4 Tips Mudah Meningkatkan Kepuasan Pasien

Layanan pelanggan di pusat kesehatan pastinya akan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Apabila pelayanan yang diberikan sangatlah baik, sudah pasti dapat meningkatkan kepuasan pasien. Akan tetapi jika pelayanan yang diberikan cukup buruk, maka pasien akan merasa kurang puas dan bisa mengajukan berbagai keluhan yang mungkin berdampak buruk.

Memberikan pelayanan yang ramah dengan senyum tulus adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar pasien merasa puas. Pelayanan yang ramah ini tidak hanya berlaku untuk tenaga medis saja, melainkan juga tenaga kerja yang lainnya. Anda bisa mendapatkan tips agar kepuasan pasien bisa semakin meningkat dengan menyimak ulasan ini.

Gunakan Aplikasi Faskes Dari Aplikasi Trustmedis Untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien

Upaya meningkatkan kepuasan pasien memanglah hal yang penting untuk dilakukan. Tidak heran jika setiap layanan kesehatan berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik untuk pasiennya. Tentunya hal ini dilakukan agar pasien merasa nyaman dan aman saat di rawat di layanan kesehatan.

Salah satu upaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pasien adalah dengan menggunakan aplikasi fasilitas kesehatan online dari kami, Trustmedis. Adanya aplikasi ini sangatlah memudahkan bagi tenaga medis dan juga pasien. Bagi pasien akan merasa termudahkan untuk mengakses berbagai layanan kesehatan.

Sedangkan untuk tenaga medis akan lebih mudah untuk mengelola bisnis setiap saat, rekam medis elektronik yang mudah dikelola dan masih banyak lagi keuntungan lainnya. Anda bisa langsung berlangganan aplikasi kami. Tidak ada ruginya menggunakan aplikasi ini, coba sekarang juga.

Ikuti 4 Cara Untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien

Untuk mendapatkan produk maupun jasa yang berkualitas, sudah pasti diimbangi dengan memberikan kepuasan terhadap konsumen. Hal ini ternyata juga berlaku pada pasien yang ingin berobat ke pusat kesehatan. Tentunya Anda perlu memberikan pelayanan yang terbaik agar pasien merasa nyaman berada di pusat kesehatan.

Meningkatkan kepuasan pasien juga menjadi hal prioritas. Tidak heran jika banyak pusat kesehatan yang memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap terhadap pasien. Setiap pasien akan merasa senang jika dirawat dan dihormati dengan baik. Ketulusan dan juga konsistensi tenaga kerja yang ada di pusat kesehatan adalah hal yang paling utama.

Anda bisa meningkatkan kepuasan pasien, dengan cara melakukan 4 hal yang ada di bawah ini.

1. Merekrut Tenaga Kerja yang Handal

Kepuasan pasien sebagian besar didapatkan dari pelayanan dari tenaga kerjanya. Untuk itu Anda perlu memilih tenaga kerja yang tepat. tidak hanya handal melakukan tugasnya, melainkan juga memiliki kepribadian yang baik. Sebagian besar masyarakat akan merasa senang jika diberikan layanan yang ramah.

Anda bisa merekrut tenaga kerja yang memang memiliki jika melayani yang tinggi. Dengan begitu anggota tenaga kerja Anda dapat melayani pasien dengan senang hati. Memang kepribadian setiap tenaga kerja merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan. Jangan hanya asal merekrut tenaga kerja tanpa memepertimbangkan kepribadiannya.

Tidak hanya tenaga kerja yang melayani pasien secara langsung seperti petugas medis. Melainkan juga tenaga kerja yang lainnya seperti satpam, bagian administrasi dan lain sebagainya.

2. Melakukan Komunikasi Secara Efektif

Pada saat melayani pasien sebagian besar dihabiskan dengan berbicara. Namun komunikasi yang baik tentunya harus dilakukan secara efektif. Tidak hanya memberikan diagnosis dan memberikan resep kepada pasien saja. Akan tetapi dibutuhkan adanya komunikasi yang mampu membuat pasien merasa aman dan dihargai.

Komunikasi yang efektif seperti ini bisa dilakukan dengan cara melakukan kontak mata dengan pasien. Berkomunikasi dengan nada yang ramah dan memberikan senyuman kepada pasien. Kemudian menjelaskan mengenai kondisi pasien, menjawab pertanyaan dan juga meyakinkan pasien. Jika hal ini dilakukan dengan baik, maka pasien akan merasa puas.

3. Berikan Pelayanan yang Cepat

Semua pasien tentunya membutuhkan adanya pelayanan yang cepat dan tanggap. Untuk itu semua tenaga medis sudah seharusnya dapat melayani dengan cepat. Apabila pasien sudah terlalu lama menunggu, maka wajar saja jika merasa kurang puas akan pelayanannya. Hal ini justru bisa menurunkan kepuasan pasien.

Tidak hanya tenaga medis saja yang diharuskan bertindak cepat, namun juga tenaga kerja yang lainnya. Keterampilan pelayanan yang cepat dan tanggap seperti ini mampu membuat atmosfer yang baik di lingkungan pusat kesehatan. Serta dukungan manajemen pasien yang baik, akan membantu pelaporan lebih mudah dan terstruktur yang akan mempercepat kerja dari tenaga medis

4. Tanggap Menangani Pengaduan

Pengaduan dari pasien merupakan hal yang wajar terjadi. Setiap masalah yang dikeluhkan oleh pasien bisa diatasi dengan baik jika Anda dapat menanggapinya dengan baik. Pastikan setiap keluhan dari pasien dapat diatasi dengan cepat. Tanggapi keluhan dengan serius agar pasien merasa tenang.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kepuasan pasien. Anda bisa memberikan akses layanan kesehatan yang lebih mudah dengan menggunakan aplikasi kami yakni, Trustmedis. Adanya aplikasi ini tentunya akan membantu memberikan pelayanan terbaik bagi pasien dan juga tenaga medis.

Penasaran dengan HIS Trustmedis?? Klik disini untuk melakukan demo.

 

COBA GRATIS HIS Trutmedis

 

Baca juga: Lama Waktu Tunggu Menentukan Kepuasan Pasien

Ikuti social media kami
[DISPLAY_ULTIMATE_SOCIAL_ICONS]

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
30 Juni 2022
Apa itu Aesthetic Clinic?

Aesthetic Clinic adalah nama lain dari klinik kecantikan. Terdapat berbagai jenis layanan perawatan kecantikan yang disediakan. Ketika Anda ingin membuka bisnis guna memberikan pelayanan perawatan kecantikan, maka Anda harus mengetahui apa yang dimaksud dengan aesthetic clinic.

Read More
29 Juni 2022
Tata Cara Perawatan di Klinik Kecantikan

Perawatan kecantikan menjadi salah satu hal yang penting dilakukan. Untuk mendapatkan perawatan yang tepat sudah seharusnya ditangani oleh dokter spesialis kecantikan

Read More
28 Juni 2022
Menjawab Tantangan Apoteker di Industri Farmasi Modern Bersama Trustmedis!
Tantangan Apoteker di Industri Farmasi Modern Tantangan apoteker di industri farmasi modern ini semakin banyak, mengingat ilmu teknologi dan kesehatan yang tidak pernah berhenti berkembang. Hal ini memang tidak mudah dilakukan oleh para apoteker, apalagi jika sudah bergelut di dunia ini dalam waktu yang lama. Biasanya mereka lebih nyaman dengan cara-cara manual dibandingkan harus mengikuti [...]
Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2022 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram