Kesehatan adalah sebuah hal yang penting dan wajib dijaga oleh setiap orang. Adanya layanan kesehatan merupakan salah satu upaya untuk menjaga kesehatan banyak orang. Maka dari itu, personalisasi layanan kesehatan untuk meningkatkan kepuasan pasien sangatlah harus diperhatikan.

Ketika pasien merasa puas akan pelayanan yang didapatkan dengan tingkat personalisasi yang tinggi, maka tingkat kemungkinan pasien sembuh pun akan meningkat. Tapi apa sih yang dimaksud dengan personalisasi layanan kesehatan tersebut?

Personalisasi Layanan Kesehatan Adalah?

Personalisasi layanan kesehatan atau personalized healthcare merupakan penyatuan antara ilmu kedokteran dengan teknologi digital dan ilmu data. Ketika personalisasi layanan kesehatan diterapkan, maka pasien akan ditempatkan sebagai fokus utama.

Pengobatan dan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan individu pasien akan diberikan dengan maksimal. Dan hal ini sudah pasti akan sangat bermanfaat bagi pasien, populasi, dokter, dan peneliti. Akses kesehatan yang lebih baik dengan biaya yang relatif rendah akan berkemungkinan lebih besar diberikan oleh layanan kesehatan ketikan personalisasi layanan kesehatan diterapkan.

Dengan pendekatan personalisasi layanan kesehatan akan diubah menjadi lebih terpersonalisasi. Maksudnya adalah, ketika ada pasien yang datang ke layanan kesehatan, gejala dan hasil laboratoriumnya akan dibandingkan dengan jutaan pasien serupa untuk dicocokkan dengan jenis pengobatan yang sudah terbukti memiliki potensi keberhasilan tingkat tinggi. Dengan dukungan data historis yang mumpuni akan suatu penyakit yang dialami oleh pasien dengan kondisi tertentu, akan mempermudah dokter untuk mengambil keputusan saat melakukan perawatan.

Sistem layanan kesehatan sudah pasti akan diterapkan secara berkelanjutan. Dan kesadaran masyarakat akan kesehatan pun akan meningkat dengan cepat. Begitu pula dengan inovasi dalam perawatan kesehatan dan infrastrukturnya yang akan semakin naik secara signifikan.

Dari sana dapat dilihat bahwa kesiapan Indonesia untuk melakukan personalisasi layanan kesehatan masihlah berada di tahap awal transisi. Hasil ini diambil dari pengukuran informasi kesehatan, layanan kesehatan, teknologi yang dipersonalisasi, dan konteks kebijakan pendukungnya.

Inilah Pentingnya Personalisasi Layanan Kesehatan untuk Efisiensi Perawatan

Kemajuan ilmu sains dalam dunia kedokteran sangatlah penting untuk mendukung proses diagnosis dan pengobatan. Perkembangan ilmu hayati manusia atau ilmu genomik dan berbagai omik lainnya yang sudah didukung revolusi digital dalam sistem layanan kesehatan jelas sangat dibutuhkan.

Pemahaman lebih mendalam mengenai bagaimana cara untuk memberikan pelayanan kesehatan pada pasien dengan tepat sudah pasti didapatkan dengan mudah dari peran perkembangan di atas.

Kolaborasi yang sempurna untuk mengatasi berbagai macam tantangan dari beragam penyakit akan lebih mudah dilakukan dan mendatangkan kesempatan sembuh lebih besar untuk pasien ketika personalisasi layanan kesehatan dilakukan. Kepuasan pasien pun akan terbangun dengan sendirinya.

Pemanfaatan ilmu klinik dan teknologi kesehatan digital adalah solusi tepat untuk meningkatkan personalisasi layanan kesehatan. Membangun sistem perawatan kesehatan yang memberikan solusi dengan kualitas tinggi pada masyarakat sudah saatnya dilakukan dengan maksimal.

 

Baca Juga : 4 Keuntungan Patient Centered Care

 

Tapi, apakah Anda tahu kalau dalam menerapkan personalisasi layanan kesehatan tidaklah mudah? Ada banyak tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan untuk memaksimalkan penerapannya. Apa sajakah tantangan tersebut?

Inilah tantangan personalisasi layanan kesehatan yang harus dihadapi oleh Indonesia :

1. Infrastruktur Data

Penciptaan infrastruktur data adalah tantangan pertama yang haruslah dihadapi. Dukungan dan kebijakan berbagi data haruslah terintegrasi dalam penciptaan infrastruktur data kesehatan. Kemungkinan sistem kesehatan memberikan pelayanan kesehatan berkualitas berbasis data haruslah dilakukan. Dan hal ini tidaklah mudah.

Pengalokasian sumber daya yang ada guna mendapatkan intervensi berdampak tinggi sambil meminimalisir pengeluaran yang kurang efisien akan mudah untuk dihindari oleh sistem dengan adanya infrastruktur data ini. Dan setiap orang akan bisa mendapatkan manfaat dari kemajuan yang ada dalam layanan kesehatan.

2. Kolaborasi Multisektoral

Selain infrastruktur data, kolaborasi multisektoral juga sangat diperlukan. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, penyatuan berbagai macam bidang tidaklah mudah. Akan banyak tantangan yang ditimbulkan dalam pengkolaborasian berbagai macam bidang tersebut.

Tapi, hasil dari pengkolaborasian ini tentunya sangat menguntungkan dan membawa banyak manfaat bagi masyarakat. Tingkat kesembuhan akan berbagai macam penyakit yang diderita pasien akan meningkat. Kepuasan pasien pun jelas akan berbanding lurus.

Lalu apa solusi tepat untuk memaksimalkan penerapan personalisasi layanan kesehatan ini?

Terapkan Personalisasi Layanan Kesehatan untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien bersama Trustmedis!

Trustmedis adalah aplikasi yang tepat menjadi solusi digital untuk meningkatkan efisiensi fasilitas kesehatan. Dengan menerapkan personalisasi bersama Trustmedis, sudah pasti layanan kesehatan akan mampu memberikan pelayanan pengobatan yang tepat efisien untuk setiap pasien.

Mulai dari klinik, rumah sakit, puskesmas, apotek, laboratorium, dan klinik kesehatan sangat cocok jika dikelola bersama dengan Trustmedis. Kami bisa melakukan perapian operasional hingga mengembangkan pelayanan kesehatan dengan efektif.

Dokter akan mudah untuk melayani pengobatan. Pasien pun akan cepat terlayani dan tak perlu menghadapi kerumitan dengan adanya Trustmedis. Dengan menggunakan aplikasi Trustmedis, Anda bisa mendapatkan keuntungan berikut ini :

1. Melakukan Pengobatan dengan Cepat dan Praktis

Trustmedis mampu membantu penerapan layanan pengobatan secara online yang dijamin bermanfaat. Pengobatan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan praktis tanpa harus melakukan pertemuan secara langsung. Selain itu, layanan pemberian e-Resep juga sudah terintegrasi dengan penjualan obat.

Pasien tidak perlu lagi kesulitan menebus obat yang diperlukan untuk pengobatan. Aplikasi Trustmedis akan memberikan layanan pembelian obat secara efisien yang mudah dan cepat.

2. Pengelolaan Dilakukan Secara Modern

Sistem pengelolaan layanan kesehatan akan dilakukan dengan cara yang modern dengan penggunaan aplikasi Trustmedis. Anda tidak perlu lagi repot mengelola data secara manual, rekap data pasien hingga data obat akan otomatis dilakukan. Pemberitahuan pun akan muncul secara otomatis jika ada jadwal penanganan pasien atau perlunya menambah stok obat.

3. Data Histori Pasien Tersimpan Lengkap, Akurat, dan Aman

Ketika ingin melakukan personalisasi pelayanan kesehatan kepada pasien, seorang dokter tentu membutuhkan data yang lengkap dan menyeluruh. Tidak hanya data dari seorang pasien yang berkaitan. Namun, dokter juga memperlukan data tentang penyakit yang diderita oleh pasien tersebut dan pasien-pasien lainnya yang menderita penyakit yang sama. Seperti umur, kelamin, obat apa yang digunakan, perawatan medis apa yang dilakukan, dll.. Dengan menggunakan SIMRS Trustmedis, dokter Anda dapat dengan mudah mengakses data-data tersebut lengkap dari nama pasien hingga kapan dan alasan pasien tersebut dinyatakan sembuh dan dibolehkan pulang.

4. Dilengkapi Banyak Bonus Menarik

Berikut ini ialah beberapa bonus yang akan Anda dapatkan :

  • Bebas dalam menambahkan user tanpa perlu tambahan biaya.
  • Bisa melayani pasien tanpa limit.
  • Gratis update fitur setiap dua minggu sekali, dan kami akan merelease fitur-fitur terbaru untuk Anda.
  • Free training, yang dilakukan enam sesi training secara online. Ini berlaku 30 hari sesudah introduction.
  • Gratis melakukan migrasi data dari vendor lama (excell) tanpa adanya limit. Ini berlaku selama 14 hari setelah introduction.
  • Mendapat dukungan purna jual terbaik, yang mana setiap hari Anda juga akan mendapat pendampingan dari tenaga ahli kami. Baik itu melalui livechat, telepon, maupun tiket.

 

 

Dengan berbagai macam kelebihan Trustmedis di atas, sudah pasti Anda mampu menerapkan personalisasi layanan kesehatan untuk meningkatkan kepuasan pasien dengan maksimal. Lalu tunggu apa lagi? Gabung Trustmedis dan hubungi kami untuk informasi lengkap sekarang juga!

Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
16 Agustus 2022
Mengetahui Cara Kerja Rekam Medis Elektronik

Perekaman secara elektronik adalah solusi tepat yang jauh lebih efisien dibandingkan perekaman konvensional. Rekam medis ini seringkali menjadi syarat penting yang diperlukan.

Read More
9 Agustus 2022
Strategi Pemasaran Rumah Sakit

Anda bingung bagaimana memasarkan rumah sakit dengan benar dan efisien? Simak ulasan ini, mengenai strategi pemasaran faskes yang tepat bersama Trustmedis!

Read More
3 Agustus 2022
Cetak Laporan SEP Secara Langsung dengan SIMRS Trustmedis

Cetak laporan SEP secara langsung dengan SIMRS Trustmedis tentu saja bisa mempermudah pasien dan meningkatkan pelayanan rumah sakit. Simak berikut!

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2022 Trustmedis Indonesia
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram