[vc_row][vc_column][vc_column_text]Kesehatan merupakan salah satu faktor penting yang akan dijaga oleh setiap orang. Pelayanan kesehatan yang disediakan oleh fasilitas kesehatan, terutama rumah sakit tentu saja menjadi salah satu yang dibutuhkan. Manajemen pelayanan pasien rawat inap adalah salah satu hal yang harus ditingkatkan di rumah sakit.

Dengan meningkatkannya, maka kepuasan pasien dan reputasi rumah sakit akan selalu berada di angka yang tinggi. Kepercayan pasien untuk datang pun akan semakin besar. Tentu saja hal ini juga bisa membantu mengubah cara orang memandang dan menghargai kesehatan sebagai hal yang penting dan tak boleh diabaikan.

Memaksimalkan Manajemen Pelayanan Pasien Rawat Inap dengan Tepat!

Agar rumah sakit bisa memperkuat kepuasan pasien, tentu saja harus memberikan pelayanan yang terbaik, terutama pada pasien rawat inap. Manajemen pelayanan pasien rawat inap adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Simaklah ulasan lengkapnya berikut ini, agar Anda bisa lebih memahami cara melakukannya!

Rawat inap adalah salah satu bentuk layanan perawatan yang diberikan oleh rumah sakit. Layanan ini adalah layanan yang membutuhkan tempat tidur untuk keperluan observasi, diagnosis, terapi, rehabilitasi medik, serta penunjang medik lain untuk dilakukan.

Setidaknya pasien tinggal dalam waktu satu hari di rumah sakit adalah maksud dari rawat inap.

Dalam manajemen rumah sakit, pelayanan rawat inap sangatlah penting, kualitas yang baik tentu saja akan membuat pasien merasa senang dan nyaman.

Ruangan atau sering disebut unit rawat inap adalah fasilitas yang selalu berada dalam kondisi ramai digunakan. Bahkan tak jarang rumah sakit harus merujuk pasien karena penuhnya ruangan tersebut.

Maka dari itu sangat penting meningkatkan manajemennya, agar pasien merasa puas atas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit. Berikut ialah cara tepat untuk meningkatkan manajemen tersebut!

Cara Tepat Meningkatkan Kualitas Manajemen Rawat Inap

Terdapat empat hal yang harus diperhatikan ketika ingin meningkatkan kualitas manajemen rawat inap. Diantaranya adalah :

1. Komitmen

Terdapat sebuah aturan rawat inap yang harus ditaati oleh petugas maupun pengunjung dalam rawat inap. Membiarkan peraturan tersebut dilanggar seringkali menjadi masalah yang terjadi, apalagi jika merasa memiliki kekuasaan, seperti halnya pelanggaran jam besuk, hingga jumlah pengunjung yang masuk.

Anda perlu mengevaluasi kembali dan coba melaksanakannya dengan lebih disiplin. Agar manajemennya bisa lebih baik dan mampu meningkatkan kepuasan pasien. Performa yang baik tentu saja diperlukan dalam hal ini.

2. Menyampaikan Informasi dengan Jelas

Penyampaian informasi harus dijelaskan sejelas mungkin pada keluarga pasien dan pasien itu sendiri pada saat pendaftaran rawat inap. Jelaskan poin – poin yang harus ditaati, dan coba pahamkan pada keluarga untuk menerima semua peraturan, agar tidak terjadi kesalahpahaman ke depannya.

Kecakapan petugas dalam memberikan informasi yang mudah dimengerti pada pasien dan keluarganya harus ditingkatkan. Apalagi jika itu menyangkut pelaksanaan tindakan tertentu. Jangan hanya memberikan informasi tanpa penjelasan, yang pasti akan menimbulkan kebingungan pasien dan keluarga.

3. Menjalankan Tugas Sesuai dengan TUPOKSI

Dalam meningkatkan manajemen rawat inap, sangat penting tugas dari kepala ruang yang kompeten sebagai manajer. Tugas dan fungsi dari setiap jabatan per individu di rumah sakit, haruslah dilakukan dengan tepat dan sesuai. Agar pengawasan kinerja jabatan di bawahnya bisa dilakukan dengan efektif. Hal ini juga sangat mendukung tercapainya peningkatan kepuasan pasien rawat inap.

4. Membuat Laporan untuk Bahan Evaluasi

Pemeriksaan rutin dan bentuk laporannya yang sistematik adalah cara lain dalam meningkatkan manajemen pelayanan pada pasien. Hal ini berfungsi untuk memberikan patokan tertentu agar lebih akurat dalam melakukan tindakan kedepannya. Sekecil apapun hal yang terjadi tidak boleh terlewatkan dalam proses penyembuhan pasien rawat inap dari awal hingga selesai.

Anda juga bisa membagikan angket kepuasan pasien sebagai laporan yang dibuat. Dengan menggunakan dukungan aplikasi manajemen, tentu saja pelaporan akan lebih mudah dan terstruktur. Seperti halnya laporan jumlah pasien di tiap ruangan, jenis pendaftaran berdasarkan masuknya pasien, dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga : Standar Akreditasi Puskesmas untuk Mutu Pelayanan Kesehatan

 

Namun, selain empat hal diatas pihak manajemen juga perlu mempertimbangkan dimensi mutu pelayanan kesehatan. Dimana, ini bisa menjadi parameter kualitas dari pelayanan yang diberikan.

Klasifikasi Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan

Mutu pelayanan kesehatan adalah mengimplementasikan ilmu pelayanan kesehatan yang digabungkan dengan penggunaan teknologi untuk memaksimalkan manfaat pelayanan kesehatan dan meminimalisir resiko. Menurut Kemenkes, klasifikasi mutu dalam pelayanan kesehatan sendiri dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan stake holder yang berkaitan, yaitu :

  1. Pengguna jasa pelayanan kesehatan menunjukkan bagaimana konsumen. Dalam artian pasien menilai layanan kesehatan yang bermutu ketika layanan kesehatan yang diterima dapat sesuai dengan kebutuhannya. Serta dilaksanakan dengan cara sopan, santun, tepat waktu, dan tanggap.
  2. Pemberi jasa layanan kesehatan menunjukkan pelayanan yang bermutu adalah dengan melaksanakannya secara teratur sesuai prosedur. Kemudian didukung dengan penggunaan teknologi  kesehatan yang tepat.
  3. Penyandang dana melihat pelayanan kesehatan yang bermutu dengan mengevaluasi dampak dari pelayanan kesehatan yang diberikan. Kepada status kesehatan pasien dan efisiensinya.
  4. Pemilik sarana layanan kesehatan, melihat pelayanan kesehatan yang bermutu adalah dengan memberikan pelayanan yang maksimal dengan harga yang terjangkau. Namun tetap memperhatikan sisi profitabilitas dari faskes yang dijalankan.
  5. Administrator layanan kesehatan, berpendapat bahwa pelayanan kesehatan yang bermutu adalah dapat membuat prioritas saat memberikan pelayanan. Artinya, pelayanan kesehatan yang diberikan dapat sesuai dengan kebutuhan dan urgensi pasien.

Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan berdasarkan dimensi mutu standar pelayanan kesehatan. Agar bisa meningkatkan kepuasan pelanggan dengan angka yang tinggi, memang sangat penting melakukan peningkatan manajemen rumah sakit, terutama manajemen pasien rawat inapnya.

Memang, tidak semua orang paham bagaimana cara terbaik dalam memaksimalkan pelayanan kepada pasien rawat inap tersebut. Untuk itu, Trustmedis hadir sebagai solusi terbaiknya.

Trustmedis: Aplikasi Digital Untuk Memaksimalkan Manajemen Pelayanan Pasien Rawat Inap

Trustmedis adalah aplikasi manajemen fasilitas kesehatan yang dapat menjadi solusi digital terbaik untuk semua fasilitas kesehatan. Termasuk rumah sakit, klinik, puskesmas, apotek, laboratorium, dan klinik kecantikan sekalipun. Dengan menggunakan aplikasi digital, tentu saja segala macam proses dan pengelolaan fasilitas kesehatan akan berjalan lebih mudah tapi tetap efektif.

Salah satunya ialah penerapan manajemen pelayanan rawat inap. Dengan menggunakan Trustmedis, akan banyak sekali proses yang terbantu. Manajemennya pun akan meningkat dan tentu saja berjalan beririangan dengan kepuasan pasien.

Bahkan tak hanya pasien yang akan merasakan kepuasan, karyawan rumah sakit, terutama yang bertanggung jawab menangani pasien rawat inap dan pelaporannya pun akan merasa jauh lebih puas. Tak perlu lagi kebingungan dan kerepotan dalam penanganan dan pelaporan mengenai pasien. Semua bisa dilakukan dengan otomatisasi yang praktis tapi tetap aman.

Dengan berbagai macam kelebihan Trustmedis, apa yang masih Anda khawatirkan? Segera gabung bersama kami dan lakukan manajemen pelayanan pasien rawat inap dengan baik dan efektif tanpa ribet!

 

 

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
7 September 2022
Sistem Triase di IGD Rumah Sakit

Triase adalah fungsi dasar yang harus ada di IGD rumah sakit, di mana kemungkinan besar banyak pasien yang akan datang pada saat yang sama.

Read More
2 September 2022
Analisis Pareto di Apotek

Diperlukan cara untuk melakukan efisiensi persediaan di apotek, salah satunya adalah dengan analisis pareto menjaga stok tetap efisien.

Read More
23 August 2022
Manajemen Pelayanan Pasien Rawat Inap

Anda bingung bagaimana memaksimalkan manajemen pelayanan pasien rawat inap agar bisa mendapat peningkatan kepuasan pasien? Trustmedis adalah solusinya!

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2022 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram