan Kunjungan Pasien Manajemen rumah sakit yang baik dapat menjadi pembeda dan juga meningkatkan kunjungan pasien. Dengan manajemen rumah sakit yang baik, kualitas perawatan pasien akan semakin meningkat. Dalam tatanan pelayanan, koordinasi antar departemen merupakan jiwa dari manajemen rumah sakit. Tidak hanya pelayanan langsung kepada pasien, manajemen rumah sakit berkaitan [...]
Read More
22 June 2021
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time
Pantau BOR-LOS-TOI Faskes Secara Real Time   Menghadapi era globalisasi yang ditandai dengan perubahan cepat dalam pelayanan kesehatan, pertumbuhan persaingan antar rumah sakit yang tajam serta kesempatan 'investasi perubahan', membutuhkan Sistem Informasi Manajemen faskes yang handal agar kita tidak tertinggal. Belum lagi di masa pandemi seperti ini, meningkatnya kasus positif Covid-19 dalam beberapa waktu belakangan, [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2021 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram