Kesehatan adalah faktor penting yang wajib dijaga oleh setiap orang. Untuk mengetahui riwayat kesehatan, diperlukan dokumen rekam medis. Ada beberapa hal penting yang hanya bisa Anda lakukan menggunakan dokumen rekam medis. Hanya saja, seringkali terjadi ketidaklengkapan akan isi dokumen tersebut.

Lalu apa faktor penyebab dokumen rekam medis pasien tidak lengkap? Dan apa saja dampak yang bisa terjadi? Berikut ini telah kami siapkan ulasan lengkap mengenai penyebab-penyebab ketidaklengkapan isi dokumen tersebut serta dampak yang bisa terjadi. Simaklah ulasan berikut!

Faktor Penyebab Dokumen Rekam Medis Pasien Tidak Lengkap?

Merujuk pada : Permenkes No. 269 Tahun 2008 Tentang Rekam Medis, dokumen rekam medis yang sah dimiliki oleh sarana pelayanan kesehatan, di mana tempat pasien mendapatkan perawatan. Tapi, pasien dapat mengakses dan memiliki dokumen tersebut.

Untuk dokumen yang dapat dimiliki pasien merupakan ringkasan dari dokumen rekam medis yang dimiliki oleh layanan kesehatan. Penggandaan dokumen rekam medis ini dapat dilakukan oleh pasien dalam bentuk catatan. Sedangkan jika keluarga pasien yang ingin melakukan penggandaannya, maka diperlukan kuasa atau persetujuan tertulis dari pasien.

Tapi, apakah Anda tahu bahwa isi dokumen rekam medis seringkali tidak lengkap? Ada beberapa faktor yang sering menjadi penyebab akan ketidaklengkapan isi dokumen rekam medis. Berikut beberapa faktor tersebut :

1. Sumber Daya Manusia

SDM yang bertugas di layanan kesehatan seringkali menjadi faktor penyebab tidak lengkapnya isi dari dokumen kesehatan. Human error adalah istilah yang sering dipakai. Ketika SDM yang melakukan penggalian dokumen rekam medis melewatkan satu saja poin penggalian, maka jelas akan berdampak pada kelengkapan isi dokumen.

Pengetahuan dari SDM yang bertugas bahwa dokumen rekam medis harus dilengkapi sebelum 24 jam juga menjadi salah satu penyebabnya. Telatnya SDM dalam melengkapi menyebabkan pasien sulit mendapat salinan dokumen.

Selain itu, beban kerja SDM yang bertanggung jawab juga menyebabkan terjadinya ketidaklengkapan dokumen, seperti yang kami sebut human error di atas. Komunikasi antar SDM juga menjadi salah satu penyebabnya.

2. Alat

Dalam penggalian dokumen rekam medis, diperlukan checklist, tapi seringkali hal ini dilupakan oleh tenaga medis yang melakukan perekaman. Ketersediaan ruang khusus untuk melakukan penggalian rekam medis juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kelengkapannya.

3. Metode

Metode untuk penggalian data dokumen rekam medis tentu saja melalui SOP tertentu, Ketika tidak adanya monitoring dan evaluasi yang dilakukan untuk penggalian rekam medis, tentu saja menjadi faktor penyebab ketidaklengkapan dokumen rekam medis. Sistem reward dan punishment yang seharusnya diterapkan ketika terjadi kesalahan juga menjadi penyebab lain.

4. Material

Material yang berupa dokumen rekam medis memiliki susunan form rekam medis. Ketika susunannya kurang sistematis tentu saja akan membuat dokumen menjadi terlalu banyak. Apalagi jika tidak ada pembeda warna untuk dokumen-dokumen tertentu. Ketidaklengkapan sudah sangat wajar terjadi.

5. Keuangan

Faktor keuangan berhubungan dengan ketersediaan ruang di layanan kesehatan. Dengan dana yang terbatas, pengadaan ruang untuk memastikan kelengkapan dokumen rekam medis pasien seringkali menjadi penghambat dan penyebab tidak lengkapnya dokumen.

 

Baca Juga : Resume Medis Rawat Jalan untuk Penanganan Pasien Berkelanjutan

 

Ketika dokumen rekam medis tidak memiliki kelengkapan, tentu saja dapat mengurangi manfaat dari pentingnya dokumen tersebut. Adapun beberapa manfaat dokumen rekam medis di bawah ini :

  1. Sebagai administrative value (data administratif pelayanan kesehatan).
  2. Sebagai legal value (bahan pembuktian di pengadilan).
  3. Sebagai financial value (dasar untuk perincian biaya pelayanan kesehatan yang harus dibayarkan pasien).
  4. Sebagai research value (bahan untuk penelitian dalam lapangan kedokteran, keperawatan, dan kesehatan).
  5. Sebagai education value (data bahan pengajaran dan pendidikan mahasiswa kedokteran, keperawatan, dan tenaga kesehatan lainnya).

 

Apa Itu Dokumen Rekam Medis?

Dokumen rekam medis pasien adalah dokumen yang akan muncul ketika seseorang datang dan berkonsultasi di layanan kesehatan.

Dokumen ini diperlukan oleh tenaga medis terkait untuk mendapatkan informasi lengkap yang terperinci mengenai riwayat kesehatan pasien. Tanpa catatan yang lengkap, tentu saja akan sulit menentukan tindakan lanjut yang tepat untuk setiap pasien.

Seluruh isi dalam dokumen rekam medis memiliki kegunaan masing-masing. Maka dari itu, tak hanya tenaga medis yang boleh mengetahuinya, tapi juga pasien. Secara umum, rekam medis ialah dokumen yang berisikan riwayat penyakit yang pernah diderita pasien.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 269 Tahun 2008 Tentang Rekam Medis, rekam medis didefinisikan sebagai berkas berisi catatan tentang identitas diri pasien. Serta dokumen riwayat pemeriksaan, pengobatan, tindakan, hingga pelayanan lain yang telah diberikan pada pasien.

Secara umum, dokumen ini akan merujuk pada catatan dokter, dokter gigi, dan tenaga kesehatan tertentu lainnya. Kemudian dalam dokumen tersebut juga berisi laporan hasil penunjang, catatan observasi, pengobatan harian, dan semua rekaman. Baik rekaman dalam bentuk foto radiologi, gambar pencitraan, maupun rekaman elektro diagnostik.

Jika disimpulkan, dokumen rekam medis ialah dokumentasi terkait informasi pelayanan yang pernah diberikan oleh tenaga medis pada pasien dalam bentuk laporan, catatan, dan rekaman.

Biasanya data dalam dokumen rekam medis akan digunakan untuk pemeliharaan kesehatan dan pengobatan pasien. Selain itu juga digunakan sebagai bukti penegakan hukum dan disiplin kedokteran, hingga penegakan etika kedokteran.

Beberapa keperluan edukasi, penelitian, hingga dasar pembiayaan anggaran kesehatan juga memerlukan dokumen rekam medis. Yang mana berfungsi untuk mengetahui statistik kondisi kesehatan di wilayah tertentu. Bahkan dokumen ini juga digunakan sebagai data acuan statistik kesehatan di indonesia.

 

Lalu apa solusi untuk mencegah terjadinya beberapa faktor penyebab ketidaklengkapan dokumen rekam medis tersebut?

Cegah Terjadinya Faktor Penyebab Dokumen Rekam Medis Pasien Tidak Lengkap Bersama Trustmedis!

Trustmedis adalah aplikasi yang dapat menjadi solusi digital meningkatkan efisiensi dari fasilitas kesehatan. Baik fasilitas kesehatan berbentuk klinik, rumah sakit, puskesmas, apotek, laboratorium, klinik kecantikan, atau yang lainnya. Aplikasi layanan kesehatan ini sangatlah mudah untuk digunakan, lengkap serta terintegrasi secara resmi.

Dengan menggunakan aplikasi ini, tentu saja masalah yang berhubungan dengan kelengkapan data dalam isi dokumen rekam medis akan mudah untuk dilakukan. Selain itu juga ampuh untuk mencegah terjadi ketidaklengkapan berdasarkan beberapa faktor yang telah dijelaskan pada ulasan sebelumnya. Mengapa bisa demikian?

Berikut ini ialah alasan mengapa Trustmedis dapat mencegah terjadinya ketidaklengkapan dokumen dari faktor penyebab dokumen rekam medis pasien tidak lengkap, simaklah!

1. Penyimpanan Rekam Medis Pasien Berbasis Cloud

Dengan penyimpanan sistem informasi manajemen yang berbasis cloud, tentu saja data tidak akan mudah untuk hilang. Apalagi sudah di-support dengan EMR. Selain itu, dokumen rekam medis pasien dengan menggunakan sistem cloud akan mudah diakses oleh pihak yang bersangkutan dan tidak membutuhkan gudang untuk menyimpan data pasien yang sangat banyak.

2. Keamanan Data

Trustmedis memberikan keamanan layaknya bank yang menjamin perlindungan data. Dengan standar ISO 27001 dan berlokasi di Indonesia, tentu saja akan menjamin 100% keamanan data Anda.

3. Dokumen Rekam Medis Sudah Terintegrasi

Aplikasi Trustmedis sudah terintegrasi dengan layanan BPJS, sehingga Anda tidak perlu melakukan double input ke dalam sistem BPJS

Dengan berbagai keunggulan di atas, tentu Anda sangat perlu bergabung dengan kami bukan? Segera gabung dan gunakan Trustmedis untuk memberikan dokumen rekam medis lengkap bagi pasien!

Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
16 Agustus 2022
Mengetahui Cara Kerja Rekam Medis Elektronik

Perekaman secara elektronik adalah solusi tepat yang jauh lebih efisien dibandingkan perekaman konvensional. Rekam medis ini seringkali menjadi syarat penting yang diperlukan.

Read More
9 Agustus 2022
Strategi Pemasaran Rumah Sakit

Anda bingung bagaimana memasarkan rumah sakit dengan benar dan efisien? Simak ulasan ini, mengenai strategi pemasaran faskes yang tepat bersama Trustmedis!

Read More
3 Agustus 2022
Cetak Laporan SEP Secara Langsung dengan SIMRS Trustmedis

Cetak laporan SEP secara langsung dengan SIMRS Trustmedis tentu saja bisa mempermudah pasien dan meningkatkan pelayanan rumah sakit. Simak berikut!

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2022 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram