Inilah Cara Manajemen Klinik yang Baik dan Benar

Pendirian atau pengelolaan sebuah klinik, tentu membutuhkan adanya manajemen yang baik dan benar. Manajemen klinik sangat dibutuhkan supaya operasional atau keberjalanan klinik bisa lebih terstruktur. Nah, supaya sebuah klinik dapat memiliki profitabilitas manajemen yang optimal, Anda bisa melihat cara manajemen untuk klinik yang dibahas di bawah ini.

Cara Manajemen Klinik yang Baik dan Benar

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk manajemen klinik yang optimal. Di antara cara-cara manajemen tersebut adalah sebagai berikut.

1. Edukasi Informasi Riil Pasien Kepada Staf

Cara pertama dalam manajemen untuk klinik yang bisa dilakukan adalah menerapkan edukasi terkait informasi riil pasien kepada staf. Mulai dari beberapa tahapan pengobatan pasien hingga perkiraan biaya tagihan yang nantinya harus dibayarkan.

Hal tersebut perlu dilakukan dan diperhatikan sebab pemberian informasi kepada para pasien secara awal merupakan sebuah tugas penting yang harus dilakukan oleh setiap staf medis.

2. Menggunakan Analisis Data

Cara selanjutnya dalam mewujudkan manajemen klinik yang optimal adalah dengan menggunakan adanya analisis data terkait siklus pendapatan klinik. Tindakan ini memiliki dampak positif bagi klinik. Salah satunya adalah terkait keberjalanan finansial klinik yang menjadi lebih terlihat dan terstruktur.

Pembuatan laporan yang terkandung di dalam analisis data ampu mengelola siklus pendapatan. Oleh sebab itu, lakukan pengukuran terkait analisis data dengan benar. Nah, selain dapat mengatur siklus keuangan, Anda juga bisa melacak kesehatan pendapatan yang ada di dalam klinik secara berkala jika melibatkan cara ini di dalam manajemen sebuah klinik.

3. Libatkan Metode Pembayaran Online

Pembayaran secara online menjadi bentuk adanya perkembangan teknologi di era seperti sekarang ini. Semua proses transaksi bisa berlangsung menjadi lebih mudah dan praktis. Oleh sebab itu, jika Anda ingin membuat operasional klinik menjadi lebih nyaman di mata masyarakat, libatkan sistem pembayaran online di dalamnya.

Anda bisa mencantumkan via transfer, e-money, visa, dan sistem pembayaran online lainya. Kemudahan-kemudahan tersebut tentu akan diterima masyarakat dengan senang sebab dapat mempermudah transaksi yang dilakukan.

Selain menguntungkan pasien dari segi kenyamanan transaksi, adanya metode pembayaran secara online juga dapat menguntungkan pihak klinik. Yakni akan memudahkan pengelolaan finansial yang dapat diurus dengan lebih cepat.

Dengan demikian, proses pelayanan medis tetap berjalan dengan optimal dan sesuai dengan harapan pasien.

4. Menciptakan Jangka Waktu Pembayaran Tagihan yang Tepat

Cara yang bisa dilakukan selanjutnya dalam mewujudkan manajemen klinik yang baik adalah dengan menciptakan jangka waktu pembayaran tagihan dengan setepat mungkin. Kenapa demikian, hal tersebut perlu Anda lakukan sebab jangka waktu ini menjadi salah satu bagian dari manajemen siklus terkait pendapatan klinik itu sendiri.

Nah, untuk mewujudkannya, Anda bisa melibatkan kecanggihan teknologi yang ada. Dengan begitu, hal-hal yang berkaitan dengan jangka waktu pembayaran seperti nilai kredit dan data keuangan bisa terekam dengan sangat baik. Bahkan, dengan bantuan teknologi atau sistem yang mumpuni, dapat membuat rekaman tagihan dari pasien akan terjaga keamanannya.

5. Pembaharuan Proses yang Teratur dan Terstruktur

Selanjutnya, Anda bisa melibatkan pembaharuan proses yang lebih teratur dan terstruktur dalam manajemen untuk klinik. Peninjauan proses yang dilakukan secara teratur dapat mewujudkan manajemen yang lebih optimal.

Adanya pembaharuan proses ini tentu akan melibatkan pekerjaan baru. Nah, untuk mengamankannya, Anda bisa menjalankan proses pembaharuan dengan pendekatan preventif. Yakni dengan memeriksa maupun memperbaharui semua proses di dalam klinik dengan lebih berhati-hati dan terstruktur.

Dengan begitu, permasalahan yang terjadi di dalam klinik bisa diatasi dengan lebih mudah akibat ditemukannya solusi paling tepat dari pembaharuan yang Anda lakukan.

Nah, jika Anda merupakan salah seorang pengusaha klinik yang ingin semakin meningkatkan performa dari klinik yang dimiliki, Trustmedis siap membantunya. Kami hadir sebagai software klinik yang dapat mempermudah Anda dalam melakukan manajemen klinik  secara online.

Trustmedis, Software Klinik Online dengan Manajemen Terbaik Untuk Anda

Tidak hanya membantu untuk mewujudkan manajemen yang optimal saja. Layanan kami di Trustmedis juga siap membantu klinik yang Anda miliki menjadi lebih berkembang. Kenapa harus menggunakan layanan kami, Anda bisa melihat alasannya di bawah ini.

1. Pendaftaran Mandiri Untuk Pasien

Pada software klinik Trustmedis, terdapat fitur E-Kiosk. Pada fitur ini, pasien dapat melakukan pendaftaran mandiri. Selain itu, pasien dapat memilih jenis kunjungan yang akan dilakukan serta dapat memilih poli secara mandiri dan menentukan dokter sesuai dokter yang tersedia di fasilitas kesehatan. Hal ini tentu dapat meningkatkan kepuasan pasien, karena pasien tidak perlu lagi mengantri berlama-lama di klinik Anda. Pasien hanya perlu datang sesuai jadwal yang sudah di dapatkan.

Pendaftaran mandiri pasien Trustmedis

Pendaftaran mandiri pasien Trustmedis

 

2. Sistem Pendaftaran yang Sudah Terintegrasi dengan Jadwal Dokter

Adanya informasi yang terintegrasi dan mudah diakses kapan saja oleh tenaga kesehatan pada klinik Anda, tentu membuat pengelolaan juga bisa dilakukan dengan lebih praktis. Contohnya adalah dengan fitur admisi dari Trustmedis yang sudah terintegrasi kita dapat melakukan pendaftaran pasien sesuai dengan jadwal dokter yang tersedia dengan mudah. Itu sebabnya, dokter bisa menjadi lebih mudah dalam melayani pasien yang sedang membutuhkan layanan kesehatan.

Antrian Rawat Jalan Trustmedis

Antrian Rawat Jalan Trustmedis

3. Laporan Kinerja Real-Time

Fitur Dashboard Trustmedis dapat menampikan kinerja operasional secara informatif, dalam periode harian, bulanan dan tahunan. Dalam fitur ini terdapat statistik pendaftaran, pelayanan pasien dan pendapatan dari semua unit. Serta, cetak laporan pendaftaran, pelayanan dan pendapatan dari semua unit.

4. Terintegrasi dengan BPJS, Pcare, dan Mobile JKN

Dengan adanya bridging software klinik Trustmedis ke BPJS, ini akan sangat membantu Anda karena tidak perlu memasukkan data secara manual dari kertas ke PCare BPJS Kesehatan. Seluruh data perihal kunjungan pasien dan aktivitas klinik sudah tersambung dengan PCare BPJS Kesehatan, sehingga kita dapat menghemat waktu, tempat dan SDM.

5. Faskes Untung Maksimal

Kemudahan dalam setiap orang menemukan atau meninjau sebuah klinik, tentu bisa memberikan penanganan bisa dilakukan dengan lebih banyak, cepat, dan tepat. Nah, kondisi tersebutlah yang membuat faskes bisa lebih untuk maksimal. Pasalnya, pelayanan terhadap pasien bisa dilakukan dengan optimal ketika melibatkan aplikasi klinik online terbaik, Trustmedis.

Itulah beberapa pembahasan terkait bagaimana cara manajemen klinik yang baik dan benar. Jangan lupa libatkan kami, Trustmedis, supaya pengelolaan manajemen yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar.

Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
16 Agustus 2022
Mengetahui Cara Kerja Rekam Medis Elektronik

Perekaman secara elektronik adalah solusi tepat yang jauh lebih efisien dibandingkan perekaman konvensional. Rekam medis ini seringkali menjadi syarat penting yang diperlukan.

Read More
9 Agustus 2022
Strategi Pemasaran Rumah Sakit

Anda bingung bagaimana memasarkan rumah sakit dengan benar dan efisien? Simak ulasan ini, mengenai strategi pemasaran faskes yang tepat bersama Trustmedis!

Read More
3 Agustus 2022
Cetak Laporan SEP Secara Langsung dengan SIMRS Trustmedis

Cetak laporan SEP secara langsung dengan SIMRS Trustmedis tentu saja bisa mempermudah pasien dan meningkatkan pelayanan rumah sakit. Simak berikut!

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2022 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram