[vc_row][vc_column][vc_column_text]Untuk memberikan layanan terbaik bagi kebutuhan pasien, klinik kecantikan juga membutuhkan dokter spesialis kecantikan yang berkompeten. Dalam hal ini, dokter kecantikan memiliki peran penting dalam menentukan arah kualitas layanan klinik yang diberikan kepada pasien.

Sebagai pemilik klinik kecantikan, Anda perlu memperhatikan kesejahteraan dokter di klinik kecantikan melalui remunerasi yang diberikan. Akan tetapi tidak semua pemilik klinik kecantikan mengetahui bagaimana remunerasi itu diberikan secara tepat. Untuk itu, Anda bisa mendapatkan informasi selengkapnya di sini.

Cara Menentukan Remunerasi Dokter di Klinik Kecantikan

Sebelum menentukan remunerasi dokter, Anda perlu mengetahui bahwa remunerasi dokter adalah segala bentuk manfaat finansial yang dapat diterima oleh dokter sebagai hasil pekerjaannya. Ketika telah melaksanakan kewajibannya kepada pasien sebagai seorang dokter, maka para dokter dan perawat berhak mendapatkan penghasilan atas pelayanan kesehatan yang telah diberikan.

Pemberian balas jasa ini mengacu pada imbalan yang diterima, baik berupa kompensasi, upah, bonus, hingga insentif.

Remunerasi sendiri adalah pemberian gaji atau bonus kepada karyawan sebagai bentuk apresiasi karena telah berkontribusi secara bagus dalam sebuah perusahaan.

Tanpa Anda sadari, sebenarnya remunerasi yang diterima oleh pegawai Anda juga dapat berpengaruh terhadap motivasi kerjanya. Pemberian remunerasi yang baik tentu akan memberikan daya tarik pegawai untuk bekerja lebih baik lagi.

Hal ini sebenarnya berlaku untuk semua pegawai, termasuk dokter spesialis di klinik kecantikan saat ini. Lalu, apakah Anda sudah bisa mengetahui cara menentukan remunerasi dokter di klinik kecantikan?

Remunerasi yang diberikan juga berdasarkan kesepakatan para pihak, ada yang sesuai dengan perjanjian kerja, perjanjian kontrak, bagi hasil, atau bentuk kesepakatan lainnya.

Tentu saja hal ini memiliki serangkaian hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh dokter kecantikan itu sendiri maupun Anda sebagai pemilik klinik kecantikan. Hal inilah yang menyebabkan remunerasi yang diterima dokter klinik kecantikan akan berbeda di setiap tempat.

Bagi pemilik klinik kecantikan, Anda harus memahami bagaimana konsep remunerasi dokter spesialis kecantikan yang berlaku. Mengapa hal ini penting dilakukan? Tentu saja hal ini untuk menunjang hak-hak yang seharusnya diterima oleh pegawai Anda sebagai dokter kecantikan.

Untuk gaji dokter spesialis dan dokter umum itu sendiri sebenarnya telah diatur oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI), selanjutnya besaran yang diterima juga berdasarkan kesepakatan bersama antara pihak yang menerima maupun pihak yang memberikan.

2 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Remunerasi

Cara pembayaran gaji dokter umum dan dokter spesialis mengacu pada dua hal berikut, yaitu :

  • Penghasilan jasa tetap

Penghasilan ini merupakan penghasilan dasar setiap dokter yang besarannya bersifat tetap dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Penghasilan yang dimaksud adalah berupa gaji pokok, tunjangan fungsional, tunjangan keluarga, tunjangan natura, dan sebagainya.

  • Penghasilan jasa profesi

Berbeda dengan penghasilan sebelumnya, jenis penghasilan ini besarannya berganti dengan kinerja atau produktivitas dokter. Hal ini juga dikenal sebagai tambahan penghasilan positif terhadap penghasilan tetap.

Penghasilan jasa profesi diperhitungkan berdasarkan hasil kinerja, performance atau produktivitas dokter yang telah melebihi nominal penghasilan tetapnya.

 

Baca Juga : 5 Tips Sukses Bisnis Klinik Kecantikan di Era Digital

 

Akan tetapi berdasarkan aturan tersebut, cara pembayaran penghasilan profesi dokter kecantikan yang paling ideal adalah melalui sistem remunerasi. Untuk itu, Anda bisa menggunakan acuan berikut ini untuk menentukan besaran remunerasi yang harus diterima oleh dokter kecantikan.

3 Komponen Dalam Remunerasi Dokter

Untuk konsep remunerasi dokter itu sendiri juga terdiri atas 3 komponen, yaitu :

  • P 1

Pembayaran atas profesionalisme dokter dengan proporsi 25-30% dari take home pay (THP).

  • P 2

Pembayaran atas kinerja dokter dengan porsi 50% dari take home pay (THP).

  • P 3

Pembayaran atas penghargaan atas dedikasi dan mutu kerja dokter dengan proporsi 25-30% dari take home pay (THP).

Acuan Untuk Menetapkan Remunerasi Dokter

Untuk menetapkan remunerasi yang akan diberikan kepada dokter di klinik kecantikan Anda, juga terdapat dua bentuk acuan remunerasi yang berbeda, yaitu :

  • Mengacu standar kelayakan profesi

Pada acuan pertama, Anda bisa memberikan remunerasi kepada dokter kecantikan di klinik kecantikan sesuai dengan standar kelayakan profesi. Jadi, penghitungannya berdasarkan dasar penghitungan kebutuhan dan harapan dokter.

Selain itu, Anda juga bisa mengacu pada hasil survey penghasilan dokter IDI (Ikatan Dokter Indonesia) pada tahun 2007.

  • Mengacu penghasilan institusi

Penentuan remunerasi selanjutnya adalah dengan mengacu pada penghasilan institusi dengan menggunakan dasar revenue dan job value atau nilai pekerjaan. Selain itu, Anda juga perlu mengacu pada Permenkes 625 tahun 2010 tentang remunerasi di RS.

 

Baca Juga : Pelayanan Kesehatan Melalui Aplikasi Pasien

 

Nah, beberapa langkah inilah yang bisa Anda ambil untuk mengetahui besaran remunerasi dokter kecantikan yang ada di klinik kecantikannya

Jika Anda merasa kesulitan dalam menentukan hal ini, maka Anda bisa mengandalkan sistem penggajian pegawai yang telah terintegrasi ke dalam satu sistem digital, Trustmedis.

Melalui kami di Trustmedis, Anda tidak hanya mendapatkan kemudahan dalam mengelola kebutuhan pasien, tetapi juga kemudahan dalam mengelola operasional klinik, termasuk menghitung dan menentukan remunerasi dokter di klinik kecantikan Anda.

Beralih ke Trustmedis untuk Mengatur Remunerasi Dokter di Klinik Kecantikan

Dengan segala keresahan yang Anda hadapi sebagai pemilik klinik kecantikan, kini Anda bisa mengandalkan aplikasi klinik digital melalui Trustmedis. Dengan sistem yang terintegrasi, kami telah menyiapkan berbagai fitur lengkap untuk memudahkan operasional klinik kecantikan.

Tidak hanya mengatur daftar pasien di klinik kecantikan, melalui Trustmedis, Anda juga lebih mudah menghitung remunerasi dokter kecantikan yang harus diterima oleh pegawai Anda.

Selain lebih akurat, hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk mendapatkan laporan gaji pegawai yang lebih akurat dan terstruktur melalui fitur remunerasi yang tersedia.

Melalui kami di Trustmedis, kami telah menyediakan modul remunerasi untuk memudahkan pekerjaan Anda. Berikut adalah beberapa layanan fitur yang terdapat pada menu remunerasi Trustmedis :

  • Mengatur komponen jasa dokter

Fitur yang satu ini berfungsi untuk mengatur komponen jasa dokter spesialis di klinik kecantikan Anda, baik komponen penambah maupun komponen pengurang jasa dokter yang berlaku.

Semua yang tercatat pada fitur ini akan membuat laporan Anda lebih sistematis sehingga bisa meminimalisasi pekerjaan manual oleh pegawainya.

  • Menghitung jasa dokter secara otomatis

Fitur selanjutnya adalah menghitung jasa dokter secara otomatis. Melalui fitur ini, Anda akan lebih mudah membayarkan jasa dokter di klinik kecantikan dengan praktis.

Bahkan Anda tidak perlu menghitung nilainya secara manual karena semua bisa dilakukan dengan mudah secara otomatis. Hal ini bisa mengurangi terjadinya human error, bukan?

  • Laporan honor dokter

Melalui HIS Trustmedis, Anda juga akan mendapatkan laporan honor dokter dengan mudah, baik hardcopy maupun softcopy. Untuk file hardcopy akan berbentuk pdf, sedangan laporan softcopy berbentuk spreadsheet.

  • Fee perujuk

Fitur lain yang tidak kalah penting adalah fee perujuk. Fitur ini akan memudahkan Anda dalam menghitung fee perujuk secara otomatis berdasarkan seluruh pembentuk komponen fee perujuk. Selain lebih mudah, proses yang dijalankan juga dapat menghemat waktu Anda.

Jadi, sudah jelas sekali bukan bahwa mengatur remunerasi dokter spesialis di klinik kecantikan Anda sebenarnya tidaklah sulit. Cukup dengan menggunakan aplikasi Trustmedis inilah Anda akan menemukan berbagai kemudahan dalam menjalankan bisnis kecantikan.

Dapatkan software Trustmedis sekarang juga! Anda bisa mempelajari berbagai fitur yang terdapat pada modul Trustmedis disini! Yuk, beralih ke Trustmedis dan nikmati beragam manfaatnya untuk kemudahan berbisnis!

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
30 January 2023
Pendaftaran Pasien Mandiri dengan E-Kios, Bebas Antrean!

Penggunaan sistem E-Kios pada faskes Anda dapat mengurangi antrean pasien secara signifikan pada saat melakukan pendaftaran

Read More
9 January 2023
Fitur daftar pasien titip kamar rawat inap

Konsep kelas rawat inap standar JKN diharapkan peserta JKN dapat merasakan pelayanan yang adil baik itu pelayanan medis ataupun non-medis

Read More
6 December 2022
Integrasi Data untuk Pelayanan Kesehatan

Data merupakan hal penting untuk meningkatkan layanan kesehatan. Integrasi data kesehatan memudahkan untuk mengakses data yang dibutuhkan

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2022 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram